About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 23 April 2011

My Jobs at Australia

Beberapa teman agak shock waktu saya bilang di Aussie kerja nya jadi tukang cuci piring (kitchenhand). Jadi kitchenhand di restoran Indonesia adalah pekerjaan ke-3 saya setelah yang pertama kerja di kebun anggur dengan gaji $11.5 / jam, rasanya sengsara banget kerja di sana. Kena terik matahari, ga bisa minum. Kalo haus Cuma bisa minum anggurnya doank. Eh, lebih tepatnya bukan minum, tapi makan anggur, hahaha...  

Alhasil kerja nya Cuma sehari aja, kerja Cuma 7jam badan udah langsung encok semua, kulit baret2, dan sepatu nyaris rusak. Apalagi kalo mereka yang orang nya beser (sering kebelit kencing/boker) wah, kayanya kerjaan ini ga cocok deh. Karena ga tahan akhirnya kami memutuskan untuk hengkang dan ga mau dilanjutkan lagi. Gaji saya selama 7jam kerja ($80.5) dipotong share house $65 / minggu (walaupun Cuma 1 hari saya tidur di situ), dipotong $10 biaya antar jemput dari share house (di Springvale) ke kebun anggur (di Lylidale). Alhasil yang tersisa Cuma $11 - $5.5 x 2, kan istri pun ikut kerja. Karena $11 adalah duit, bukan batu, jadi kami bersikukuh untuk tetep minta dibayar. Setelah kami kirimkan no rekening bank kami untuk ditransfer $11 tersebut, sampe sekarang juga belom dibayar2. Ya udahlah... setelah dapet kerjaan yang ke-2, $11 rasanya jadi ga worthed untuk diperjuangkan (ck ileh, sombong banget, padahal itu sama aja +/- Rp 90,000. Dengan Rp 90,000 kan bisa buat minum2 di Starbuck sambil makan cake & internetan gratis... ;p). 

Ya abis mo gimana lagi, masa mo dipaksain harus ke Springvale? Iya, kalo ketemu sama si bos cewek orang Vietnam itu, kalo ga? Sia2 ke sana. Kan dia ga tinggal di share house yang kami tinggalin itu & kami ga tau dia tinggal dimana. Di sms aja ga pernah bales, di telpon bingung sama logat ngomongnya dia. Ya udah lah, setidaknya kami dapet pengalaman seru, dan kami juga ga ngerasa ngenes2 amat. Malah merasa ini sebuah pertualangan yang ga semua orang seberuntung kami bisa merasakannya. Hidup adalah sebuah pertualangan... Untuk info lebih lengkap tentang kerja di perkebunan bisa di baca di link ini:


Kerjaan yang kedua, adalah jadi Office Boy. Atau kalo di sini disebutnya Cleaner. Saya kerja Cuma di hari Sabtu dan Minggu. Sabtu 2 jam, Minggu 5 jam dengan bayaran $17 / jam. Saya kerjanya bersihin toilet dan ngepel sebuah Pub/diskotik di satu kota bernama Sorrento. Agak jauh ke arah selatan dari kota Melbourne, tapi ga masalah buat saya, karena ada banyak pemandangan bagus sepanjang perjalanan. Padang rumput menghampar luas, ada yang berdanau juga, ada pula kuda2 liar, sapi, wah, udah kaya di novel kesukaan istri saya deh pokoknya. Total ongkos dan waktu perjalanan pergi-pulang dalam sehari masing2 adalah $8.5 dan 6jam. Sampe sekarang kerjaan ini masih saya jalanin karena Cuma sabtu-minggu aja. Ya daripada sabtu-minggu nganggur, mending kerja aja sambil jalan2 keliling Aussie, hehehe... Bos saya yang bernama Joe Morreto adalah orang Italia yang hengkang ke Aussie waktu dia kecil bersama orang tuanya. Dia nikah sama orang Aussie dan sekarang udah punya 2 anak kira2 yang paling gede (cewek) umurnya 17 tahun lah. Joe ini bukan yang ngurusin Pub/diskotik nya lho. Dia adalah Pemilik usaha sendiri Cleaning Service, namanya JVAA. Jadi JVAA ada kontrak kerja sama dengan Continental Hotel untuk urusan kebersihan di bagian Pub/diskotiknya.

Kerjaan ke-3 adalah seperti yang udah dijelasin sedikit di awal, saya jadi kitchenhand di restoran Indo bernama Es Teler 77. Awalnya saya ngira pemiliknya mungkin orang Indo apalagi pas interview ketemu, lho mukanya persis kaya Tukul Arwana, Cuma dia lebih pendek. Wah, orang indo nih... Namanya Koko, dia ngejalanin 2 restoran Es Teler 77 di Melbourne City ini. Yang pertama di 319 Swanston Street, satunya lagi di Cardigan Street, deket Lygon Park. Dan setelah beberapa hari kerja ternyata baru ketawan kalo dia punya restoran yang sama juga di Malaysia. Gila nih orang, kaya banget deh kayanya. Dan ternyata tebakan saya salah, dia bukan orang Indo, tapi orang Burma. Hahaha... Kalo ga salah inget ada 1 temen tanya, Burma itu dimana? Negaranya dia baru pertama kali denger. Dulu Burma namanya adalah Myanmar. Nah, ini pasti tau donk. Intinya negara ini bagian dari Asia Tenggara dan setau saya Indonesia masih lebih maju ketimbang Burma, tapi lucunya di sini justru malah orang indo jadi bawahannya orang Burma, wkwkwk... Saya kerja dengan bayaran $10 / jam. Paling rendah saya pernah dapet dalam seminggu $280 waktu pertama kali kerja. Tapi sekarang selalu di atas $300 seminggu. Ya semoga aja ke depannya ga pernah di bawah $300 lagi, hehehe... Setelah ngobrol2 sama beberapa orang tentang tarif gaji di Aussie, sebenernya $10 / jam itu terlalu rendah untuk pekerjaan di restoran, karena katanya standarnya minimal adalah $13 / jam. Ya, saya sih di kasi $10 / jam udah bersyukur banget. Dengan $10 / jam aja udah bisa makan daging, susu, telor. Belom lagi jajan2 yang lain karena di sini banyak makanan yang aneh2 dan beda dari di Indo. Hehehe... mungkin waktu di Indo udah biasa susah jadinya dikasi enak dikit udah seneng. Kalo di Indo beli makanan jepang rasa2nya kok mahal banget, tapi di sini harga nya malah sama kaya beli makanan indo. Waktu kerja di indo selalu makan siang di warteg yang sama dengan harga yang sama (Rp 5,000) selama 2 tahun dengan profesi kerja kantoran tapi di sini hampir semua makanan yang aneh2 dan mengundang selera harganya mirip2 dan aduh, beruntung banget sih, terjangkau sama gaji jadi tukang cuci piring dan OB.

Oya, balik ke rencana awal tujuan dari artikel ini adalah saya mau menginformasikan mengenai kerjaan yang saya dan istri lakukan di sini. Jadi jangan shock dengan profesi kami karena ada begitu banyak yang lebih jeglek lagi dari kami. Misalnya saja rata2 dari mereka adalah mahasiswa. Logikanya kalo sampe orangtua mereka bisa membiayai kuliah mereka sampai ke Australia, berarti mereka setidaknya masuk keluarga di atas rata2. Ada yang kuliah Teknik Sipil, Akuntansi, Bio Pangan, Kedokteran, bahkan ada yang sudah berprofesi sebagai Dokter sebelumnya.

Saya iseng selalu tanya setiap kali ada orang baru yang masuk, kuliah dimana? Jurusan apa? Apa kerjaan orang tuanya? Nah yang paling mengagetkan adalah ketika saya menanyakan kerjaan orang tua mereka. 95% orang tua mereka adalah pengusaha. Dari sekian banyak orang baru yang saya tanyai pekerjaan orang tua mereka, yang berprofesi sebagai karyawan baru 3 orang. Itupun posisinya mengejutkan. Ada yang General Manager di sebuah perusahaan asuransi ternama di Indo, yang kedua adalah Direktur Utama perusahaan asuransi ternama juga (beda perusahaan dengan yang pertama), yang ketiga bapaknya adalah pejabat negara (PNS) yang sering ditugaskan ke luar negeri. 

Udah beberapa kali setiap kali temen bertanya "Kerja apa di Ausie?" Setiap kali itu juga mereka bertanya lagi: “Masa sih?”, atau pertanyaan2 lainnya yang mengekspresikan ketidak-percayaan mereka, dari kerja kantoran sekarang jadi pelayan restoran. Kalau seandainya mereka menyaksikan sendiri di sini bahwa ada begitu banyak orang kaya yang mau bekerja jadi pelayan, mungkin mereka ga se-shock itu. Ada satu anak yang membuat saya benar2 shock waktu saya tanya berapa biaya kuliah kedokterannya di Melbourne University (Melbourne University dikenal sebagai universitas terbaik se-Asia Pasific). Jawabannya membuat saya ga bisa mikir itu duit didapet dari mana? Biaya kuliahnya per semester $20,000 (DUA PULUH RIBU DOLAR) membuat saya semakin yakin bahwa jadi karyawan ga akan pernah bisa bikin saya mempunyai kehidupan yang berkualitas. Bapaknya adalah pengusaha karet mentah yang luas kebun karetnya sampai berhektar-hektar.

Sekian sharing pengalaman kali ini. Kiranya memberikan manfaat dan  motivasi dalam menjalani hidup ini. Jika penasaran bagaimana saya bisa di Ausi, silahkan baca postingan ini:
http://god-must-be-crazy.blogspot.com.au/2015/05/bagaimana-saya-bisa-di-australia.html

Untuk info tentang Work and Holiday Visa di Australia bisa baca postingan saya yang satu ini mengenai syarat2 utamanya:

Atau jika anda sudah mendapatkan visa tersebut, anda bisa baca postingan saya berikut ini untuk panduan anda mencari kerja yang efektif dan efisien:

245 komentar:

1 – 200 dari 245   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Peter, akhirnya gw baca blog loe tntg es teler hahaha

Anonim mengatakan...

Halo mass...
salut gua bacanya.
saya juga baru sampe neh di asuie
cara cari kerja itu gimana ya???
bingung nih...
mohon pencerahannya >,<

By: temannya teman MC

Petter Sandjaya mengatakan...

"temannya teman MC", ini maksud nya Christoper bukan ya? Gampang kok, tinggal bikin aja resume (Curiculum Vitae atau biasa disingkat CV) terus kasi2in aja ke restoran2 yg pasang iklan "Need Staff". Kalo mereka tertarik dengan resume mu, mereka pasti telpon km. Easy peasy... Good luck

Anonim mengatakan...

hallo mas,....saya pingin buat perubahan keuangan,pingin kerja di ausi spt mas,...apa saja yg penting halal.tp saya buta sama sekali ttg cara dan syaratnya.mas kan sdh pernah jalanin,bs dong bagi infonya buat saya kalau tdk keberatan.makasih
aychen85@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

hi, ai chen... saya sudah jawab pertanyaan kamu ke email kamu minggu lalu. Sampe ga ya? kalo ga sampe saya ketik ulang di sini aja.

TONI mengatakan...

bang aku butuh info donk.. minta alamat emailnya ya? alamat email aku bangtoni5@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Info apa , ton? Aku ada bls k email mu untuk alamat emailku. Cek email y...

Anonim mengatakan...

mas blognya bagus banget ini yg sy cari2 slama ini mhn infonya mas,anak saya 18jan brngkt ke melborne unt kerja di kbn anggur memakai jasa agen dgn biaya cukup mahal bg kmi,dgn visa turis slm 6 bln apakah visa ini bsa diperpanjang disana mas? brp biayanya? bisa minta email nya mas? email saya mawangiwangi@gmail.com terimakasih

Petter Sandjaya mengatakan...

saya sudah balas ke email mbak di mawangiwangi@gmail.com, sampe ga ya mbak? Saya pribadi menganjurkan sebaiknya jangan deh kerja di kebun anggur, ataupun kebun2 yang lain, karena tersiksa sekali atau bahasa jawanya bilang 'nyoro'. Coba mbak nya baca artikel2 saya berikut2nya selain yang ini, siapa tau dapet inspirasi lebih lagi... Kelebihan kerja di kebun anggur ini adalah sudah pasti dapet kerjaan. Karena mereka butuh banyak orang, dan selalu butuh orang. Cuma perlu hati2 juga, kadang ada sidak (inspeksi dadakan) dari pemerintah ausie nya, dan kalo sampe anak mbak ketangkep ya, terpaksa deh dideportasi paksa ke Indo dan namanya masuk ke daftar hitam imigrasi ausie. Jadi besok2 kalo mo apply visa lagi, ga akan pernah dikabulin. Saran saya mendingan ikut WHV (Work and holiday visa), visa nya memang diperuntukan bagi mereka yang mo coba pengalaman kerja di ausie. Berlaku 1 tahun. Ga apa2, visa turis yang udah didapet dipake dulu aja, tapi kalo udah waktunya pulang, sebaiknya pulang, supaya bisa apply lagi dikemudian hari.

Kira2 menjawab pertanyaan mba nya ga ya?

batik tulis asli mengatakan...

terimakasih emailnya ke mawangiwangi (nama saya mawangi ambar legowo )anak saya laki2 usia 21 thn.sarannya sangat berguna bg sy,nnt klo visa dah habis sy srh plng saja.biaya yg saya keluarkan 50 jt,katanya anak sy msh dipotong gaji disana selama 3 bln 20 jt (sangat berat bagi kami),tgl 16 jan berangkat semoga bisa bertemu mas Petter...anak saya bernama Robert Legowo.Terimakasih Ya mas telah meluangkan waktu untuk saya....

Andre mengatakan...

tolong dong bagi2 info, agen yang bisa memberangkatkan kerja di perkebunan Australia, klw gak kirim ke andre_71tu@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Alow Andre, kalo agent yg cari org unt krj di perkebunan kbnyakan ada australianya dan kbnyakan dr mereka tidak akan mnanyakan km datang k ausie legal atau ilegal dan ga ada jg perjanjian gono gini spt kontrak krj. Yg pntg kl km mo krj ya lgsg aja krj kl mo brenti ya lgsg aja brenti. Intinya ga ribet lah. Cm permasalahannya adalah km mo pk visa apa ke australia? Agent saya cm ngurusin visa nya aja, krjaan nya cari sndri. Dan spt yg sudah saya paparkan di tulisan maupun beberapa komen di atas, sbaiknya ga usah deh krj di perkebunan. Km bisa dapetin gaji yg sm atau bahkan mgk lebih bsr dg krj di restoran. Gmn pnjelasan saya, mbingungkan ga?

Anonim mengatakan...

Mas, tolong share gimana mas bisa smpai ke Ausie. apakah dulunya memang sekolah disana sebelumnya?. saya dan teman saya cr2 info, dan mmg sempat hampir mau coba kerja yg dikebun tp krn ilegal jd kami ga berani. saya juga sempat searching dgn jalur ambil kursus,tapi karena saya sudah lulus SMA lbh dr 10thn katanya klo kursus ga bisa kecuali mau ambil S2.
yang mau saya tanyakan bagaiman cara mendapatkan visa holiday&work?. tolong diemail di lina_ggp@yahoo.com
terima kasih banyak

teknologilover mengatakan...

tolong alamat emailnya ya ke kickey_sweet@yahoo.com
untuk saat ini sih pertanyaan ku udah terjawab diatas tp sapatau pengen tanya lagi kan bisa lgsg email atau YM.
kalo pake BB pin BB kuw 2752bab4 . cuz suamiku ada rencana mau ke aussy. kerja perkebunan. pake visa turist. yah paling cuman itu soalnya ga bisa bahasa inggris.

kiki

oke tengkyuuu

teknologilover mengatakan...

dear ibu mawangi,

mahal banget ya bu biayanya segitu.
di daerah mana itu??
suamiku di tawari biaya 5 juta saja untuk visa tourist 6 bln dan tiket pesawat. tapi dipotong gaji selama 11 bulan per bulan 5jt. jd biayanya 55jt.
kemudian nanti di aussy ada yg jemput dan langsung di antarkan ke perkebunan.
selama masa potong gaji (11 bln) mess dan makan ditanggung dan dilindungi kalo ada sidak. (karena setelah 6 bulan jatohnya illegal)
tapi sesudah masa potong gaji makan dan tempat tinggal ditanggung sendiri.

Anonim mengatakan...

halo saya pengen ke aussie pake visa turis dan cari kerja di sana, kerja apa saja mau lah, oh ya klo kerja di kebun anggur sama di restoran bagusan mana ya dari segi sallary dan suasana kerjanya. boleh gak minta fb kamu atau email km.saya pengen share ttg kehidupan di aussie. thx. jojo

email : usa_prima2000@yahoo.com

Anonim mengatakan...

sama seperti yang lain,saya juga sangat ingin kerja di aussy,kerja apa saja ,apalagi kaya mas kerja di restorant,tapi yang mau saya tanyakan apakah usia mempengaruhi untuk dapat visa work and holiday,karena usiaku mau 40,dan minta tip atau masukan dari mas bagaimana cara bisa kerja di aussy sana,thks,ben. email : benk_kiani@yahoo.com

autumn leaves mengatakan...

Dear Mas Peter, senang sekali bisa nemu blognya mas peter, saya udh bacain setengah dari isi blog ini, berhubung masih di kantor jadi saya bagi 2 jadwalnya, jam 8-12 siang kerja, jam 1-4 saya browsing info working n holiday visa ke Ausie :) dan Blog mu adalah favorit ku sejak tadi pagi
( baru nemu sih yaa ^___^' )

saya ingin sekali jadi PR di negara lain selain Indo, td nya pingin ke Canada, tapi utk kerja disana mesti punya sertifikat dari negara lain *selain Indonesia dulu, misalnya jadi Caregiver, kl udh punya sertifikat dari Jepang, hongkong atau negara lain, baru bisa ngajuin di Canada, sebenarnya sy sudah pernah mencoba utk berangkat ke Korea, tp bahasanya Ampunnn-____-' saya sempet ikut ujian KLPT ( semacam TOEFL ) ke korea namun gagal, lembaga kursus saya juga menawarkan ikut program nurse ke Jepang, tp lagi2 memikirkan utk belajar hiragana, takakana, dan kanji, saya teringat saat saya belajar tulis Hangeul ( kanji korea ), yang sungguh menyiksa jiwa raga,saya berfikir, alangkah baiknya kl saya mencoba ke negara yang berbahasa inggris saja, meski bahasa inggris saya pun belepotan

saat ini saya masih ngantor sebagai sekretaris di salah satu Perusahaan Asing, PMA Swedia, bos saya sendiri org Swedia, dan hanya dtg ke jakarta setiap 3 bulan sekali.

impian saya tidak pernah berubah sejak kelas 1 SMK, berawal dari cerita mama sahabat saya yg kerja di Taiwan sebagai Caregiver, sampai hari ini, mimpi saya masih sama..

btw, ngoceh2 gajebo ini jadinya, saya mau tanya,,untuk AGENT yang mas Peter sebut diatas |^|
( agent pengurusan visa, apakah akan di jamin berangkat yaahh)

saya mau donggggg tau lebih lanjut prosedur kl pake Agent nya mas Peter :( . rencana nya saya mau berangkat Tahun depan, kalo ga ada halangan dan isi Rekening sudah memenuhi syarat kedutaan Ausie

saya ingin berangkat berdua dengan calon suami saya, yang akan jadi suami saya per tanggal 7 Julli 2012 ini :D )namanya mas Bagus, orang Jogjakarta

mohon bimbingannya Mastahhhh

terima kasih banyak

salam,_/|\_

Wulandari Sri

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Petter Sandjaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Petter Sandjaya mengatakan...

Alow, Ben,
Maaf, baru balas. Iya usia memang sangat mempengaruhi. Saya kurang tau usia 40 kira2 sebaiknya pake visa apa. Mungkin bisa ditanyakan ke agent kenalan mas nya. Tapi kalo seandainya mas punya modal, coba aja berbisnis di ausie, jadi bisa dapet business visa. Dalam 5 tahun kalo bisnisnya berkembang otomatis dari Business visa berubah jadi Permanent Resident

Petter Sandjaya mengatakan...

alow, Jojo saya ada balas ke email mu tanggal 24 April. di cek ya.

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo, mba Sri, bagus sekali masih menjaga mimpinya tetap hidup hingga kini. Jarang ada orang Indonesia yang punya keinginan begitu kuat dan menjaganya tetap hidup walaupun belum terwujud. Yang ada kalo impian mereka lama tak terwujud, mereka akan segera melupakan mimpi mereka dan semakin yakin kalo diri mereka ga mampu menggapai mimpi itu. Mimpi tinggal mimpi.

mengenai agency, iya agent yang saya pakai agen resmi. agen yang memberangkatkan saya untuk WHV dan dapetin PR Ausie. kalo memang tertarik ikut WHV mending cari info nya langsung ke agen, infonya lebih akurat & update.

Boleh minta email nya mba? biar ngobrolnya lebih jelas...

ita mengatakan...

Selamat malam mas,

Alhamdulilah akhirnya saya menemukan blog ini, banyak yang mau saya tanyakan mas, rencana saya bulan agustus akan berangkat ke aussie bekerja di pekerbunan anggur victoria melbourne dengan gaji 2000$aus/bulan, dan ada biaya 30juta dipotong selama 10 bulan. Dapat mess dan makan 3x sehari. Katanya ini legal karena ada surat dari KBRI, dan kontrak untuk 2 tahun.
Yang ingin saya tanyakan ;
1. Kira2 dengan gaji segitu saya ingin saving rp.13jt/ bulan bisa ngga ya?
2. bagaimana kehidupan disana
3. kalau saya hidup irit (uang hanya untuk keperluan sehari2 saja seperti mencuci baju) cukup ga ya?
4. bagaimana cara mengurus visa dan visa apa?
5. kalau tinggal disana apakah saya harus punya tabungan terlebih dahulu sebagai syarat pengajuan visa, jika iya sekitar berapa?

Mohon dibalas ke itamasita@hotmail.com

terima kasih

Petter Sandjaya mengatakan...

Salam kenal mba Ita. Saya sudah krim email ke email mba. Di cek ya

Unknown mengatakan...

Seneng juga baca suka duka merantau ke negeri yang banyak Imigrant nya. Mohon info alamat agen yang mengurus working holiday visa untuk ke Australia nya ke email : spencerpsiregar@yahoo.co.id; kerja di Australia rata-rata bisa nabung berapa sebulannya (Total penghasilan dikurangi Biaya hidup) mohon infonya ya. Terima kasih infonya.

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo salam kenal, saya udah balas ke emailnya. Dicek ya...

Anonim mengatakan...

artikel yg sgt membantu.. , mas saya ada rencana ke aussy akhir tahun tapi lewat kuala lumpur.. agen dibatam. kerja diperkebunan biaya 20jt, subsidi / bayar separoh(10jt) sisanya potong gaji. kalo di ausy kirim uang ke indo gimana ya... kan kerja di perkebunan tuh, coz jauh dari kota.. tolong info & bantuannya... terus solusi misal ga betah di perkebunan apa dengan mudah bisa ke kota, cari kerja dikota gitu?? tolong share ya... n' emang bisa ga ya tourist visa jadi visa kerja ..(ga yakin) thanks (di2t_0707@yahoo.com)

Petter Sandjaya mengatakan...

Alow Didit, saya udah balas. Cek email ya.

Arynaila mengatakan...

Halo mas

Seneng baca pengalaman mas kerja di luar negri, kebetulan Adik saya yang lelaki mau kerja di Aussie, bisa tau gmn caranya, persyaratan, info agen yg bagus, tempat tinggal dan lain sbagainya mohon di bantu ya mas, reply by email saya ya nailanihal@yahoo.com

Makasi banyak ya mas,
Naila

Unknown mengatakan...

mas saya ada rencana kerja di aussy, menurut mas yg lebih enak pake visa apa...? dan sekitar biaya berapa...?
balas ke email ya....
waone.drive@gmail.com
trim's...

Petter Sandjaya mengatakan...

Udah saya balas ke emailnya. Dicek ya...

rize1001 mengatakan...

mas seneng banget bisa baca di blog ini,,bermanfaat banget bagi saya..
saya pengen banget kerja aussie..minta bimbingannya mas..
email saya rize_1001@yahoo.co.id
trima kasih banyak mas..

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email yach...

Anonim mengatakan...

sore mas,,, Seneng bgt baca pengalaman mas kerja di luar negri, kebetulan saya ada rencana mau kerja di Aussie, bisa tau gmn caranya, persyaratan, info agen yg bagus, tempat tinggal dan lain sbagainya mohon di bantu ya mas, reply by email saya ya zn_gg76@yahoo.com

Thanks
Didi

Petter Sandjaya mengatakan...

Udah saya balas, cek email ya.

sinn mengatakan...

Artikelnya asik :) Saya nemu artikel ini dr google setelah mendapat tawaran bekerja di perkebunan buah di oz dr sebuah agen.

Terus terang tawarannya sangat menarik, tp saya takut tertipu :D

Mohon sudi diberi pencerahan. Thanks.
sinn_unicorn@yahoo.com

Anonim mengatakan...

saya juga donk mas,minta bimbinganya :D

buonafortuna.harry@gmail.com


salam,,harry :D

Petter Sandjaya mengatakan...

cek email ya...

Anonim mengatakan...

Dear admin,
Saya berkeinginan unk bekerja ke luarnegeri tp smp skrg blm menemukan teman atau keluarga yg berada di tggl Di negara tsb. Brgkt melalui agen biayanya mahal bgt . Mhon infonya ke email saya yunita0406@yahoo.com

Thanks

Scholastova mengatakan...

Alhamdulillah akhirnya dapat juga website yang informatif dan admin yang sangat peduli. Mas, saya tertarik untuk bekerja di Aussy. Saya lulusan S1 tapi willing to work anything. Bisa tolong bantu saya? Terima kasih sekali kalo berkenan, email saya di scholastova@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Anonim mengatakan...

saya lulusan ekonomi S1, umur 32, kira kira kerja diperkebunan, agen yg bisa dipercaya apa?(klo bisa ada ngak yg sistem potong gaji) saya sangat butuh informasinya.mohon dibantu, I really want work in oz, email saya muhammadrahadian90@yahoo.com, sebelumya saya ucapakan terima kasih

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Anonim mengatakan...

Halo
Blog ini sungguh sangat membantu

Nama saya indrawan,
Saya ada tanggal 25 september ini terbang ke ausie pakai visa turis,
Maksudsaya berdiskusi di blog ini saya mau bertanya kerja perkebunan di australia, tapi saya minta petunjuk nya ya mas peter, skalian kalau ada pihak perkebunan yang menjamin saya tidak di deportasi seperti kata mbak teknogolylover

Bisa minta saran nya..
Email sy yah mas
Zerglinker@yahoo.com

Anonim mengatakan...

salam mas peter... ada kata mas yang menarik dan saya selalu pegang namun kadang terlepas (hehe...) nih "bagus sekali masih menjaga mimpinya tetap hidup hingga kini. Jarang ada orang Indonesia yang punya keinginan begitu kuat dan menjaganya tetap hidup walaupun belum terwujud. Yang ada kalo impian mereka lama tak terwujud, mereka akan segera melupakan mimpi mereka dan semakin yakin kalo diri mereka ga mampu menggapai mimpi itu. Mimpi tinggal mimpi."
itu yg saya rasakan mas, kayaknya mimpi tinggal mimpi...namun membaca blog-nya mas ... aku jadi pengin mimpi lagi dan menjaganya... namun usiaku sudah gak muda lagi deh... dan gk punya modal...apakah masih mungkin ke Oz ya... untuk bahasa saya bisalah dikit-dikit...tolong dong mas>>agus.solihun@yahoo.com

Anonim mengatakan...

hallo mas..waktu itu saya sudah sempat email, boleh tanya mas, agen resmi yang memberangkatkan mas nama,kantor,alamat..saya mau tanya lebih jelas mas. saya berminat kerja diluar negeri tolong dibales ke itamasita@hotmail.com ya mas. makasih

Anonim mengatakan...

Hallo mas, minta infonya. nama saya alfian dan tinggal di jawa barat. terus terang saya tertarik dan memang cita2/mimpi bekerja di aussie. pekerjaan apa saja boleh meskipun jadi cleaner dan bahasa inggris lumyan gak kaku2 amat. yang mau saya tanya agen resmi yang tepat, cara yang aman berangkat kesana, dan perkiraan biaya yang harus disiapkan? infonya kirimkan ke alfian_rusdi@yahoo.com terima kasih salam sukses

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Fahmi mengatakan...

buat ngisi pengalaman hidup sih emang enak, bisa liburan keliling aussie selama setahun. tapi buat taun ini katanya visa WHV masih ngambang yah, mou antara indonesia sama aussie masih blon ditanda tangani gt -_-, saya mau coba buat taun depan. itung2 nambah pengalaman sama ngelancarin bahasa inggris

Anonim mengatakan...

mas peter,
tolong donk info lebih detail untuk kerja di aussie.
soalnya gua rada ragu" sih..
soalnya sekarng banyak yang namanya modus penipuan.
sekilas kepastian
please reply di email saya ya!!
Luis_jq@yahoo.com
thanks a lot

Unknown mengatakan...

Blognya sangat bermanfaat mas, terutama buat kita2 yg memang ingin mencoba merubah nasib ke aussey, mas bs bantu alamat2 agency yg terpercaya utk brgkatkan? Soalnya sy ada yg tawarin byr 5 jt dan potong gaji 11 bln sebesar 5 jt, mess dan mkn ditanggung, tp sy ingin pencerahan dari mas peter, email sy alfa_alwiefa@yahoo.co.id mksh bnyk sblmnya

Kerajinan Bali Murah mengatakan...

malam mas....maaf ganggu
mohon info agen yg mengurus visa nya mas peter

tolong di bales ya: aagede78@gmail.com

makasi banyak

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Anonim mengatakan...

Hi Mas Petter dan teman - teman, senang bisa baca blog ini. saya mau kerja dan tinggal di aussie seperti mas Petter dan teman2 yang lain. Mohon informasi untuk pengurusan visa, agent dan hal2 lainnya.
tolong email ke b4by_pink23@yahoo.com

salam kenal & terima kasih


Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Slamat kenal mas petter, saya sangat senang dngan blog anda mengenai info kehidupan kerja di oztrali.Mohon informasinya dimana dan bagaimana bisa bekerja dngan visa tourist, trimakasih salam hangat dari saya Petrus S.
email saya pt_arto@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya Mas...

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

erik tri septiadi mengatakan...

akhirnya ada seseorang yang mau berbagi pengalaman dinegri orang, setidaknya bisa menambah wawasan kita sebelum berangkat ke australia. mas terus terang saya sangat tertarik bekerja di situ apapaun profesinya,yang jadi kendala adalah faktor financial dan keuangan saya. bisa nggak mas bantu kasih solusi buat saya supaya bisa berangkat walaupun potong gaji. mohon di emailkan persyaratan untuk documen dan ketentuan lainnya ke erix4art@gmail.com ,

Anonim mengatakan...

Selamat malam mas....
Saya dani umur 41 tahun inget mencoba mencari pekerjaan di Ausie,,,,
Minta infonya mas...cara,syarat dan agent yang bisa saya hubungi,,,
Terima kasih email saya danie_southjkt@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Boleh lah bisa dong ikutan bisa minta no agenya

Petter Sandjaya mengatakan...

cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Maaf sebelumnya Mas Maman, saya tidak bisa memberikan info tentang agen karena pihak agen meminta untuk memberikan daftar aplikan yang memenuhi syarat. Berhubung saya belum tau apakah mas Maman memenuhi syarat atau tidak, coba Mas Maman klik Link di akhir artikel di atas. Link tersebut tentang salah satu visa yang bisa digunakan untuk bekerja di ausi, siapa tau mas Maman memenuhi syarat...

Anonim mengatakan...

Selamat siang mas....terima kasih jawabannya seblm nya saya cerita sedikit...awalnya saya melihat ada peluang untuk berkerja sebagai Harvester (Potato, Brocolly) di Launceston melalui salah satu agent....dan saya ingin sekali ikut bergabung menurut mas gimana...?

ohya gaji yg di tawarkan : AUD 18/hrSeasonal=AUD3600

thks mas....

Unknown mengatakan...

mas peter,
tolong donk info lebih detail untuk kerja di aussie.
soalnya gua rada ragu" sih..
soalnya sekarng banyak yang namanya modus penipuan.
sekilas kepastian
please reply di email di fumawan123@yahoo.com
thanks a lot

Petter Sandjaya mengatakan...

Launceston? sptinya bukan di Melbourne ya mas? Launceston kayanya di Tasmania, pulau di selatan Australia. Suhu nya lebih dingin dibanding ausi dan penduduknya lebih rasis, terutama terhadap Asian, karena di sana jarang ada Asian.

$18 sih standar, permasalahannya saya kurang tau apakah agent mas ini beneran atau nipu. Yg saya tau agent dari Indo yang memberangkatkan aplikan ke ausi untuk kerja di kebun, biasanya diberangkatkan dengan Turist Visa, artinya mas ga boleh kerja di ausi. Kalo sampe ketahuan kerja, akan dideportasi/dipenjara.

Biasanya sistem mereka adalah potong gaji selama 1 tahun. Padahal turist visa hny berlaku 3bln.

saran saya sih sebaiknya jangan, karena itu ilegal. Nama mas akan masuk daftar hitam ausi dan ga akan pernah bisa masuk ausi lagi.

Petter Sandjaya mengatakan...

cek email ya

Anonim mengatakan...

mas sy salah satu aplikan whv waiting list..sy udah baca semua artikel mas n coba email ke mas tp kok lum dapat jawaban.sy rencana berangkat dengan suami n umur kita skrg sama2 30 tahun.

reply di email saya mynenk_ctk@yahoo.com
thanks a lot ya mas

Anonim mengatakan...

akhirnya saya nemuin blog mas petter ...salam kenal dari saya .nama saya farisi umur 30 tahun.skrg status saya sudah menikah tepatnya 4 bulan yg lalu,
begini mas...saya punya saudara ipar yg tinggal didarwin dan dia kewarganegaraan darwin..tepatnya dia menikah dengan kakak saya 1 nopember lalu..nah ceritanya dia nawarin saya dan istri utk kerja disana n istri saya juga udah pelajarin semua tuh ttg whv n dari berapa bulan lalu udah persiapin semua syarat2nya..tinggal ielts tes saja neh bulan depan.semua hal diaustralia ntar dihandle saya punya kk ipar gitu rencananya.btw anyway busway...yg mau saya tanyakan gimana neh dengan umur saya n istri...???karena baca blog sampean ini mata saya n istri jadi keblinger pengen cepetan berangkat n hunting pengalaman..karena kita udah jenuh tinggal di indonesia yang birokrasinya minta ampun ruwetnya..padahal sy sendiri kerja dipemerintahan tp belum jelas mas jadi mending saya cari pengalaman sekalian cari duit n capa tau bisa berhasil kayak mas petter sekarang...mohon bimbingannya ya mas.makasih

reply ke email saya farisifajar@ymail.com

Anonim mengatakan...

mas,umur saya 32 thn,ijazah terakhir saya sma.bs tdk sy berkerja diaustralia?

Anonim mengatakan...

mas,umur saya 32 tahun,ijazah terakhir saya sma.bisa tdk sy berkerja dsna?
reply diemail sy ymas jakfaralidin@yahoo.com
thnks...

Anonim mengatakan...

Mas, mau infonya juga dunk buat PR disana.. Katanya sekarang susah? Boleh kirim ke email saya? audi_cla@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Unknown mengatakan...

Hai peter mau nanya dong...gimana caranya yah dari visa WHV terus lanjut jadi PR? apa kamu sekolah/kursus disana or based work experience? kenalin aku juga WHV angkatan 2010... bangga juga diangkatan aku ternyata ada yg sampe dpt PR disana :D sukses dan sehat2 sekeluarga..

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo Anita, sori br bls. Aku sebelum WHV udah apply PR dulu. WHV cm unt menunggu PR nya di approve...

Renda Mayangda Putri mengatakan...

mas petter saya mau nanya soal info kerja di aussie nih, alamat email saya rmayangda@yahoo.co.id
thanks

Unknown mengatakan...

berguna bnget infonya mas, salam sukses n sehat slalu ya.
sya jg ada rencana kerja ke Aussie deket" ini untuk bekerja di perkebunan, tp biayanya mahal bnget 70jttp pke Visa Holiday, yg mau sya tanyakan brpa lama biasanya Visa Holiday berlaku? dan bagaimana caranya mendapatkan Visa work & Holiday? dan Permanent Residence?
Trimakasi sebelumnya.
e-mail : gusdeddy123@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

ajust182 mengatakan...

Selamat siang pak, saya dan saudara saya berencana untuk merantau ke ausie., saya mohon infonya donk, step2 untuk berangkat ke ausie dari indonesia karena sekarang ini banyak sekali agen2 yang menipu.,
saya sudah baca2 tentang visa jenis work and holiday visa, yang mau saya tanyakan juga apakah lebih baik mengurus visanya lewat agen atau saya apply sendiri saja langsung ke kedubes australia?
o iya, saya juga butuh info untuk biaya untuk kami berdua hidup di ausie sampai memperoleh pekerjaan.
email saya : ajust182@gmail.com

terima kasih sebelumnya.,

Petter Sandjaya mengatakan...

cek email ya...

Unknown mengatakan...

siang mas peter..
salam kenal..
saya jg punya rencana merantau ke ausie sama istri.. boleh jg saya dikirimi infonya.. agen resmi da syaratnya.. serta kira2 kbutuhan hidup disana.. email saya denisopratantyo@gmail.com

terima kasih sebelumnya..

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Yuristika Tirta mengatakan...

Mas Peter, saya Tirta 22th lulusan S1 hukum yang ingin mencari pekerjaan di restoran Australi sekaligus liburan tanpa harus merepotkan orangtua. Saya masih agak bingung dengan sistem jaminan dan tmpt tinggal disana. Kalo berkenan boleh email saya di tirta.rivai@yahoo.com. Terima kasih banyak sebelumnya. :)

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Anonim mengatakan...

salam pak peter,saya irul 31 thn.saya lulusan STM.saya ingin mencari pekerjaan di australia.di pabrik,atau restoran,atau lainnya...biaya yg dibuthkan brp ya,punya info agent yg mau sistem potong gaji?,prosedurnya apa aja,step2nya gmn...bisa share info nya.email saya : anima_230606@yahoo.com ,terima kasih

Petter Sandjaya mengatakan...

Maaf Irul, saya ga ada kenalan agen dg sistem potong gaji.

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas peter..
Saya rudy 35 thn, saya pengen bgt kerja di ausi, kira2 seumur sya masih bisa ga ya,? mohon share info agennya, kira2 yang di jatim ato bali ada ga ya? Ini email saya irudyanto@ gmail.com

Terima kasih banyak sebelumnya.

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

senyum mengatakan...

ko petter salam kenal... mohon info agen yang aman.. dan apa saja yg mesti di siapin untuk kerja di perkebunan...mhn dibantu adrie999@gmail.com.. terimakasih

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

hari bero mengatakan...

mas peter aku hari mau tanya..kalau kerja di ausie kira2 membutuhkan dana berapa ya..??apakah mudah disana mendapatkan pekarjaan mas..saya pengen banget bisa kerja di ausie..tp saya kurang percaya sama agen2 yg pernah menawarkan jasanya pada saya..setelah difikir2 kok beda jauh sama artikel yg mas peter buat.tolong bantuanya mas..??terimakasih...

kirim ke email saya ya mas... haribero91@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Junaidi mengatakan...

hy there, ur blog is very interesting haha ^^

im 21 yo and find out your blog is kinda attractive to me, :P.. some people choose to work in an office, but they are not free.. some choose the freedom like you :)

hope we can chat sometimes through email yu_hao26@hotmail.com

Anonim mengatakan...

Hai mas peter,

Aku berminat sekali untuk bekerja di Aussie,dgn tujuan pengalaman yg baru,umurku 23 tahun!lulusan sma dan msh bekerja sbg cost control dan sambil kuliah udah smt 4,tp aku pgn kerja disana dulu dan cuti kuliah!

Mohon segala info ttg bekerja di aussie,mulai dr visa,agent,biaya utk berangkat kesana dll!ke email aku ayudyaloka@gmail.com

Makasih bgt mas God bless you ^^

Muhammad Yasir Anhar mengatakan...

mas, saya juga tertarik kerja disana..kasih tahu tata cara dan visanya y? dah bosen juga kerja di indonesia tetep aja makan diwarteg walau dah 12 tahun juga..email saya: muhammadyasiranhar@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Unknown mengatakan...

Permisi kak Petter, boleh minta informasi nama agen yg kakak pakai untuk apply PR? Terima kasih sebelumnya, klo boleh dibalas ke email saya di kakuzat0@yahoo.co.id

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Anonim mengatakan...

pak peter, salam kenal. sy wawan di bali. mau tanya nih...kok sekarang lg marak orang/agen nawarin kerja kebun ke ausie, padahal pake visa tourist!! mahar nya gede lagi, aman gak sih pak?? lalu bisa gak ya surf cari2 sendiri ke sana ( maksudnya, datang langsung ke ausie jd touris sendiri gitu) kan lebih irit?? mohon pencerahannya pak, ni email saya: driver.bali1@gmail.com Thaks berat pak peter...

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

samsul mengatakan...

Salam mas peter...
Skrg ini saya ada yg nawarin kerja di aussie, cm dikebun anggur. Namun setelah membaca artikel mas peter, spertinya pekerjaannya memang cukup berat. Padahal saya ingin sekali kerja di aussie dan mudah2an bisa merubah nasib. Bekerja di restoran sepertinya cukup menarik buat saya, namun kendala saya saat ini yaitu penguasaan bahasa inggris yg belum cukup baik.
Dengan segala hormat mungkin mas peter bisa berbagi info agent, serta penempatan kerja direstorannya untuk saya.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Email: cowboy_jalu@yahoo.com

Anonim mengatakan...

halo mas bro saya ari,saya ditawarin kerja di aussi di penggalangan kapal,mau tanya apakah perusahaan itu fiktif atow memang ada,saya bingung antara penipuan ato bukan soalnya belum ada pengalaman.dan cara kerja disana itu gimana
mohon sarannya,trima kasih


Email :Arie_blackmetal@yahoo.co.id

Petter Sandjaya mengatakan...

Mas Samsul dan mas Ari, cek email ya...

Lydia Lee mengatakan...

halo kak, saya juga lagi nyari2 agen gtu sih yg bisa bantu buat kerja di aussie. kk bs tlg emailin info2 sprt agennya gtu. scr detail deh. tapi tdk ma yg sistem potong gaji kak. tlg ya kirim ke email aku lydia.khunie@gmail.com thanks a lot bro ^^

Unknown mengatakan...

Met malam kak....mohon informasi job kerja di ausie...saya dpt visa dan tinggal brgkt minggu ini....ym lisa_lmg@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Malem, mohon info buat visa dan cara cari kerja di sana yah...
Blog di atas cukup membantu

mvp_launcher@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Lydia, Prada, dan Chandra, cek email ya...

L' SeMud (Lhokseumawe Seniman Muda) mengatakan...

mas .
minta tolong untuk penjelasan cara dapat kerja disana .
untuk dapat visa kerja gimana ya caranya ??

email : dhera.everlasting@gmail.com

Unknown mengatakan...

mas petter sy mau tlg minta cara apply visa touris dan berangkat ke ausie lbih baik nya lewat mana? krn sy kwatir kmarin sy hbis ketipu agen kerja ke new zealand, dan sy belum pernah kerja ke ausie terima kasih.

Petter Sandjaya mengatakan...

Visa turis sebenernya bisa apply sendiri, ga perlu lewat agen, krn syaratnya lebih mudah ketimbang visa2 yg lain. Apa saja syaratnya bs ditanyakan ke Kedubes Australia. Ditelpon aja, cari no telp nya di Google...

Unknown mengatakan...

hai peter :)
saya mau bertanya dan minta pendapatnya..
nama saya chandra, punya pengalaman kerja di kpl pesiar sm hotel bintang lima di bali. Apakah saya bisa bekerja untuk casino/hotel di ausie dgn visa working holiday? atau minimal di mcd or kfc. mohon infonya yah ^ ^
note; email saya -- ritzcanz88@gmail.com

Thanks so much Peter :D

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Franky Morrise mengatakan...

ko peter, saya franky umur 24 tahun ini dan berencana mau kerja di oz, kalau bisa sih 5-10 tahun, karena saya udah jenuh dengan sistem kehidupan di indonesia ini, saya sedang menyelesaikan paket C, karena dulu ortu pisah jadi mau ga mau harus putus sekolah...
latar belakang kerjaku lumayan banyak, saya asli dari kota Tanjungpinang, Kepri, fasih bahasa mandarin dan Singlish, bisa bahasa dialek hokkien dan teochew, latar belakang kerja ku pernah kerja di salon(mundur karena merasa tidak cocok di dunia tersebut), pernah kerja di kapal kasino sebagai rolling boy/ customer care service, dan sekarang sudah 2 tahun lebih kerja di perusahaan tambang yang bersifat "broker international(indo-china)", dan masih aktif kerja disini sebagai karyawan tetap, tapi tetap saja saya ingin menginjakkan kaki saya ke negara lain semasih saya masih muda dan masih memiliki kesempatan untuk berkelana.
mohon bimbingannya ko peter
email saya = fix.vallen@gmail.com
tapi saya berharap ko peter juga membalas di sini biar yang lain juga bisa membaca saran dan tips dari ko peter.
thanks
semoga bisa ketemu kelak di Oz yah ^^
God Bless

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Franky Morrise mengatakan...

ermmm...
maksud saya, langkah pertama yang harus saya lakukan apa yah?
apakah ikut agen / lowongan pekerjaan di kebun itu rekomended untuk kondisi saya?
tidak memiliki ijazah kuliah...
namun memiliki bbrp pengalaman, dan apakah visa 6 bulan bisa di perpanjang lagi ketika kita di OZ?
saya akan kirim CV saya ke email ko peter, cmn berharap ko peter bisa memberi saran bagaimana prosedur kalau mau berangkat dri jakarta sampe ke OZ yang di mulai dari sbuah "Niat"
thanks, God Bless ^^

Unknown mengatakan...

halo peter

peter kamu pernah kerja jadi ob dan cleaning service ya..
apa itu membutuhkan syarat lebih misalnya pendidikan minimal harus s1 atau lebih?
saya berencana pergi ke melbourne tgl 15 ini tadinya sya niat untuk bekerja ilegal disana...
tapi saya ingin menanyakan pendapat peter dulu..
(saya tahu mengenai resikonya kerja ilegal)
apabila visa turis saya sudah hbs jangka waktunya (dan sya menjadi pekerja ilegal) ,
apabisa saya menggunakan uang untuk menjadi legal disana?
dan apa ada yang mo mempekerjakan saya yg ilegal?
(masalah dapat upah minim pun saya gak masalah karena saya sadar saya ilegal)

EnA's Shop mengatakan...

hai peter..
sayaa may Tanya ttg krja disn, says pny CC di mElb n sudah PR. mnt infonya ya.. TX JBu

ayim_jazz@Hotmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

OB trmasuk casual job di oz, sm spt waiter/tress, ga butuh ijazah, yg pnting bs krj. Bahkan walaupun km ilegal.

Walaupun visa km blm habis & km bekerja di oz, itu sudah ilegal sbnrnya. Krn visa turis ga blh dipergunakan unt mndptkan pnghasilan di oz.

Mksdnya pk uang, nyogok gitu? Sgt sdikit ptugas yg bs disogok, bhkan hampir tidak ada. Tp km bs pk uang buat mnikah dgn org oz unt mdptkan PR. Bbrp dr mrk ada yg menawarkan unt bisnis spt itu. Stl km dpt PR nya, cerai deh.

Unknown mengatakan...

ko petter tanya nih skr apa masi kerja di ausy??? udah berapa lama stay di ausy? kalo kita baru mau kerja di ausy kebetulan jobnya juga di kebun emang seberat testi yang di post itu? tolong info ko
balas di sini ya
soalnya bbrapa bulan kdpn akan brngkt dgn job seperti di atas yg saya sampaikan td, soalnya ini perjalanan pertama x_x
chortjr@gmail.com
makasih

Anonim mengatakan...

Selamat malam mas,

Akhirnya saya menemukan blog ini, banyak yang mau saya tanyakan mas, rencana saya bulan agustus akan berangkat ke aussie bekerja di pekerbunan anggur victoria melbourne dengan gaji 2000$aus/bulan, dan ada biaya 30juta dipotong selama 10 bulan. Dapat mess dan makan 3x sehari. Katanya ini legal karena ada surat dari KBRI, dan kontrak untuk 2 tahun.
Yang ingin saya tanyakan ;
1. Kira2 dengan gaji segitu saya ingin saving rp.13jt/ bulan bisa ngga ya?
2. bagaimana kehidupan disana
3. kalau saya hidup irit (uang hanya untuk keperluan sehari2 saja seperti mencuci baju) cukup ga ya?
4. bagaimana cara mengurus visa dan visa apa?
5. kalau tinggal disana apakah saya harus punya tabungan terlebih dahulu sebagai syarat pengajuan visa, jika iya sekitar berapa?

Mohon dibalas ke : Henry_dj@rocketmail.com

terima kasih

Unknown mengatakan...

salam mas petter...
saya jg mau dunk info dapatkan visa ke ausie gimana ya?
trus biaya pengurusannya nyampe berapaan?
mohon di reply donk mas.
email saya r.sirikit@yahoo.co.id

Petter Sandjaya mengatakan...

Unt kalian bertiga di atas, cek email ya...
Dan unt semua pembaca, kalo mmg trtarik apply visa silahkan klik link yg sudah saya cantumkan di artikelnya untuk mengetahui syarat2nya

Terimakasih

Petter

pulau tidung mengatakan...

cerinya bagus dan menginsipasi bagi saya yang hanya seorang karyaan kantor.Ternyata orang yang bekerja di luar negeri ga semunya punya cerita yang bisa di bagikan

mas ilham mengatakan...

setelah membaca blog ini saya sangat faham..syukur dan terimakasih atas segala informasinya..

zhee mengatakan...

Permisi saya zhee sy mo tanya donk mas agen yg bs membrgktkan dg visa work n holiday? Sebab ditempat saya cukup mahal. Thx bisa inbox ke saya netaprizzy88@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

christophervincent mengatakan...

permisi, saya christopher sy mw tanya donk ko mengenai agen yg bs membrgktkan dg visa work n holiday? Sebab ditempat saya cukup mahal.
selain itu saya blm memliki pengalaman bekera. mungkin dengan bekerja di ausi sy dpt memiliki khidupan yang lebih baik karna bekerja di jkt sudah ga memungkinkan utk bisa maju. usia sy 21 thn. tolong dibantu infonya ko. email sy christophervincent338@yahoo.com
trimakasih, GBU..

Anonim mengatakan...

salam kenalmas peter,...
aku minat banget dapat WHV dan PR seperti mas peter. kira-kira kalau usiaku 36 tahun masih bisa nggak ya?
seandainya ada agent yang bisa bantu tolong dikonfirmasi. kalau boleh tolong minta info alamat dan no phone agen yang memproses mas peter dulu. barangkali agent tersebut bisa bantu menguruskan visa yang khusus untuk bekerja. saya punya sedikit experience di dunia project dan welding kurang lebih 5 tahun di taiwan dan korea. sapa tahu mas peter bisa bantu kasih informasi agen yang bisa memproseskan semua kebutuhan visa. thx .sebelumnya. email: regan_nanditama@ymail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

@Christopervincent:
Info agen blm bs saya kasi sblm memastikan km memenuhi syarat spt yg sy cantumkan di link. Silahkan krm CV & ijazah km dulu k email sy biar sy cek

@regan:
Unt WHV ga memenuhi syarat. Unt PR silahkan dicoba krn PR ga ada batasan umur asalkan anda mempunyai skill yg berkualitas yg dibutuhkan Ausi. Visa kerja ga bs di apply sblm anda dpt sponsor dr perusahaan yg mau memperkerjakan anda.

bantenghitam4 mengatakan...

Isi blognya sangat membantu sekali. Perkenalkan saya Hendra, 45 th, pendidikan D-III, ingin kerja apa saja di Australia. Sobat Peter apakah saya masih ada harapan ? Apa, siapa dan bagaimana saya mohon bantuan sobat Peter. Terima kasih. Email : bantenghitam4@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cel email ya

Anonim mengatakan...

mas peter, saya dulu pernah tinggal di aussie selama 6 tahun, saya ingin kembali lagi ke aussie,saya ingin bertanya tentang visa study sama visa kerja,saya juga ingin kerja di aussie, kerja apa saja gak masalah

mohon bantuan infonya mas

whiteangelindo@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

mas peter, saya dulu pernah tinggal di aussie selama 6 tahun, saya ingin kembali lagi ke aussie,saya ingin bertanya tentang sistim visa study sama visa kerja yang sekarang,saya juga ingin kerja di aussie, kerja apa saja gak masalah

mohon bantuan infonya mas

whiteangelindo@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

hallo mas, saya mau tanya. mas dan istri pertama sampai ke aussie bagaimana? apakah memang sekolah di sana atau memang ingin bekerja di sana? apakah sulit mendapatkan visa ke aussie? visa turis atau langsung visa kerja yang di ambil apabila ingin mencoba kerja di sana? mohon info nya untuk pekerjaan dll karena saya ingin mencoba pekerjaan di sana. email saya gavrilabelinda@gmail.com terimakasih sebelum nya

Melophim mengatakan...

Hii.. blh mnt info2 nya kak? :)
Ini email ku melani_2589@yahoo.co.id
Thank u en Gbu..

Melophim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Seneng juga baca suka duka merantau ke negeri yang banyak Imigrant nya. Mohon info alamat agen yang mengurus working holiday visa untuk ke Australia nya ke email : ristaliar@gmail.com; kerja di Australia rata-rata bisa nabung berapa sebulannya (Total penghasilan dikurangi Biaya hidup) mohon infonya ya. Terima kasih infonya.

Anonim mengatakan...

salam mas Peter,

Mohon bantuannya untuk agen untuk whv dan untuk PRnya, ini email saya yah mas :

eve_marsman@yahoo.com

Makasih

Anonim mengatakan...

hallo mas.. semoga masih eksis disini ya dan bales postingan komentar ku,,, kira2 budget yg hrus dikeluarkan brp ya mas? saya tertarik tuh walau kerja di resto gtu, saya udah baca blog2 mas, tp belum semua sih, mas lebih merekomnedasiin kita kerja di resto dibanding di perkebunan anggur, yowes ini email ku Nuritrinursanti@ymail.com saya mau tau agen2 yg resmi dong mas, coz bnyak ktnya agen yg gak bener, saya sbnernya baru lulus kuliah agustus tahun ini jd yah msh fresh graduated nih hehe ,,, saya dr dulu emg pengen bgt kerja di luar negri, tp gmn ya saya ga tau tntnag yg beginian, tlong email ke saya ya mas ,, thx

-Nuri

themiofino mengatakan...

mas, sya mau tanya untuk biaya akomodasi, visa ke aussy brp yh? krim ke email sya mas themiofino20@google.com
makasih mas.

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi semuanya, mohon cek emailnya ya. Saya sudah balas satu2...

mikha mengatakan...

Hi kak peter.....
Boleh minta contact agennya untuk urus visa work and holidaynya gk? Bisa kirim ke mikhahelen@gmail.com


Thx kak peter

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Unknown mengatakan...

Halo mas,,senang menemukan Blog ini & salut membacanya.
saya bersama istri ada rencana mau kerja di aussie,dulu pernah ditawarin kerja petik apple tapi mikir2 karena anak measih kecil & skarang udah siap kerja diperkebunan sampai 1thn tdk masalah,mohon info apa yg diperlukan Visa kerja apa saja,mohon petunjuk makasih

Unknown mengatakan...

djunaediharijanto@gmail.com
atau
djunaediharijanto@yahoo.com

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mas bagaimana cara kerja di ausie. pengen lah cari pengalaman kaya mas petter.
cara dapet visa nya jga gimana. mohon bantuannya. ini emailku balas ya mas kinanti.inan@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi Desroyer dan Kinanti, cek email ya...

Anonim mengatakan...

Hi Mas Peter, saya dan teman (domisili jakarta)berencana utk bekerja di australia persisnya kami ingin bekerja di farm daerah queensland. Apakah mas Peter ada kenal agen yg bisa dipercaya utk pengurusan kerja di australia ini yah mas. Saya minta informasinya mas. Apakah saya dan teman bisa mendapatkan pekerjaan di restaurant juga yah mas? mengingat usia kami yg tidak muda lagi 46 tahun dan teman malah sdh di atas saya. dan apakah sebenarnya bekerja di farm khususnya utk petik buah apel itu berat yah mas? Mohon bantuan mas Peter jk kami berangkat dgn visa turis dan ingin memperpanjang stay kami di australia, apa yg harus kami lakukan mas???email saya di viera.sadi@yahoo.com
terima kasih mas Peter utk meluangkan waktunya utk menjawab pertanyaan dan unek2 saya. terima kasih mas

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Unknown mengatakan...

Hai mas petter Salam kenal
Lg browsing2 soal carii lowongan kerja nemu blog ini...minta infonya donk mas via email klo mau ikutan kerja di australi...apa aja syaratnya supaya dptt visa legal dan gimana dpt agent yg Emang bs bantuin kita dengan cara legal?suami dan saya sangat butuh pekerjaan karena sudah Mencoba kerja 8thn di sini...tdk ada perubahan...aapalgi kita Sdh punya 1 anak yg butuh bgt extra dana yg bs dibilang tdk sedikit untuk saaat ini...sebagai informasi saya bekerja sebagai Staf admin di perusahaan property terkemuka dan suami biasa bekerja di sub kon tumbang karena dia lulusan teknik mesin...tp apapun pekerjaan disana kami siap mas...oh ya bahasa inggris kami ga begitu lancar...mungkin karena ga setiap saat dipergunakan ya...;) minta infonya dikirim ke email liaamanda83@gmail.com tks banyak untuk informasinya ya mas....

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Unknown mengatakan...

halo mas. saya mau tanya kira2 biaya untuk k ausie melalui agen brapa ya? saya juga mau kerja di ausie.
terimakasih.

Petter Sandjaya mengatakan...

Mba Nuri rncananya mo apply Visa apa? Beda visa beda hrg. Sy ada cantumkan link di atas ttg slh 1 visa yg bs dipakai krj di Ausi. Apa mba Nuri mmnuhi syarat? Mohon dibaca dulu spy komunikasinya efisien. Trimakasi...

Unknown mengatakan...

Halo mas Peter.
Saya mau tanya kalo urus visa working&holiday harus melalui agen atau bisa urus sendiri ga ya? Trus minimal dana yg harus disiapkan berapa ya mas?

Thank you.

Petter Sandjaya mengatakan...

Bisa urus sndiri. Dana apa yg dimaksud? Kl hrg visa mgk skitar 2,5jt, saya udh lupa. Cb cari di google.

Unknown mengatakan...

lam kenal mas peter,,,,,bisa minta info kiat2 kerja d ausi,,,ini email saya ainulhusniferry@gmail.com,,trmksh

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya

Anonim mengatakan...

Mas, Peter...firstly, merry x'mas n happy new year 2014 ....Infonya benar2 sgt membantu bagi semua. Bbrp wkt yg lalu ada kawan saya yg dideportasi dari Ausie (bahkan katanya sempat dipenjara 10hari), dia ditangkap krn bekerja pake visa turis, ....Menurut ceritanya, dia ketahuan ILLEGAL krn ada orang lain yg melapor/memberikan info kpd petugas imigrasi, dan orang yg laportsb dapat reward (hadiah) duit dari Ausi govmt. Yang ingin saya tamyakan kpd mas Peter : benarkah UU imigrasi Ausie spt itu? artinya kalo ada orang (mungkin orang bule Ausie?) yg melapor status Ilegal orang lain maka orang yg lapor tsb berhak dapat hadiah? tks bgt atas infonya.

Petter Sandjaya mengatakan...

Ya memang seperti itulah resikonya. Karenanya jika ingin ilegal sebaiknya tekadnya sudah bulat dan tau semua resiko.

undetected mengatakan...

selamat sore mas peter,, saya Ratno berniat untuk kerja di australia karena sudah jenuh dengan pekerjaan di indo yang penghasilanya ga cukup untuk biaya hidup anak istri saya,, kira2 persyaratan apa aja untuk CV cari kerja di aussie dan berapa kira2 biaya yang harus dikeluarkan untuk berangkat kesana dari pengurusan visa working&holiday...kalo mas peter berkenan tolong emailkan saya tentang pertanyaan ini ke : jendral.ratno@gmail.com

Thx

Unknown mengatakan...

Nice story, please sent me more info for work over there anything, how to apply job, looking visa, agents.

Thank you Peter GBU

antonio_cute19@yahoo.com
antonio.cute19@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Undetected & Antonius, silahkan klik link yg sudah saya tampilkan di akhir artikel...

Anonim mengatakan...

Wow,,bnr2 pnggalmn yg mnyenangkn meski it pahit,jd inspirasi sy nih hehehehehe.slm kenal pak peter.sy ingn tnya syarat2 utk visa work&holiday apa aj y? Bls di email sy y pak,thanks a lot. beezaliel@gmail.com

Unknown mengatakan...

mas bantu donk mau kerja juga nih di ausie. email jackbeer01@gmail.com

Anonim mengatakan...

halo mas..
blog kerennya bgt nih..
btw, saya tertarik utk bkerja di ausie, even sbg pelayan/ OB..
saya mau tany ttg cara kita dptin kerja disana dgn cpt?biaya hidup disana sma pemasukan kira2 bisa nabung brpa per bulan?
dan apakah ada kontrak dengan pemerintah gitu gak kalo kita kerja bgitu?
mohon pencerahannya ya boz, bisa di kirim ke hendricus.harlan@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Hei mas semenjak awal januari 2014 saya sangat ingin mencari pengalaman disana, baru nemu blog mas peter rasanya 180 derajat seperti yang diceritakan kenalan saya orang sana, mau share" bisa ? Lewat fb atau yahoo gitu roni.ridwansyah@yahoo.co.id fb roniridwansyah@ymail.com
Biar mantepin ati kalo jadi pergi kesana bisa ada gambaran" gitu
Mohon di respon :D

Unknown mengatakan...

siang pak peter,saya ada rencana sm suami saya untuk mengadu nasib di aussie.
bisa tolong di infokan mengenai agent bpk ya ?
email saya :
feiling5758@gmail.com
terima kasih

Unknown mengatakan...

Pak peter,pls info ny jg dr agent mpe krj dsna.
pgn krj di aussie scpt ny.

pls email me:

Ria.aggelina@yahoo.com

thanks pak peter

Unknown mengatakan...

Nice info pak. Oya sy pengen tanya pak. Sy udh ngurus prsyaratan k aussie. Mulai dr paspor. Visa bisnis sc 600, kta penyalurnya sy d berangkatkn lwt travel agen. Yg sy pngen tau itu apakh visa bisnis bisa untuk mengurus working permitte d sana. Mohon infonya pak. Email sy areychunn@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi All, cek email ya

Anonim mengatakan...

saya dan suami mau berangkat ke aussie lewat agen, dan dia bilang bisa diperkebunan dan restoran, menurut orgnya kalau diresto harus bisa bahsa inggris, saya lumayan bisa tapi gak terlalu fluently, kira2 bisa gak kerja direstoran..krn menggunakan visa turis aman tidak saya kerja di restoran..

terima kasih, mohon balas di indiartoeneinha@yahoo.com

Unknown mengatakan...

bos ini email saya gimana bsa keaustralia,,,apple.abang@yahoo.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Silahkan cek email

Unknown mengatakan...

terimakasih banyak infonya itu sangat berarti banget buat saya yang pingen banget kerja di australia dan tolong info2 yang lain mengenai pekerjaan apa saja yang ada di sana selain itu misal kayak di peternakan itu apa juga sama begitu tolong infonya di email saya saifullohamin@gmail.com

Anonim mengatakan...

Rieka says...
Saya dan suami rencana pengen kerja di aussie,, dan temen mama nyaranin kerja di perkebunan.. saya minta info pekerjaan apa yg lebih baik disana, tolong di email ke just.rieka@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

saya sangat tertarik untuk bekerja di aussie..tapi masih bingung dengan mekanisme dan cara yang benar, mohon infonya ya mas di incore706@gmail.com

Anonim mengatakan...

Mas, mohon infonya untuk link agent yg legal yg bisa bantu keberangkatan ke aussie..

Saya s1 bahasa inggris, kira2 sulitkah apply sendiri (mandiri) tnpa melalui agent??


Mohon dibalas email saya. ayhez@hotmail.com


Makasih ya mas

Dina mengatakan...

bagus informasi di blognya. saya juga lagi searching untuk kerja di australia. saya udah kebetulan suka traveling dan pengen coba kerja disana. itu khan bisa pake visa work and holiday visa? berapa lama ya itu?
bisa dikasih tau tentang informasi pekerjaan disana dan cv yang bagaimanayang menarik?
ini email saya nasibungkuss@yahoo.com

Anonim mengatakan...

mas,..salam keal,.senang kenal sama u,..
saya di tawarin kerja perkebunan,.tepatnya pemetik buah di ausie,..biaya cuma 5 jt,.kami guna visa turist,.and bila dah sampai disana ,kata agennya kami akan di buatkan visa kerja,.and tak tahu berapa nanti di potong gaji,.pertanyaanya,.
apa bisa kita buat visa kerja sebagai pemetik buah,..dan kalau kita gak tahan kerja di pemetik buah ,.apa boleh kita cari kerja lain,..pls tolong bantu,.email saya,.radid_ahmad@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Salam kenal ko Peter
Sy sangat tertarik sekali dng isi blog ini penuh inspirasi dari hal yg gak mungkin menjadi mungkin.
Sy mau tanya bagaimana cara ko petter dan ce christina dari awal dapet visa work and holiday lalu bisa dpt visa PR,,,bisa tlng di email ke sy ko?shopaholicgirly@yahoo.co.id thx before Jbu ^^

Nadapdap, Sumuang P mengatakan...

Selamat siang mas Peter,

Mohon informasi untuk bekerja di Aussie. Untuk visa dan sebagainya mohon pencerahaan. Besarnya biaya pendidikan dan untuk hidup sudah tidak mencukupi untuk 2 anak saya. Juga mengingat Gaji yg saya terima tidak mencukupi mas. Biar bagaimanapun kalau mmg ksempatan itu ada, toh buat masa depan anak2 saya. Untuk itu saya mohon di emailkan syarat2 nya maupun agen yg bisa membantu saya ke alamat email saya :spnadapdap@gmail.com
Terimakasih sekali lagi mas Peter. Tuhan berkati.

Anonim mengatakan...

siang mas peter .. slm hangt.. sy sigit mas umur 21 pngen bngt kerja di aussie mhon bimbinganny mas..
ada bnyk sekli yg mau saya tnykn..
1. sy cm lulusan SMK tknik komputer ap bsa kerja d aussie ?

2 . berpa biaya ke aussie dari jakarta ( tiker pesawat ) dan apkh d kenkn pajak fiskal ? krna sy blm puny NPWP dan biayany berpa?

3. bgaimna cara mncri lowongn kerja dsna .? ap sy harus mnyiapkn ijazah yg udh d translate ? dn apa hrus lewat online lmarny ? ( krna sy tdk mellui agent )

4. berpa besar biaya hdup dsna ? apkh nntiny klo sdh dpt krja akn dpt mess ? dn klo tdak brpa hrga sewa hostel/kosan dsn ..? hrga mknn yg sderhna brpa mas ? dan untuk transportsiny brpa ?

5. cara pengajuan visany bagaimna? yg d gunkn visa ap ? (dan brp msa berlkuny ?)
klo pke visa turis dn bkrja dsba apkh mlnggr hukum ?

tolong kirim dsni mas
sigit0828@gmail.com mksh mas ^_^

Unknown mengatakan...

paling gampang gak ribet untuk bisa keluar masuk aussie, kerja ataupun kunjungan mendingan nikah sama org sana. dijamin!

Anonim mengatakan...

mas peter dan mas cendol mohon infonya ,ini saya di tawarin kerja di aus,dengan biaya visa 4jt,dan saya katanya sudah ada job di sana nanti pembayaran 15jt di kasihkan temen yang jemput di sana yang kasih job dan tempat tinggal di sana mohon infoo pencerahan ke imail doni.ini74@yahoo.com

Unknown mengatakan...

semoga semakn sukses mas
aku juga pengen kesana tapi belum ada jalan

Unknown mengatakan...

hii butuh informasi utk
kerja di aussie..rencana pindah sama suami n anak usia dua tahun..butuh pencerahan nih mas

Petter Sandjaya mengatakan...

Dessy Naomi: informasi apa? bisa diperjelas? Silahkan tinggalkan email, untuk komunikasi lebih lanjut, supaya halaman komentar ini tidak semakin penuh.

Trims,
Petter

Unknown mengatakan...

mas mohon infonya,lewat agen mana yang bagus buat kerja ke ausi dan berapa biayanya , aku tinggal di batam .di batam di pt ap agen nya . makasi bnyak mas..imail yangkiyang82@gmail.com

Anonim mengatakan...

Hai ko peter :)
Sblmx terima kasih untuk blogx ,sangat menginspirasi.. saya suka dgn kata2x menggenggam mimpi, sampe saat ini saya tdk pernah melupakan mimpi untuk mencoba merantau ke luar negeri *termasuk aussy .

Saya lulusan s1 ko, skrg 32 thn.. bskah ko2 memberikan informasi bagaimana carax untuk bekerja di aussy.. saya ingin mencoba apply, bekerja di restoran ato manapun tdk masalah.. bisakah informasi ttg agen yg bs dipercaya :) ini email sy ko meyfann@yahoo.com.. mohon pencerahanx :)

Unknown mengatakan...

Salam kenal bang Petter. Pengalaman dan cerita bang Petter bisa menjawab rasa penasaran saya meski belum semua. Usia saya hampir 40. Saya sangat tertarik untuk kerja di sana, tp saya masih mencari informasi sebanyak banyaknya. Saya hanya lulus SLTA. Tapi saya berpengalaman 7 thn lbh bekerja di hotel yang cukup ternama, ( di Aussie jg ada hotel ini). Karena faktor usia dan pendidikan terakhir, kira2 masih mungkinkah saya mendapat peluang misal di restoran. Mohon pencerahan. Email saya mynameisjohnnyutah.gmail.com
Terimakasih

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 245   Lebih baru› Terbaru»