About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 08 Maret 2018

Gratisan di Melbourne (Part 2)


Frankston, ini kota keramat nih buat gw sama bini. Kota pertama di Ausi yang kami tinggalin selama 2 minggu sebelum akhirnya kami dapet sewa kamar di St. Albans. Kalo kilas balik ditanya sama orang tinggal dimana, kalo gw jawab Frankston, hamper semua responder pada bilang “sarang penyamun tuh. Untung lu udah pindah” Pindah ke St. Albans katanya “wah, banyak drug dealer ati2 lu.” Pindah Melton “weleh, di sono kan banyak orang ngobat, jualin suntinkan vulgar”. Intinya mah, dimana gw tinggal pasti jelek semua. Ngeki’in emang deh. Maap, curcol. Ok kita kembali ke laptop…

Buat orang Jakarta yang doyan nge-mall, Frankston pasti termasuk kota yang ngebosenin. Udah manusia nya dikit, shopping centre nya pun Cuma sampe jam 5 sore. Terus bingung kalo malem mau ngapain. Tapi kalo pas tengah hari, ada pantai gratisan yang hmm… ya lomayan lah daripada lu manyun. Mirip sama pantai St. Kilda, cuma kalo pantai Frankston manusia nya lebih dikit, bener2 bisa menikmati kesendirian (kalo lu doyan sendirian).

Rata2 yang tinggal di Frankston ini memang bule, jadi mungkin lu bakalan bingung nyari makanan asia dimana kalo pas “ngeliat setan”, bahasa konotasi bini gw yang fasih dipakai orang Pekalongan yang artinya kelaparan berat. Ada restoran Korea Geonbae di gedung sebelah McDonal. Gw belom sempet jelajah lagi sih, apakah ada restoran asia lainnya ato nggak. Maap kalo ngomongin makanan jangan dianggap gratis juga ya. Karena judulnya gratisan bukan berarti lu makan di restoran juga gratis. Ditabok pake panci panas lu nanti kalo abis makan nyelonong keluar.


Geser dikit dari Frankston, kira2 15-30 menitan lu bakalan nemu yang namanya Mornington Peninsula. Di sini buanyuak banget yang musti di liat. Ada museum, wine testing, ada National Park di ujung kota nya. Mohon liat peta Melbourne dulu, biar tau maksud ane posisi nya ada di mana. Yang pasti di sepanjang suburb ini pantai semua di kiri dan kanan nya, bukan pohon cemara lho (if you know what I mean).

Jujur aja gw belom pernah jelajahin semua nya tapi dulu gw pernah kerja di Sorrentto Hotel. Sepanjang perjalanan di bus pengen nya motret terus, brur. Dari kebon anggur, peternakan sapi, domba. Kadang kalo lu beruntung suka ada event khusus di sono. Oya, kalo lu naik transportasi umum, dari Frankston lu harus nyambung pake bus. Ga ada kereta yang ngelewatin suburb Mornington. Buat info lebih jelas lu bisa masuk website nya visitmorningtonpeninsula.org . Baca sendiri lah ya, males gw jelasin satu2…

Kalo lu mau ngerogoh kocek sedikit dalem, lu bisa naek kapal Ferry buat nyebrang selat nya ke suburb selanjutnya (mohon liat peta), nama suburb nya adalah Geelong. Dari kapal lu bakalan berlabu di kota namanya Queenscliff. Kalo ga salah dulu gw pernah naek kereta Thomas the train di Queenscliff ini, lupa bayar berapa. Di Geelong ada banyak museum & galeri yang bisa lu kunjungin gratis, salah satunya ada Museum Wol, Narana Aboriginal Curture, Geelong Art Galery. Ada Jirrahlingah Sanctuary, semacam kebun binatang versi murah $18 per orang atau $55 per keluarga. Bisa ngelus2 binatang sampe puas lu di sini, dari kadal sampe koala


Mungkin pertama2 lu musti kunjungin Information Centre nya dulu buat tau ada event apa yang lagi happening saat itu. Skaligus bisa efektif kunjungan lu ke sono. Ada Advanture Park yang gratis buat anak2 yang tinggi nya di bawah 90cm. tapi maap ortu nya harus bayar, kalo ga salah sekitar $44/orang. Geelong juga punya Botanic Garden yang ga kalah bagusnya sama Fritzroy Garden. Lalu ada Cunningham Pier, semacam pelabuhan di area Stingaree Bay. Dan ada pantai yang terkenal di sini yakni Eastern Beach. Gw lupa pas musim panas atau dingin, ada kereta2an yang bisa dinaikin buat dewasa dan anak2, $5 per orang. Cuma muterin dari ujung yang satu ke ujung pantai nya yang di sisi lain, terus balik lagi. Dan yang jalanin bisnis ini ternyata orang Indo yang nikah sama bule Ausi.

Di sisi ujung pantainya yang lain di Eastern Beach ini lu bisa sewa helikopter buat liat2 seperti apa suasana pantai dari ketinggian. Sayangnya harga nya bisa $100 entah per orang atau per keluarga, gw lupa. Ah, ampir lupa. Ada satu lagi di Geelong yang pernah gw kunjungin. Tapi tempat nya udah mendekati melton. Namanya Serendip Sanctuary. Menurut gw sih ini lebih mirip semacam bush walking yang ramah untuk anak2. Udah ada track nya tinggal diikutin. Nanti di tengah2 hutan akan ada beberapa rumah yang bisa dikunjungi untuk diliat2 ekperimen tentang binatang & kaitannya dengan pelajaran biologi.

Dari Geelong lu bisa koprol ke selatan. Berharap lu naik mobil, jadi gampang kemana2 nya. Kurang lebih 1 jam dari Eastern Beach, lu bakalan ketemu suburb namanya Torquay. Ga usah jauh2 ke Great Ocean Road. Pemandangan nya di sini ok juga kok, (hampir) serupa tapi tak sama dengan Great Ocean Road. Cuma beda nya Great Ocean Road ada banyak spot lainnya yang ga kalah bagus. Jadi kalo lu gampang mutah di jalan, mabok darat, udah deh nyerah aja ga usah maksain ke Great Ocean Road. Daripada lu berangkat pagi2 sampe sono nya Cuma liat matahari terbenam, kan nyusahin yang nyetir namanya. Belom lagi efek sampingnya ga bisa ilang sehari, pantat tepos, pinggang encok.

Gw pernah ke Great Ocean Road sama anak gw yang waktu itu baru umur 3 tahun. Di jalan dia sampe nangis “pulang, pulang…” sangkin lama nya di jalan kagak turun2. Yang bikin bt buat dia lagi adalah, yang seneng bonyok nya doang, diye nya kagak ngerti pemandangan bagus itu kaya apa. Yang dia tau Cuma maen pasir sama air asik. Tapi kalo lu tahan banting lama di jalan, Great Ocean Road is worth for experienced it.

Tidak ada komentar: