About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 09 Maret 2013

Perhitungan Jumlah Piring Resepsi Pernikahan


Berikut ini perhitungan makanan yang saya dan Kristina persiapkan ketika dulu mengadakan resepsi menikah. Karena dirasa cukup efektif dan efisien dari segi biaya jadi alangkah baiknya bila saya share. Semoga bermanfaat, cekidot ya:

*Jumlah undangan 300

Jumlah peserta yang akan hadir:
(300 x 2) x 80% = 480 orang
Di kali 2 dikarenakan peserta kemungkinan membawa pasangannya, dan 80% adalah kemungkinan peserta yang akan menghadiri undangan

Menu Utama:
300 piring
Sama dengan banyaknya jumlah undangan. Takut ga cukup? Tenang saja, kecil kemungkinannya jika anda menyediakan menu Pondokan. Biasanya peserta undangan akan mengincar Menu Pondokan terlebih dahulu, setelah mereka puas dengan pondokan, mereka baru mengincar Menu Utama. Sebagain besar dari mereka yang sudah kenyan dengan menu pondokan akan nggan untuk mencicipi menu utama. Karenanya menu utama cukup sebanyak jumlah undangan saja.

Menu Pondokan:
480 – 300 = 180
180 x 3 = 540 piring
Dari jumlah kemunkinan peserta yang akan hadir (480 orang) di kurangi 300 piring dari menu utama.
Rata2 peserta undangan akan memakan 2 – 3 piring per pondokan, karenanya dikali 3.
540 Piring adalah untuk satu macam pondokan. Kalau pondokannya ada 4 macam, 540 : 4 = 135 piring per macam pondokan.

Jadi untuk 300 undangan tersedia 300 piring Menu Utama dan 540 piring Menu Pondokan.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Sedikit masukan:
Hitunglah jumlah undangan yang berusia masih di bawah 40 tahun, karena populasi ini yang gemar memanfaatkan undangan sebagai ajang untuk makan sebanyak-banyaknya. Mereka tidak akan hanya makan 2-3 pondokan, tetapi kemungkinan besar mereka akan mencicipi semua pondokan.

Ini berbeda dengan populasi berusia di atas 40 tahun, karena golongan ini adalah kelompok orang penyakitan yang sedang berusaha keras diet bebas kolesterol dan menahan diri untuk tidak makan banyak-banyak, sehingga paling-paling mereka cuma makan di menu utama dan hanya mencicipi 2-3 pondokan saja.

Anonim mengatakan...

Hi peter salam kenal,
sorry ga sesuai bahasan :)
aku berencana ke Melbourne, bisa input donk untuk para pendatang baru cara cari kerja gitu bisa dapatnya dari mana yach. thank you

Petter Sandjaya mengatakan...

Silahkan baca postingan saya yg ini
http://god-must-be-crazy.blogspot.com.au/2012/08/bekerja-dengan-work-and-holiday-visa.html?m=0

Petter Sandjaya mengatakan...

Betul bgt tuh Vicky, yg muda2 pasti gairah makan nya masih menggila dan sering lupa daratan sama kesehatan, hehehe...

Melissa Octoviani mengatakan...

aku juga kalo ke kondangan sebisa mungkin makan semua pondokan sih hahahaha *ga mo rugi*

makanya catering2 sekarang bilang, anggap 1 org makan 3-4 pondokan hahahaha.