About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 03 Januari 2013

Bekerja di Perkebunan Australia

Mengawali tahun 2013 ini, saya ingin mempostingkan suatu informasi bagi teman2 pembaca yang merencanakan bekerja di perkebunan Australia. Karena banyak sekali pengunjung blog ini yang menanyakan informasi tersebut, maka saya sengaja membagikan pengalaman saya dulu waktu kerja di perkebunan anggur Lilydale, Victoria.

Sebagian pengalaman bisa anda lihat di My Jobs at Australia. Di sini saya hanya men-sharing-kan mengapa saya tidak merekomendasikan pekerjaan ini bagi anda yang datang ke Australia secara legal. Kecuali kalau anda memang menyukai pekerjaannya. Dan postingan ini sangat subjektif, artinya semua pendapat yang saya kemukakan di sini adalah menurut saya pribadi. Jadi besar kemungkinan opini saya tidak mewakili pendapat orang2 mayoritas. Jadi harap jangan diterima secara harafia, tapi coba ditela'ah dulu dan gunakan akal sehat sebelum anda memutuskan untuk mengambil pekerjaan ini.

Kenapa pekerjaan ini tidak saya rekomendasikan? Karena buat orang seperti saya yang dari kecil ga biasa berkebun dan dulunya biasa kerja di dalam ruangan tiba2 harus bekerja di bawah terik matahari dan ga bisa minum semaunya, itu sangat menyiksa sekali. Benar2 tersiksa dan ga punya energi untuk bekerja karena rasa haus yang tak tertahankan, badan yang pegal2, dan kulit yang sudah baret2 akibat terkena ranting2 tajam. Sekalipun anda udah mempersiapkan dengan membawa minum dari rumah ke perkebunan tersebut tetap aja waktu anda masuk ke kebun yang luasnya hektaran itu minuman anda ditinggal di mobil jemputan. Anda berencana membawa minum sepanjang anda memetik buah? Monggo wae. Tapi siap2 aja kontraktor nya marah gara2 kalian lambat. Karena pergerakan anda pastinya terganggu dengan botol minum yang anda bawa.

Oya, siapa kontraktor itu? Kalo di Ausi biasanya disebut kontraktor, orang2 yang kerjaannya nyari orang buat kerja di perkebunan. Para kontraktor ini biasanya udah dikenal sama pemilik perkebunan jadi kalo si pemilik kebun mau panen, mereka tinggal telpon no HP beberapa kontraktor yang dia kenal dan menyebutkan berapa tenaga kerja yang mereka butuhkan. Seorang kontraktor biasanya dikenal lebih dari 1 pemilik kebun. Makin banyak dia dikenal pemilik kebun, makin menguntungkan buat dia karena kalo cuman kenal 1 pemilik kebun, sekali ada objekan disuruh panen, selesai deh, abis itu musti nunggu tahun depan lagi baru panen. Artinya pemasukannya setahun cuma sekali. Karenanya kontraktor yang bagus harus kenal lebih dari 1 pemilik kebun apalagi kalo kenal pemilik kebun yang panen buah/sayurnya ga barengan, jadi bisa ada pemasukan terus tiap harinya. Para kontraktor ini biasanya didominasi oleh orang2 Asia seperti Vietnam dan Kamboja. Kalo di Indo orang yang kerjanya nyari orang buat tenaga kerja biasanya disebut agen.

Perlu diketahui bahwa memetik buah bukan sekedar petik sambil menikmati keindahan alam yang masih asri atau menghirup udara yang bersih melainkan anda akan mendapatkan tekanan untuk bekerja cepat karena mereka membayar anda per jam. Jadi tiap detik yang terbuang amat sangat berharga. Mungkin ada diantara anda udah terbiasa berkebun atau bajak sawah milik kalian sendiri. Bekerja untuk diri sendiri sangat berbeda tekanannya dibanding kerja sama orang. Jadi sekali lagi coba pikirkan dengan akal sehat dan logika. Matangkan rencana kalian jika berniat bekerja di perkebunan. Yang saya tau kontraktor biasanya dibayar $19/jam/tenaga kerja oleh pemilik kebun. Sementara kontraktor bayar ke tenaga kerjanya cuma $11/jam. Artinya kalo kontraktor bawa tenaga kerja 20 orang, dia udah untung $160 per jam nya ($8/jam x 20 orang). Padahal mereka kerjanya cuma nyuruh2 doank dan neken para tenaga kerja. Sialnya lagi karena mereka mayoritas orang Vietnam dan Kamboja, kita yang non Vietnam/Kamboja ada kemungkinan diperlakukan tidak adil. Karena kita ga ngerti bahasa mereka jadinya kita mungkin saja miss some information.

Hal lain yang perlu saya bagikan di sini adalah perihal usaha para agen Indonesia dalam menggaet calon tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di perkebunan Australia. Memanfaatkan situasi Indonesia yang sedang terpuruk dan selisih kurs yang cukup signifikan mempermudah rencana para agen untuk meraup Rupiah dengan memanfaatkan orang2 yang kurang informasi dan nekat. Memang betul gaji anda dalam bentuk dolar nantinya. Tapi visa apa yang nantinya anda gunakan untuk bekerja di Ausi? Mereka para calon tenaga kerja terlalu cepat dibutakan oleh dolar yang ingin mereka dapatkan segera tanpa memperdulikan efek jangka panjangnya.

Jika anda ditawarkan oleh agen untuk bekerja di perkebunan, besar kemungkinannya itu bukan visa kerja melainkan visa turis. Karena visa kerja Australia sistemnya adalah sponsorship alias harus ada sebuah perusahaan/instansi/perorangan yang siap memperkerjakan anda di Ausi. Sementara perusahaan agensi atau seorang agent tidak bisa menjamin tenaga kerja yang dikirim pasti dapet kerja karena mereka pun tergantung pada para pemilik kebun. Jika tidak ada objekan ya otomatis ga ada kerjaan. Artinya tidak ada jaminan si calon tenaga kerja pasti dapet kerjaan walaupun mungkin saja yang terjadi di lapangan adalah pekerjaan selalu ada. Di depan calon tenaga kerja para agen pasti akan berusaha meyakinkan para calon walaupun mungkin harus berbohong. Mereka menjanjikan akan begini akan begitu, tapi anda sebagai calon tenaga kerja cobalah untuk kritis dan menanyakan bukti2 mengenai janji2 yang ditawarkan agen.

Biasanya agen seperti ini memberangkatkan calon tenaga kerja menggunakan visa turis yang masa berlakunya hanya 3 bulan. Dimana anda diwajibkan untuk membayar biayanya dimuka sebesar kira2 Rp 20jt yang terdiri dari Rp 3jt sebagai biaya visa dan Rp 17jt sebagai jasa agent. Selanjutnya anda masih diminta untuk melunaskan sisa jasa agent yang akan dipotong tiap bulan dari penghasilan anda yang besarnya kira2 Rp 5jt selama 12 bulan . Nah, ini dia yang membuat situasi anda sulit. Visa anda hanya 3 bulan sementara anda masih harus membayar agent sampai 12x ke depannya. Artinya anda dihadapkan 2 pilihan ketika visa anda akan berakhir. Anda overstay alias ilegal, atau perpanjang turis visa anda dengan membayar agennya lagi kira2 sebesar $1,500.

Selain resiko karena besarnya biaya agen, calon tenaga kerja juga dihadapkan resiko lainnya yaitu dipenjara. Karena bekerja dengan visa turis adalah tindakan ilegal di Australia. Kalau anda tertangkap besar kemungkinan anda akan mendekam di sel atau jika anda beruntung anda akan dideportasi tapi nama anda akan masuk daftar hitam orang2 yang dilarang masuk Australia. Ada yang bilang selamanya anda tidak bisa masuk Australia lagi, tapi ada juga yang bilang hanya 5 tahun. Belum lagi pajak penghasilan yang harus anda tanggung karena anda sudah mendapatkan pendapatan dari negara tersebut. Jadi kalau sampe anda tertangkap, anda sialnya bukan kepalang. 

Anehnya para agen dari Indonesia semakin gencar mempromosikan visa turis ini untuk bekerja di Australia. Ini membuktikan para agen tidak perduli dengan resiko anda di Australia sana, mereka hanya perduli dengan uang yang mereka dapatkan dari pemotongan gaji anda. Padahal inspeksi dadakan sering dilakukan dimana para polisi langsung terjun ke perkebunan yang sudah menjadi isu besar di Australia dimana para imigran gelap terutama dari Asia Tenggara pasti bekerja di perkebunan karena jauh dari pantauan administrasi kepolisian. 

Demikian info yang ingin saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya sendiri di lapangan dan isu2 yang saya rangkum dari teman2 pengunjung blog ini. Sekiranya bermanfaat...

107 komentar:

Matrix mengatakan...

wadooh jadi takut juga ni mau berangkat kerja kebun

Matrix mengatakan...

wadooh...jd takut mau kerja ke austr kalau sampai sponsornya gak jelas

Anonim mengatakan...

siang mas....mas sya mau nanya ni,saya dtawari kerja dperkbunan anggur australia dngan biaya dtalangi alias diutangi..dngan cra byar dcicil tiap blan dngan total 100 jt..klo ktanya si pake visa kerja dngan kontrak 2 thn,dri indo ke malaysia,2 hr dmalaysia bru brangkat ke aussie..kira2 bner g tu visa krja...?n klo bner tu visa kerja,dlam 2tn kra2 bsa g saya ngmbaliin utang tu + punya tabungan buat masa dpan anak...

Petter Sandjaya mengatakan...

Spt yg sudah di jelaskan di atas, besar kmungkinan itu adalah visa turis bukan visa kerja. Krn unt mndapatkan visa kerja australi mas nya hrs disponsori oleh perusahaan / tempat mas nya bekerja.

Ada baiknya mas menanyakan ke agen apa nama perusahaan tempat mas nanti bekerja. Kalo seandainya agen tidak bs mnjawab, spt yg sy jelaskan di atas, mas bekerja scra ilegal di ausi.

Cb dibaca ulang postingan sy ini spy mas mengerti betul yg sy maksud shingga mas bisa menghindari hal2 yg mungkin bs mrugikan mas. Semoga bermanfaat...

satcore mengatakan...

Mas Peter mohon emailnya...thanks

satcore mengatakan...

kirim email add mas peter kesini aja, satcore9@yahoo.com

thanks

firsta backpacker mengatakan...

Bener banget info nya,
Saya sekarang di brisbane dg hanya membawa modal visa turis dan nekad
Eh ternyata saya terkatung katung tidak jelas,
Saya berusaha melamar kerja tp mereka tidak mau karna visa saya turis,.
Dan harus di pastikan kalo ingin beragkat kesini persaratanya
1. Resume / cv
2. TFN tax file number
3. Medikal cek up
4. Lihat situs gumtree.com.au

Saya sekarang masih bingung harus nyari kerja dimana,...
Untuk yang tau info kerja bisa bantu saya
Call / sms 0405376721
Thanks,...

satcore mengatakan...

Mas firsta backpacker, moga aja mas peter dapat membantu mas...

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo Firsta Bacpacker, ada bny faktor yg menyebabkan sulitnya mndapatkan pekerjaan. Namun semua faktor nya itu bisa diatasi. Salah satunya memang CV karena format CV Ausi dgn Indo berbeda jauh, tapi tidak untuk point 2 & 3. Krn kamu menggunakan visa turis yg scr hukum dilarang bekerja. Jd poin 2 & 3 tidak ada masalah kalo kita tidak lakukan/punya.

Berikut ini postingan saya yg lain mengenai trik spy mudah dpt kerja, hanya saja kondisi kota nya berbeda, saya menjelaskan ttg Melbourne sementara anda berdomisili di Brisbane. Silahkab disimak, siapa tau menambah info anda.

http://god-must-be-crazy.blogspot.com.au/2012/08/bekerja-dengan-work-and-holiday-visa.html?m=0

Halo Satcore, salam kenal.
Alamat email saya bisa dilihat di profil blog ini.

satcore mengatakan...

mas petter sudah ku send email ke email ini: "kepighoney"...

satcore mengatakan...

email add nya ngak ada di profile page nya mas, mas...ngak kelihatan!

Stanley mengatakan...

Mas Petter say minta alamat email nya tolong dikirim ke zeva_axl@yahoo.co.id, terima kasih sebelumnya

Stanley mengatakan...

Mas Petter tolong kirimkan email nya ke email saya ini Mas.

email saya zeva_axl@yahoo.co.id

Terima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

saya ingin bekerja diaustralia namun saya tidak mempunyai biaya untuk berangkatnya,,, mohon informasinya.. terimaksih

Petter Sandjaya mengatakan...

Informasi apa yg km butuhkan?

Anonim mengatakan...

Mas Petter, saya mau kerja di aussie, pake visa turis jg gpp deh.
Apa tau salah satu agen yg bener2 memberangkatkan?
Ato ada cara lain?
Email saya please:
shiippuuden@yahoo.com

Anonim mengatakan...

Buat kawan2 yg berminat ke aussie juga, ajak-ajak saya ya, kalo ada barengannya kan lebih afdol.
email: shiippuuden@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Dari alamat emailnya sptnya familiar, sblm nya udah pernah masuk blog ini blm ya?

mengenai visa turis, km mending bikin sndiri, ga usah pk agen, lebih murah. Unt syarat2 nya aku ga tau, tp yg pst km hrs bs ks surat rekomendasi dr tmpt km bekerja. Itu akan memastikan pihak Ausi bhw km ga akan ilegal krn km pny krjaan di Indo. Biar lbh meyakinkan lg kl bs passport nya udah ada cap dr negara2 lain, jd ausi bukan negara pertama yg km kunjungi. Pihak Ausi akan berpikir bhw km mmg pny uang unt jln2. Kl passpor msh br mending ikut travel agent aja, tp aku ga tau bs ngacir ga dari grup. Soalnya biasanya kl ikut travel agen, passpor kita ditahan sm Guide nya.

Anonim mengatakan...

Oh belom mas Petter, ini blognya aja baru baca. Makasih infonya...

Unknown mengatakan...

mas petter, punya contact agen resmi yg bisa bantu untuk kerja di kebun anggur di ausie ga ya?
share dunk ke email saya r.sirikit@yahoo.co.id
saya pengen banget kerja ke ausie

Petter Sandjaya mengatakan...

Maaf skali aku ga ada kenalan agen yg memberangkatkan unt ke kerja d perkebunan...

QeqeRini mengatakan...

Mas Petter, salam kenal ya....terima kasih infonya.

Saya saat ini sedang mencari peluang krja d luar negeri. Ausie salah satunya.
Kemarin saya ada yg nawarin biaya hanya 12 jutaan, tp mereka bkn agen hanya trainer kata dia...
Kira2 itu bagaimana Mas? Mohon penjelasannya..
Terima kasih...:-)

Kirim ke email saya ya Mas Qeqe1903@gmail.com

Unknown mengatakan...

Salam Pak Petter Sandjaya..
Mengenai artikel yg bapak share diatas menurut sy sangat bermanfaat dan sedang dibutuhkan bagi para calon peker pekerbunan di Ausie. Jujur, sy ini sponsor dr salah satu PJTKI di indo, ttpi sy blm pernah sama sekali memproses TKI ke Ausie. Namun di lapangan sy banyak sekali pertanyaan yg diajukan ke sy mengenai Job Ausie dan sy tdk menjawab pertanyaan trsebut krna it bukan fokus sy. Jadi dlm ini sy mohon izin untuk mengCopy artikel Bpak diatas untuk sy posting di Blog sy http://misbahuscorp.blogspot.com. Terima kasih atas kerjasamanya.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yenni mengatakan...

Salam kenal Pak Peter...

Saya yenni dari jakarta.
Saya tertarik sekali untuk bekerja di Australia dibidang perkebunan ataupun restoran. Dan saya sudah apply visa turist, dan sudah diapprove.
Apa bapak bersedia memberi rekomen untuk resto2 atau perkebunan yang bisa memberi pekerjaan untuk turis seperti saya?
Walaupun saya tahu ini ilegal, tapi saya cuma berharap supaya saya bisa jalan2, + tabungan saya tidak berkurang... karena jalan2 ke aussie itu mahal sekali, tapi saya sangat tertarik untuk mengunjunginya...
Mohon sarannya... kalau bisa diemail ke myths_dhre@yahoo.com

Terima kasih banyak...

Unknown mengatakan...

Ingin banget ke ausi, kira2 abis biaya berapa ya pak

Email saya
yess@tri.blackberry.com

Kerajinan Bali Murah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mas peter mohon bantuannya sy di ajak orang katanya kalau sampai di sana nanti sy carikan tempat kerja email sy

Petter Sandjaya mengatakan...

Prosesnya bgmn? Visa apa yg km pakai nanti? Cb unt tanyakan kejelasannya dulu sblm membayar biaya2 yg ditawarkan. Jgn trburu2 trgiur dngan dolar yg ditawarkan. Cblah unt lebih berhati2 dan kritis krn pemerintah Ausi skr gencar mengejar imigran gelap.

jimmy chen mengatakan...

Hi saya ingin sekali mencoba kerja di australia di perkebunan. Visa saya uda di approved visa turis. Meskipun cuma bole 3 bulan. Mohon info dan bantuannya email aquafil889@yahoo.com

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

mas Petter, saya Widdy, laki2 umur 47 thn.. Tolong kirim info dong agar bs bekerja di Oz sekaligus cara agar bisa dpt visa yg masa 12 bulan... Saya tunggu di widdymineral@gmail.com ya mas... Tks banget mas

Unknown mengatakan...

mas petter, bs tlg info lbh lanjut , kebetulan aq jg di twrin krj diperkebunan buah. mreka blg bos org indo,, bisa ke email saya : miss_yani09@yahoo.com

tks b4.

Arius mengatakan...

Mas peter, mohon informasi utk visa ausiee dan info yg lebih detail
Sebelumnya thanks you utk postingannya yg sangat membantu

Ariusgamaliel@gmail.com

Unknown mengatakan...

semua orang berlomba-lomba untuk bs kerja di aussie. ini negara paling susah dimasuki untuk kerja, banyak dr mereka merintis sebagai pekerja informal, dokter yg mo masuk kenegara ini pun sampai2 hrs berkorban sebagai pelayan restaurant selama 2 tahun dan terpakkksa mengambil tambahan sarjana nya lagi di aussie dulu baru bs diterima kerja sesuai bidang nya disini. aku pun nyerah udah 3 taun mencoba, alhasil jadi pelaut aja deh bisa ke aussie jalan2 gratis...

IBU RISKA mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Hi kak, mau nanya ada lowongan kerja gk?gw skg d sydney.. kalo ad tlg info nya ya kak.. krj d farm jg blh la.asal dpt krj..
Giokkim2005@gmail.com
Thanks ya

Unknown mengatakan...

Mas peter nama saya Ahmad kurdy usia saya 22 th. saya sangat ingin ke ausy, kira'' ada gak ya yg mau sponsorin. hehe
e-mail : Ahmadkurdidcc@gmail.com

Unknown mengatakan...

Ya ampun mahala banget sampe 100 juta. Mending masuk PT resmi aja. Biayanya juga cuma 50 juta, tapi biaya sendiri. Udah tentu nanti visanya dapat visa kerja. Kalau ikut agen belum tentu di kasih visa kerja malah entar cuma di kasih visa turis yang nantinya akan ada efek jangka panjang yg bisa menyusahkan diri sendiri apabila tertangkap oleh pihak berwajib dari pihak australia. Malah bisa di penjara. Saya sarankan kalau mahu kerja ke australia mending masuk PT yg di khususkan membawa para TKI ke sana. Biayanya ga sampe 100 juta, cuma 50 juta saja. Kalau ada yg bilang sampe 100 juta itu cuma penipuan.

Unknown mengatakan...

Ya ampun mahala banget sampe 100 juta. Mending masuk PT resmi aja. Biayanya juga cuma 50 juta, tapi biaya sendiri. Udah tentu nanti visanya dapat visa kerja. Kalau ikut agen belum tentu di kasih visa kerja malah entar cuma di kasih visa turis yang nantinya akan ada efek jangka panjang yg bisa menyusahkan diri sendiri apabila tertangkap oleh pihak berwajib dari pihak australia. Malah bisa di penjara. Saya sarankan kalau mahu kerja ke australia mending masuk PT yg di khususkan membawa para TKI ke sana. Biayanya ga sampe 100 juta, cuma 50 juta saja. Kalau ada yg bilang sampe 100 juta itu cuma penipuan.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

selamat pagi mas peter
saya di tawari teman yang sudah lama bekerja sebagai pemetik buah
dan dia bilang hanya perlu deposit di tabungan 50 juta saja
dan dia menjanjikan saya memepekerjakan di kebun apel
apakah benar itu ya mas peter?
terimakasih

Unknown mengatakan...

jangan mudah percaya sama calo ya para pencari kerja, saya juga pernah hampir tertipu tapi untungnya sy sudah dapat jalan lurus,, alhamdulillah gaji kerja 2 bulan, sudah lumayan, tapi pekerjaannya sangat berat... kasian saya

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

@ Australian Farmer
jika boleh tahu melamarnya lewat mana? bisa jelaskan ke re_yuna@yahoo.com ? thx.

Unknown mengatakan...

Pak peter ..tolong advice saya pak...saya pingin bnget kerj di ausi untuk di bar pak...bartender ...lewat mana yg terbaik pak..tolong infonya pak ..terima kasih....wawanwidiyantoro@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mas tlg bimbinganya utk keja di Ausi scra legal
nggolocoy@gmail.com

Unknown mengatakan...

Pak peter mohon info & bimbingan kerja di ausi
Ini email sy: udin.lumajang@gmail.com
TQ

Unknown mengatakan...

pak peter, info tentang kerja di aussie dong
ini email saya nia_nii@yahoo.co.id

terima kasih,

Unknown mengatakan...

Untuk bekerja di Aussie, lebih baik apply visa WHV (Working Holiday Visa). Kamu bisa kerja setahun disana sebagai pekerja lepas :) Untuk infonya bisa di google yah atau gabung sama grup Facebook WHV Indonesia. Yuk ah jangan mau dimanfaatkam sama oknum pencari uang yang memberikan janji visa kerja di Aussie ternyata dapatnya cuma visa turis :)

Unknown mengatakan...

Pak peter info dong ker di ausie.ada knlan bs dipercy ga.sy dr medan.umur 36thn.pingin mengadu nasib disn.sy dr medan.email sy javellin_sunshine@yahoo.com.trima ksh

Unknown mengatakan...

Pak peter info dong ker di ausie.ada knlan bs dipercy ga.sy dr medan.umur 36thn.pingin mengadu nasib disn.sy dr medan.email sy javellin_sunshine@yahoo.com.trima ksh

Unknown mengatakan...

Mas ..saya mau nanya.. Kalau boleh tau perusahaan apa yang membawa mas sampai kerja di perkebunan australia... Karna saya juga dapat info loker seperti mas.. Harap dibalas ya mas.. Makasi

Unknown mengatakan...

Maav mas saya mau tanya.. Klw boleh saya tau,perusahaan apa yang membawa dan menawarkan sama mas buat kerja di perkebunan aussie? Karna saya juga dapt info loker seperti mas.. Harap d bls ya mas.. Makasi...

Arief lazuardy mengatakan...

Mas mau nanya soal bekerja dsana ad agent yg menawarkan kerja d kebun tepatny melbourne menggunakan visa turis selama 3bln selanjutny ilegal dan katanya bisa apply ss id ke agent n bayar 1000$au? Trs lg kita harus membayar iuran perbulan selama 1 thn sebesar 5 jt rupiah per bulan!
Saya mau bertanya kalo saya apply sendiri turis visa n kerja ilegal ad gak perkebunan or perusahaan yg bisa bantu saya buat dapet kerja disana tanpa lewat agent?

Saya udah pernah apply whv tp udah kelewat waktu interviewny n tabungan saya jg udah gak cukup buat deposito Lg..

Mohon infokan ke saya mas petter di arieflazuardy@ymail.com

Unknown mengatakan...

Ya sy juga dpt tawaran untuk bekerja di autralia dgn potong gaji 50% mohon bantuan bagi teman teman. Yg sudah dpt kerjaan jika ada perusahan yg membutukan tenaga kerja atau yg bisa memsponsori mhn info ke putrajaya24@gmail.com

Rilands mengatakan...

mas petter... saya kepengen banget mengadu nasib di bumi australia... tolong sarannya untuk mendapatkan working holiday visa....
apakah mesti harus S1? ini emai saya mas.
andiderryafriyanto@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Bukan perusahaan, tp pribadi. Saya apply WHV. Seperti yg dijelaskan dikolom komentar di atas oleh mba Nova Pontoh....

Unknown mengatakan...

Halo mas salam kenal. Bs minta info nya buat biaya semasa hidup di ausi, kurang paham soal agent indo nya nih. Bs sharing ke email ak mgkin. Ruryganisapriani@gmail.com
Makasi sebelum nya

Erick™ mengatakan...

Saya ingin bergabung dan ingin bekerja untuk membantu ekonomi keluargaku
Amin

Erick™ mengatakan...

Saya mau berangkat bulan april ini ke aussi
Kira kira persiapan apa yg paling penting buat kerja metik buah disana ?

Unknown mengatakan...

mohon info ,,bagaimana sih cara bertahan hidup disana,,

Petter Sandjaya mengatakan...

Kerja. Kalo ada duit pst enak mo ngapain aja. Tp kalo kerja pun ga dpt2 & perut lu lapar, kunjungi pintu belakang restoran, bilang aja minta left over food.

Petter Sandjaya mengatakan...

Bj dingin, sepatu boot, sarung tangan, jas ujan, Gunting metik buah, botol air, kotak makan.

niko maulana mengatakan...

Memang benar d melborn,robinvale nama t4 nya,sekitar 7 jam dr melborn,saya ada teman d sana,dn bekerja d kebun buah,dia minta 900rm aja,itupun 1 x bayar aja,tidak pake uang ini dan itu,yg penting visa urus sendiri...klu minaat,saya pun lg urus visa whatsapp saya 081371113647

Anonim mengatakan...

Australian minta contac kmu donk saya niaat ke ausi dan cari tman indonesia,kmu d robin vaale??

Anonim mengatakan...

Eric,saya juga mw berangkat ke sana,kmu sudah urus visa??whatsapp saya ya niko maulana 081371113647

Unknown mengatakan...

Bisakah Anda bertahu di mana ada PT resmi yg memberangkatkan ke aussie??

Anonim mengatakan...

mas peter

saya mau tanya2 banyak hal...saya sudah email tp sepertinya masih sibuk ya
saya bisa juga di whatsapp di +62 81252914710 mohon bantuannya
terimakasih banyak

salam
ria

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

saya kenal agent yg bsa memberangkatkan ke ausi dgn biaya 27jt...teman sya sudah mendaftar bulan ini tinggal nunggu visa dan keberangkatan...proses minimal 3 bulan+boking tiket...
kita tukar informasi aja...karna saya jg minat kerja ke ausi...Wa 0822 1461 1078

Unknown mengatakan...

Saya mau tnya.. Bnyak kan lwongan yg nawarin kerja di australia.. Saya pengen bgt merubah nasib.. Gmna ya cra'a ngurus visa tenaga kerja..?? Skrang bnyak agen yang nipu..?? Trimakasih

Unknown mengatakan...

Ingun mendapatkan kerja sektor perladangan di Perth, Aus untuk musim strawberry ..Sy agent aslnya dari Malaysia tapi sudah 3 tahun di Aus. Cost utk holiday visa dan paketnya hanya 15juta. Jika mahu working visa nya cost 37juta via company sponsor and legal pasti untuk berkerja di lain sector. Whatssup for more details +60173027876 @ intagram @pemetik_buah_perth.
Tawaran hny untuk indonesian shj ini.tq

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Aplikasi Source Code VB6 mengatakan...

Hi..Mas Petter, how do you do ?
I'm Roy from Banda Aceh. I want to ask you about work in Aussie.
I have been preparing everything since 3 months, but there may be a lack.
Seandainya kami tiba di aussie, lalu kami ingin bekerja di ladang misalnya strawberry.
Siapa orang yang harus kami jumpai ? apakah bisa langsung bekerja walaupun tanpa menggunakan jasa agen dari Indonesia atau Malaysia ? seperti yg sy baca di blognya Mas, kalau ingin bekerja di kebun memang berat, susah tapi bisa langsung diterima karena mereka butuh banyak orang.
Jika jawabannya terlalu panjang, email aja ke sini Mas royaslam@yahoo.co.id

Terima kasih ya Mas...Best Regards

Unknown mengatakan...

Salam pak petter, saya mau tanya berapa minimu bukti jumlah saldo tabungan kita jika mau mengurus WHV?

Petter Sandjaya mengatakan...

Minimal 50 juta

FiQi Ahmad mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
FiQi Ahmad mengatakan...

Ada whasapnya bro?

FiQi Ahmad mengatakan...

Ada whatsapp ga neng

FiQi Ahmad mengatakan...

Ada whatsapp ga neng

PAk RUDI DI SEMARANG mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Gimana bro. .
Dapet gk ?

Unknown mengatakan...

Mas saya juga mau pergi ke ausi, saya ikut salah satu PT resmi di daerah saya. Kira2 dana yg sudah saya keluarkan 80 jt an. Dnger2 visa yg akan saya pake itu visa bisnis, dan sebelum saya berangakat saya diajak tour ke 5 negara di asia utk mndapat cop paspor. Kira2 itu visa nya gimana ya mas, sama kaya visa turis nggak?

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi dika, iya itu visa turis. Mungkin km bisa masuk & bekerja di Ausi, tp sayang sekali itu ilegal. Harap hati2 ya...

Dora mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
tas branded batam mengatakan...

niat kerja ke aussie saya cancel setelah membaca beberapa postingan di internet berbeda dengan apa yang dijanjikan oleh para agen :)

Hana mengatakan...

mayoritas kerja yang mudah didapatkan itu di sektor perkebunan ya kak kalau di Australia?

Salam kenal

https://goo.gl/2LJyGQ

permana mengatakan...

Selamat Pagi kaka yang punya akun blog ini...

Saya mau nanya ,,saya ada niat baut kerja diperkebunan australi cuman saya punya budget minim buat ngurusin administrasi,,

ada solusi lainkah biar saya tetep bisa berangkat kesana dengan budget yang saya punya dibawah 10 juta rupiah ???

Ditunggu feedbakcnya thanks before

permana mengatakan...

oia untuk info lebih lanjut sebagai balasan atas pertanyaan saya,,ka Peter bisa contact me >>> hengkipermana19990@gmail.com

Zahid Hamidi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Sepeda mengatakan...

Thx infonya

Agus Darma mengatakan...

,Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

Unknown mengatakan...


KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI TKI

Alhamdulillah sekarang saya sudah jadi TKI kontrak di JEPANG berkat bantuan bpk drs AGUSDIN SUBIANTORO beliau selaku deputi bidang penempatan di kantor BNP2TKI pusat jakarta
no hp dinas beliau 0823-5240-6469

saya berasal dari Samarinda (Kal-tim). Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi saya. KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi orang tua saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota Samarinda (kal-tim), dimana struktur tanah tempat kelahiran saya adalah pinggir laut dengan mata pencaharian masyarakat sekitar bagang dan empang , Pengorbanan keluarga yang selama mendidik membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi seorang nelayan, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1, Pada pertengahan tahun 2017 saya bertemu dengan seorang teman lama mantan TKI di jepang pertemuan saya di Jalan muara badak SAMARINDA kal-tim, Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT yang pernah membantu dia sewaktu di jakarta, Beliau adalah kepala deputi bidang penmpatan di kantor BNP2TKI pusat jakarta, atas nama bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO, Alamat kantor beliau Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770 kantor BNP2TKI pusat, Dan Teman Saya Memberikan No Kontak Hp Bpk AGUSDIN di Nomor 0823-5240-6469 dan saya mencoba menghubungi tepat jam 5 sore, singkat cerita sayapun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliau'pun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke akun email beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang. Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung didalamnya sangat luar biasa di rasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah saya bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri. Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekat’pun saya belum pernah sama sekali, Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan kami, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman saya, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga. MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, kami di jemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan kami diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa mencoba untuk menberani’kan diri menhubungi Bpk kepala deputi bidang penempatan BNP2TKI, BPK DRS AGUSDIN SUBIANTORO Ini No TLP/HP Beliau: 0823-5240-6469 siapa tau beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan. TERIMA KASIH

Unknown mengatakan...

Tidak ada

Unknown mengatakan...

Tidak ada

Unknown mengatakan...

Tidak ada

Agus Darma mengatakan...

,Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

Abdul rahman mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

AMISHA mengatakan...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Unknown mengatakan...

Dear Mr peter
membaca postingan dan komentar dari sekian banyak orang, menarik minat saya untuk meminta bantuan informasi jika berkenan.
Tapi saya baca komentar diatas kebanyakan sudah lama.apakah boleh dibantu Mr Peter untuk mengetahui situasi terkini saat ini.apakah bisa untuk kerja bagian cleaner atau kitchenhand
pada saat ini.
thank u

Anonim mengatakan...

bisa minta informasinya yang terupadate untuk bekerja di AUSieee , dengan situasi covid saat ini ? mohon infomasinya