About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Minggu, 25 Juni 2017

Malam Takbiran di Melton

Malam Takbiran semalam kalian semua pada ngapain? Gimana suasana di Indo, masih suka rame-ramean ga kalo Takbiran? Bunyi gendang, petasan, sambil nyanyi nyanyian kemenangan. Selamat buat kalian yang merayakan Lebaran. Semoga di hari yang Fitri ini kalian dilimpahkan rahmat melimpah karena telah berhasil melawan diri sendiri dari godaan selama satu bulan penuh.

Ceritanya semalem gw ngumpul bareng sama orang Indo yang ada di Melton yang hampir separuhnya merayakan Idul Fitri hari ini. Gw Cuma satu-satunya yang matanya segaris, tapi suasananya tetep terasa enak. Jadi malam takbiran acara gw berbuka bersama dengan para Indo-indo yang sebagian besar punya pasangan bule.

Karena sebagian besar gw udah kenal sama manusia-manusia nya jadi gw dengan percaya diri bawa kamera dan mau mengabadikan momen bersama tersebut. Dan terlihat memang respon mereka cukup positif ketika difoto. Kadang ada beberapa orang ga suka difoto dengan berbagai macam alasan, dari malu, gengsi, sampe ga percaya diri. Tapi karena yang lainnya pada demen difoto, mereka yang ga suka difoto malah latah ikutan nimbrung di layar kamera.

Ada momen dimana para ibu-ibu lagi pada asik di dapur dan nyiapin makanan, gw dengan spontan “ayo kumpul dulu mau gw jepret nih”. Selesai di jepret, salah satu peserta tau-tau nimplain “deo mana pak?” lho... lho... lho... kamu kan... gurunya deo. Hahaha... orang Indo kalo kemana-mana pasti ketemu juga sama orang Indo, walau butuh waktu buat si doi 3 tahun di Melton untuk nyadar kalo orang Indo di sini juga banyak. Selama ini kemana aje ente? Hahaha...

Kenapa orang Indo kalo ketemu maunya nyapa? Soalnya populasi kita di sini sedikit jadi cukup unik kalo bisa ketemu orang Indo juga di sini. Dan mereka pasti punya cerita yang berbeda dengan kita gimana cara mereka ke Ausi. Ada yang kawin lewat website jodoh online, ada yang ketemu di Negara lain lalu sreg terus kawin, ada juga yang pake ngibulin pasangannya biar dia mau ngawinin terus dibawa ke ausi.

Cerita-cerita unik macam ini cuma bisa gw dapetin dari mereka yang ke sini lewat jalur selain visa pelajar. Karena mereka ga mampu untuk bersekolah jadi harus lebih memutar otak untuk bisa menetap di Ausi. Kalo kalian ke pusat kota Melbourne, di sana bakalan nemu banyak pelajar Indo, jadi kalo ketemu atau pas curi denger sering nya mereka ga saling nyapa karena udah sangkin banyaknya orang Indo di sana dan serasa kaya di rumah sendiri. Beda cerita kalo kita ketemu orang Indo di ujung berung yang ga jelas koordinatnya dimana. Kaya dulu gw waktu lagi bulan madu ke Vietnam, lagi asik-asik di museum tau-tau ada orang Indo yang suaminya kerja di Vietnam. Ya jelaslah kita nyapa, kan aneh bin unik  kalo ketemu orang sebangsa di negara lain.

Mungkin situasinya akan berbeda 10 tahun mendatang. Mungkin nanti kalo ketemu orang indo di Singapura, Jepang atau Korea bakalan biasa karena banyak orang Indo yang jalan-jalan ke sana. Tapi bayangkan kalo bisa ketemu orang Indo di Pulau Solomon atau Tonga, apa yang bakalan elu lakuin? Meneng wae? Ya jangan lah, itu sebuah kebetulan, sapa aja orang itu. Pulau mana itu, pet? Denger aja baru sekarang. Maka dari itulah kita-kita yang di Melton ini pada ngumpul semalem. Ada yang baru kenal, ada yang udah berbulan-bulan ga ketemu. Bercerita melepas beban dengan berbahasa Indo seenak aksen elu deh. Karena ngomong inggris mulu capek tau. Lebih capek lagi mereka yang biasa ngomong jawa. Mau ngoceh inggris taunya jawa, musti translate dulu ke indo baru ke inggris. Berasep ga tuh otak?


Nanti kalo ada ketemuan orang Indo lagi saya cerita lagi deh. Dan pastinya sih di suasana yang berbeda dan siapa tau ada orang Indo baru lainnya. 

Tidak ada komentar: