About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Jumat, 22 Juni 2012

Work and Holiday Visa

Berhubung karena banyak sekali yang bertanya pada saya pertanyaan yang sama dan jawabannya pun selalu sama jadi saya buatlah postingan kali ini. Jadi besok2 kalo ada yang nanya lagi pertanyaan yang sama saya tinggal arahkan mereka ke link ini. Bukannya males jawab tapi biar lebih efisien dari segi waktu sehingga bisa bales secepat mungkin dan efisien pula bagi si penanya yang mau to the point, jadi bisa nanya pertanyaan yang belum saya informasikan di blog ini.

Intinya syarat utama dari Work and Holiday Visa adalah:

1. Umur < 31 tahun per 1 Juli
Artinya kalau tahun ini anda berumur 31 tahun tapi anda berulang-tahun 1 September, anda masih memenuhi syarat pertama ini

2. Pendidikan terakhir minimal D3 / semester 5
Semester 5 yang dimaksud adalah kalau anda ambil kuliah S1 dan anda baru menyelesaikan semester 5, anda sudah memenuhi syarat yang kedua ini. Kalau anda kuliahnya sudah lama vacum/cuti, pastikan dari pihak universitas tempat anda kuliah mau dan mampu menerbitkan transkip nilai mata kuliah yang sudah anda tempuh.

3. IELTS Score 4,5
Orang2 lebih familiar dengan TOEFL sebagai ukuran standar bahasa inggris. Sekedar info, biasanya TOEFL dipakai untuk kepergian ke Amerika. Tapi kalau Australia pakainya IELTS. Tapi bukan berarti TOEFL tidak memenuhi syarat standar bahasa inggri Australia. TOEFL tetap memenuhi syarat juga kok. Hanya saja dalam syarat pencapaian score nya berbeda.

Perlu diketahui bahwa Australia menawarkan 2 macam visa yang hampir mirip penamaannya dan orang2 pun sering keliru menyebutkannya, padahal visa ini berbeda jauh sekali.

Work and Holiday Visa
Visa yang diberikan pemerintah Australia kepada warga negara Indonesia ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengalaman hidup dan pola kerja di negeri kangguru ini. Visa ini tidak dapat diperpanjang, yang artinya anda tidak bisa mengajukan visa ini lagi bila anda sudah pernah mengajukan. Kecuali anda mengganti nama anda dari surat akte kelahiran, paspor, ijasah, dan semua surat2 yang berhubungan dengan pengajuan visa ini, yang artinya di sini anda menipu pemerintah. Work and Holiday Visa hanya berlaku 1 tahun dari sejak anda memasuki Australia (bukan dari tanggal visa diterbitkan) dan akan kadaluarsa bila anda tidak menggunakannya pada H-1 dari tanggal visa ini dikeluarkan. Artinya kalau visa anda di approve 31 Juli 2012, visa ini akan kadaluarsa per tanggal 30 Juli 2013 bisa anda tidak menggunakannya. Tapi bila anda menggukannya dan sampai di bandara Australia (paling lambat) 29 Juli 2013, maka visa ini mulai aktif dan akan habis masa berlakunya pada 28 Juli 2014

Working Holiday Visa
Visa ini lebih mudah diucapkan buat orang Indo. Tapi sayangnya visa ini diperuntukkan bagi mereka yang berwarga negara di Eropa. Visa ini bisa diperpanjang dengan syarat si pengguna visa harus berada di daerah2 terpencil bagian Australia dan tinggal minimal 3 bulan di sana. Ada syarat2 lainnya untuk perpanjangan visa ini, tapi saya kurang tau. Jadi untuk info lebih lengkap silahkan cari di google atau website imigrasi Australia.

Selain 3 syarat utama di atas, ada syarat lainnya lagi, yaitu anda harus meminta surat pernyataan dari bank tempat anda menyimpan uang yang menyatakan kalo anda mempunyai tabungan sebesar AU$5,000. Tabungan tersebut bisa dalam rupiah juga, tergantung kurs yang berlaku saat itu. Untuk mendapatkan Bank Statement ini bisa diakali jadi ga usah pusing kalo ga punya duit sebesar Rp 47.500.000 (misal $1 = Rp9.500). Caranya adalah dengan pinjem aja kerabat atau keluarga. Kalo ga ada yang bisa dipinjemin coba aja ngajuin KTA (kredit tanpa agunan), kan banyak tuh di Indo lagi marak menawarkan KTA yang pelunasannya dengan cara dicicil. Biasanya Bank Statement akan keluar setelah 7-10 hari kerja dari sejak tanggal pengajuan. Setelah Bank Statement nya keluar, duitnya dibalikin.

Masih banyak syarat2 lainnya lagi seperti pengisian formulir dari imigrasi Australia, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan mungkin masih ada dokumen2 lainnya lagi. Maaf saya lupa karena saya tau beresnya aja, soalnya pake agen, hehehe.

Nah, buat yang males ngurusnya atau ga punya waktu seperti saya untuk ngurusin surat2nya apalagi mencari informasi yang bener perihal syarat2 Work and Holiday Visa, anda bisa gunakan jasa agen. Tapi hati2, banyak agen yang menipu. Kalau memang berencana pake agen cobalah dari agen yang direkomendasikan dari orang yang udah berhasil berangkat ke Ausi atas jasa mereka. Dan perlu diketahui dengan menggunakan jasa agen tentunya anda harus mengeluarkan uang ekstra, karena anda membayar waktu, informasi dan pengalaman yang anda tidak miliki perihal pengajuin visa ini.

Selamat mencoba, semoga hidup anda mengalami kemajuan yang berarti dan pertualangan yang tiada tara. Karena hidup Cuma 1x dan tidak bisa diulang. 

75 komentar:

Anonim mengatakan...

sip mas.. cukup lengkap.tp terlanjur tanya di email hehe... didit batam

Petter Sandjaya mengatakan...

Gpp, udah saya jawab kok yg d email.

autumn leaves mengatakan...

hehehe,,,ini pasti gara2 banyak yang nanya panjang lebar (apalagi saya,,xixixix ) makasih mas peter ya, udh sabar benerrrr jwb semua pertanyaan saya , saya sama bagus lg fight nyiapin segala sesuatu nya...

Petter Sandjaya mengatakan...

Hahaha... Mba Sri bisa aja. Saya juga awalnya kan ga tau, jadi tau krn ngobrak ngabrik simbah google. Jd ga ada ruginya kan bagi2 info. Selain itu biar saya bisa balas pertanyaan mereka dgn cepat, efisien, dan jelas. Sukses ya buat kalian...

Anonim mengatakan...

emailnya apa ya?? pengen nanya2 nih,hehee...
oya kan syaratnya pake skor TOEFL bisa, nggak harus IELTS.. nah itu TOEFLnya TOEFL internasional atau TOEFL ITP ???

Petter Sandjaya mengatakan...

TOEFL nya harus yg international. Bs tinggalin email kamu? Atau kamu bs tanya di blog ini jg gpp...

Anonim mengatakan...

hai mau tanya, kalau visa work and holiday kita sudah mau habis itu gimana? Kamu balik indo dulu?trus mau ke oz lg gimana?kan ga bisa nguji visa work and holiday utk yg ke-2 kalinya

Petter Sandjaya mengatakan...

Iya, harus balik Indo, kalo nggak dianggap ilegal. Kalo mau ke oz lagi bisa dengan Student Visa, Turist Visa, Spouse Visa, Working Visa, Business Visa, PR, atau TR.

Ramdhani mengatakan...

tapi seandainya menggunakan visa yang lainnya itu kita untuk kerja hanya bisa menggunakan working visa ya mas.. saya nyari kok gak ada yah harga visanya.. kalo working and holiday visa itu 2,7jt. working visa itu kayanya lebih ribet yah?

mas boleh minta emailnya buat nanya nanya.. hehehe :D
ini email saya:wikusumah@gmail.com
terima kasih sebelumnya

Petter Sandjaya mengatakan...

Udah dibalas, cek email ya , Ram...

hery mengatakan...

Mas peter, menarik sekali blognya.. mohon info untuk agen yg waktu itu digunakan namanya apa mas?lalu untuk menjadi PR setelah 9 bulan disana gimana ceritanya mas? Karena saya pernah dengar untuk PR syaratnya harus min. 2 tahun tinggal dsana? Mohon pencerahannya.
Saya dan istri berniat mengikuti jejak anda, sebelumnya istri sudah kontak mba kristina via email dan di infokan untuk ke blog mas peter. Thanks sebelumnya ya mas.

Petter Sandjaya mengatakan...

Mas Heri ada email? Maaf sebelumnya saya belum bisa kasi info ttg agen nya karena pihak agen meminta setiap aplikan yang tertarik adalah aplikan yang memenuhi syarat saja. Kalo bisa tolong di email ke saya dari syarat2 di atas apakah mas Heri memenuhi syarat? Trims.

email saya: kepighoney@gmail.com

NezaNez mengatakan...

gajinya berapa sih,,?
wah sayang ya q cuma lulusan Sma

Petter Sandjaya mengatakan...

Ini rincian gaji yang saya peroleh, silahkan dicek:

http://god-must-be-crazy.blogspot.com.au/2011/06/rincian.html

Unknown mengatakan...

Mas peter agent yang dibali buat aus ada ngga yaa? kira total mas peter bayar brpa smw ke agent.. ifo yah ke email ku ajunkthurah@yahoo.co.id
info yang di blog nya sangt membantu sekali...

Unknown mengatakan...

saya jg kasih infonya gan ni email sy moh.badrunhakim@gmail.com thks

Unknown mengatakan...

mas, pas brgkt pake agen p?n dmn almt na srta biaya, persyratan dan klo gagal brgkt uangnya 100% dibalin kga? ni email sy moh.badrunhakim@gmail.com

Anonim mengatakan...

salam kenal mas Petter mohon kirim email jg ke sy mengenai agent, rincian dll sepyan2@gmail.com. trims

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Anonim mengatakan...

ko peter, bs tlg kirim email menganai agentny ga yah, sm mau tanya.. apply PR nya tu dr indo ato pas uda di oz? bs kirim ke lucas_janto@yahoo.co.id, thq u bgt yah, btw kl uda d atas umur 31 tu ga bs yah pake work and holiday visa?

Anonim mengatakan...

Mas peter, bole mita email nya?? mau tanya2, nih email saya sutrisganteng89@yahoo.com thx

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek emaik y

Unknown mengatakan...

mas pieter ...saya mau tanya agen2 resmi yang di bali apa ya??
dan perincian biayanya ,,,ini emailku
kadekngurahyudyana@yahoo.co.id
trimakasih mas

Unknown mengatakan...

mas pieter ,,untuk agen resmi yang ada di bali apa saja ya???dan perincian biayanya sekitaran brapa???

tlong infonya ya ...trima kasih mas

kadekngurahyudyana@yahoo.co.id

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Unknown mengatakan...

halo peter..

nice to meet you..

its very good information to me.

sy penasaran dengan anda..

apakah peter lulusan atmajaya jogja ?? karena sepertinya saya mempunyai kenalan yang mirip sekali dengan seseorang di foto anda.. christine lulusan atmajaya jogja juga..

kalo bukan, maaf ya.. salah orang berarti.. :D

ngomong2, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. apakah bisa melalui email ?? email saya : baskoro12847@yahoo.com

terimakasih peter.. :)

God Bless You & Your Family

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Latte and Nutella Donut mengatakan...

Salam kenal mas...
saya mau tanya2 ini, kalo work n holiday Oz , bisa ajuin visa nya bisa di Bali ga? trus ada agent nya ga di Bali?
soalnya kok kayaknya ribet banget mau ngurus sendiri, dan ada quota nya juga kan...
boleh minta emailnya buat nanya2 mas? email saya melia.sanibar@gmail.com

terimakasih sebelumnya
Melia

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Anonim mengatakan...

Ko Petter..mohon informasi tentang bagaimana cara saya bisa bekerja ke ausie dan gmana langkah2nya..Mohon info...email : lucky_jinxs@yahoo.com

Anonim mengatakan...

ko petter sama mw minta info juga sama kaya si lucky.. sama kalo mw cari tempat tinggal buat disana gmn yach? wkt ngajuin visa hrs udh punya kerja disana? sama kalo ajuin PR hrsnya gimn yach? tlg boleh email ke annamaria.huang@yahoo.com.. thank you so much before.. GBU

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Anonim mengatakan...

aku dah balas email smoga emailnya nyampe coz dulu pernah email ke temen trus gak nyampe.anna

Anonim mengatakan...

mas Petter, tolong di informasikan ke e-mail apa aja persyaratan dan biaya untuk bekerja di aussie, kendala yg saya hadapi adalah masalah ijazah, yg SMP aja ga tamat. apa ada peluang bagi saya untuk bekerja disana?
e-mail saya vendra_w@yahoo.com.
thank you mas Petter.

The Rain Admirer mengatakan...

terima kasih infonya. rencananya mau apply visa ini. apa ada referensi travel agent yang bisa membantu pembuatan visa ini ya?

Petter Sandjaya mengatakan...

Ada. Bisa kirim CV nya ke aku dulu? Biar aku cek dan kalo memang memenuhi syarat langsung aku forward ke agen nya. Email ku bs dilihat di profil.

Anonim mengatakan...

Ko Peter mohon infonya untuk bekerja di australia, langkah2 dan syarat2 nya..tolong e-mail ke sini ya richiero.com98@yahoo.com
Thank's.Gbu

Jandra mengatakan...

Hi peter, saya sudah kirim email CV saya. Ditunggu balasannya ya. Thanks

Jandra

Anonim mengatakan...

Ko peter saya mau nanya2 ttg work and holiday biaya utk dsana kl bawa anak bisa email saya ko peter? Thx before nopha_imo3d@yahoo.co.id

Putra mengatakan...

Pak Peter rencananya mau apply visa ini work and holiday.

Minta referensi travel agent yang bisa membantu pembuatan visa ini ya ?

Mohon di kirim ke email saya:

teddy.hidayat.sukarya@gmail.com


Saya tunggu ya.. Trims

Anonim mengatakan...

Mlm.. mau tanya cara nya dapet PR gimana tuh ko peter
Share donk ke email ann_jc_yo27@yahoo.com thx ko

Petter Sandjaya mengatakan...

Apply aja. Selama km memenuhi syarat ga perlu khawatir ditolak. Hanya saja mereka perlu wkt unt memproses dokumen2 km. Biasanya rata2 1-3 tahun.

Unknown mengatakan...

hallo mas peter ;) recananya saya mau apply work and holiday visa tahun depan :) Bisa share ttg agen yang bisa bantu gak mas? makasih susianawijaya90@gmail.com

Levina mengatakan...

Ko Petter, semua blog nya sudah saya baca.. menarik banget isi-isinya..

yang mau saya tanya adalah bagaimana cerita tentang ko Petter bisa mendapat PR.. karena saya berencana mengajukan visa working holiday tahun 2014 ini, setelah menjalani visa working holiday ini saya berharap untuk mengajukan PR seperti ko Peter.. mungkin bisa di share ceritanya dan tips nya untuk mengajukan PR.. email saya : justlevi92@gmail.com
terima kasih ko Petter.. :)

Anonim mengatakan...

Halo mas Pieter, saya yustinov. Apakah bias mengajukan PR dari indo, dan kira2 biayanya berapa. Kalau gak keberatan mohon info agency di indo. tks (ian.yustinov@yahoo.co.id)

gopei leonard mengatakan...

Hi peter,..nice to know you. i just send my email for you.

my email gopei77@gmail.com, could you please give me agency fee details. thanks bro

cheers

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi All, cek email ya...

Ikram Maricar mengatakan...

menarik banget mas, boleh tau agent apa yang mas pakai buat bantu ke australianya dan juga berapa biayanya mas? saya tertarik pengen coba.. kirim ke email ya mas ikram.bea@gmail.com
makasi :)

Unknown mengatakan...

mas petter, boleh minta tolong di emailkan agen nya dan biaya awal untuk ke oz? terima kasih sebelumnya.

kusumawardati@gmail.com

Anonim mengatakan...

Hai kak peter, boleh minta info persyaratan dan agen yang dipakai untuk dapat bekerja di sana?
email: winz4jc_zhou@yahoo.com

thanks, kak peter.

-Darwin

Anonim mengatakan...

mas peter saya tertarikbloganda,..ini email saya ddn_wahyudi@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

halo ko peter, saya jimmy,
saya tertarik dengan bbrp pertanyaan seputar visa (tipe work and holiday) ke ausie, boleh minta bantuannya untuk informasi tentang agen yang bisa bantu mengurusi visa tsb?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak ya.
salam.

email saya : easy4ck_89@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Anonim mengatakan...

Ko Petter, semua blog nya sudah saya baca.. menarik banget isi-isinya..

yang mau saya tanya adalah bagaimana cerita tentang ko Petter bisa mendapat PR.. karena saya berencana mengajukan visa working holiday tahun 2014 ini, setelah menjalani visa working holiday ini saya berharap untuk mengajukan PR seperti ko Peter.. mungkin bisa di share ceritanya dan tips nya untuk mengajukan PR.. email saya : C.devit@yahoo.com
terima kasih ko Petter.. :)

Anonim mengatakan...

halo ko peter, saya vit,
saya tertarik dengan bbrp pertanyaan seputar visa (tipe work and holiday) ke ausie, boleh minta bantuannya untuk informasi tentang agen di medan yang bisa bantu mengurusi visa tsb?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak ya.
salam.

email saya : c.devit@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Anonim mengatakan...

Hi Peter, Thanks for the info,

Can i ask the detail about applying work and holiday visa to Australia (Trusted agent, how to get work, and how to apply PR there). Please email to meisan.pratiwi@gmail.com

Thanks!

Unknown mengatakan...

Mas petter boleh minta alamatnya agen yg berangkatkan kerja ke australi yg apabila tdk jd berangkat uang bs dikembalikan 100% apa tdk? ini email sy: adamhermawan501@gmail.com
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Mas peter boleh minta informasi agen yang bisa dipercaya untuk mengurus WHV..email saya panjaitan.yosua@gmail.com..
Thanks for the information

Unknown mengatakan...

Halo ko Petter! Browsing tentang WHV nemunya blog ini =) Punya segudang pertanyaan lho seputaran mengadu nasib ke Aussie ^_^ Boleh minta emailnya? Emailku : breakfree_27@yahoo.com

Thanks a lot!

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Unknown mengatakan...

Halo aku mau tlg tny bs mnt contact agent untuk whv nya? Bs email di vania_2212@hotmail.com

Anonim mengatakan...

Mohon petunjuknya mas. Saya akan menikah dengan bule australia. Tapi saya masih sering ragu apakah saya bisa segera mendapatkan pekerjaan lets say in 6 months. Apalagi membaca info dari saudara bahwa sekarang di australia kekurangan lahan pekerjaan. Trmksh bnyk sebelumnya

Petter Sandjaya mengatakan...

Pekerjaan apa yg kamu mau apply? Tp walau km ga dpt kerja tetep bisa makan kok di Ausi. Pemerintah kan kasi allowance.

My Life My Adventure mengatakan...

Mas Peter, saya mau tanya, bagaimana caranya bisa apply Working holiday visa dan PR di Aussie?

jemie mengatakan...

Ko Peter, bagaimana caranya untuk apply visa Working and Holiday Visa?

Apakah ada agent di Indo yang bisa bantu? Dan terpercaya?


Terima kasih banyak Ko,

ini email ku : jemie.karim@gmail.com

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Hallo Ko Petter! se-jam browsing seputar visa ke australia akhirnya berhenti disini.
Masalah agent, saya sangat membutuhkan pencerahan untuk mencari agent yang terpercaya ^__^ (mengingat banyaknya penipuan2, then there are so many untrusted angents)

Mohon bantuannya, email saya: ade.fatimah66@gmail.com , No.hp/whatsapp: 081219386614

Abis baca artikel yang "bagaimana saya bisa di Australia" and I was... speechless -.-
Terimakasih banyak Ko.

Lana tan mengatakan...

Malam ko Pieter...saya ada kirim email, lana170512@gmail.com
Mohon petunjuk ko...God Bless You

Unknown mengatakan...

Hi ko peter
Pengalamannya menarik sekali..
Saya sedang mempertimbangkan beberapa hal untuk mencoba menjalani hidup di negara orang..
Mohon bantuan nya untuk memberikan informasinya ya ko
Berikut email saya
reginayovita@gmail.com
Thanks

Unknown mengatakan...

Ini juga yg saya tanyakan, sudah ada jawabannya belum mba? Kalau sudah boleh dong di share ke friska.irna@yahoo.co.id. Makasiiihh

Unknown mengatakan...

mas, pas brgkt pake agen apa?dan dmn almt nya srta biaya, persyratan dan klo gagal brgkt uangnya 100% dibalin gak ? ni email sy madeinsurabaya@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mas Petter, Saya eks Carnival Cruise Line worker, perusahaan kapal pesiar berbasis di Miami, US, kerjaan saya dulu jadi steward di restoran, tapi saya gak betah mas, jadi setelah satu tahun saya mengajukan resign. Singkat cerita saya pengen kerja didarat, di food worker/hotel di australia, tapi saya hanya punya ijazah SMA, apa masih ada kemungkinan ya untuk kerja disana, dan saya harus mulai darimana? Alamat email saya blacklistprint@gmail.com

Saya nantikan feedbacknya ya mas petter, mohon bantuannya. Terima kasih, salam kenal

Anonymous mengatakan...

Peter salam kenal bisa minta emailnya btw ini email sy: sukmadirgayanti@gmail.com

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas peter ganteng ,saya ingin tanya beberapa hal tentang visa kerja di australi..ini email saya .marhanaficka@gmail.com