About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Selasa, 19 April 2011

Yang Beda di Australia (Part 1)

Ada beberapa hal yang beda di Aussie sama di Indo. Berikut ini yang berhasil saya tangkap dan akibat dari kekurang-pekaan saya jadi harap maklum kalo baru ini yang saya sadari, hehehe... Kalo ada lagi nanti pasti saya update & sepertinya saya baru mengeksplor 1% nya saja...

1.       Makanan & Minuman

Di sini air minum bisa langsung diminum dari keran. Bahkan ditengah jalan sering ada tempet untuk minum, gratis, tinggal pencet & mangap aja. Tapi kalo di rumah/restoran biasanya air keran ada panas & ada dingin. Yang bisa diminum langsung dari kerannya Cuma yang dingin soalnya katanya yang air panas itu dari pusatnya bikinnya pake arang apa gitu yang dicampur bahan kimia tertentu lagi supaya airnya tetep panas waktu sampe ke perumahan2. Selain itu dijual juga air putih bersoda. Kayanya orang sini doyan banget sama soda. Selain seneng sama alkohol, mereka seneng sama yang bersoda. Terus ada jenis keripik singkong tapi rasa cuka. Ya ada asinnya juga sih, tapi ada asemnya juga. Aneh deh rasanya. Terus ada dijual sedotan rasa. Maksudnya sekalipun kamu minum air putih, akan ada rasanya sesuai dengan pilihan. Misal kamu pilih sedotan rasa coklat, otomatis nanti air putih yang kamu sedot jadi rasa coklat. Oya, di sini dijual daging yang di Indo ga dijual, yaitu: daging Kanguru. saya sih belom pernah makan, abis ga pernah diskon, mahal banget. Tapi dagingnya keliatan merah banget, kayanya cocok buat pekerja keras seperti saya... ;p

2.       Perpustakaan
Kartu Member Perpus
Kalo diliat dari luas kotanya, kurang lebih setiap 1-2 Kecamatan, pasti ada 1 perpustakaan. Dan yang boleh minjem ga Cuma warga negara aja, orang seperti saya aja bisa jadi member, cuma dengan kasi 1 bukti transaksi yang rutin dibayarkan tiap bulan. Awalnya petugasnya minta rekening listrik. Tapi kan kami ga punya. Yang pegang rek listriknya kan ya yang punya rumah tempet kami nyewa, tapi ternyata bukti bayar sewa rumah pun bisa kok. Sewa buku nya gratis, buku nya banyak yang menarik, dari komik, buku anak2, fiksi, novel, sejarah, asal usul Ausie, tentang aborigin, dll sampe DVD pun ada, semua gratis. Yang bayar Cuma kalo mo ngeprin/foto copy & kalo pinjemannya telat dibalikin. Bahkan dibikin gampang lagi sama mereka, kalo hari ini hari terakhir ngembaliin buku (misalnya), cukup telpon aja, minta perpanjang dengan menyebutkan no. Member, selesai. Abis itu dibalikin besok atau lusa juga gpp. Jadi diperpanjang Cuma buat menghindari denda, dimaklumin kok sama mereka. Maksimal pinjaman buku adalah 30bh sekali pinjem. Buat yang bilang dikit, kelewatan... Kalo saya pinjem 1 aja kagak selesai2 bacanya. Lah orang bukunya bahasa inggris semua. Buku bahasa indo aja bacanya lemot, apalagi inggris?

3.       Apresiasi
Orang sini kayanya bener2 bisa memahami pekerjaan orang lain dan ga merendahkan. 1 hal yang baru saya sadari, rata2 setiap kali orang baru turun dari bis mereka pasti ngucapin “Thank you...” ke sopirnya walaupun harus sedikit berteriak, karena jarak antara tempat duduk sopir dengan pintu keluar yang ada di tengah bis agak jauh. Ya kurang lebih mirip2lah besaran bisnya & pintu keluarnya kaya busway. Tapi kayanya saya belom pernah denger penumpang busway ngucapin makasih sama sopirnya, apalagi harus sedikit berteriak, malah jadi pusat perhatian karena beda sendiri. Yang ke-2, kebetulan saya & istri kerja sebagai waiter/waitress di resotaran. Selalu saja ada komentar/kata2 pujian tentang makanan yang kami sajikan untuk mereka, padahal belom tentu rasanya sesuai dengan selera mereka, tapi sepertinya itu cara mereka untuk menghargai orang yang sudah  menyiapkan, misalnya kata2 seperti “wow, awesome”, “it looks so tasty”, “oh, lovely”, “hmm, yummy”, dll. Jadi bukan Cuma ucapan terimakasih aja yang terlontar, makanannya juga dipuji. Walaupun mungkin terkesan digombalin, tapi kok seneng ya rasanya... hahaha...

4.       Barang Bekas
Yang pertama, ayo, bisa nebak ga barang bekas di sini kalo dijual laku berapa? Misal botol, kaleng, koran, kertas bekas, katanya cuma di Victoria doank barang bekas kagak laku. Semua barang habis pake langsung buang. Aduh liatnya aja sayang banget. Di indo bisa jadi duit tuh. Misal, kardus2 bekas, botol minuman, kaleng2, buuuaaaannnyak banget... Katanya sih Cuma si daerah New South Wales yang mau terima barang bekas untuk di olah lagi. Denger2 untuk botol2 minuman gitu 1botolnya dihargai $0.10 (red 10 cen). Yang ke-2, sepertinya dikarenakan biaya reparasi barang elektronik itu terlalu mahal, makanya mereka cenderung membuang barang mereka yang udah usang. Bahkan kadang belom rusak pun mereka udah buang dikarenakan mereka udah beli yang baru, mungkin lebih modern modelnya, tapi sayang banget ya ngeliatnya. Tuh rumah tetangga deket rumah baru buang TV +/- 20 inci lah, ditaro gitu aja di depan rumahnya, udah berhari2, tapi kagak ada yang mau ambil, ga ada yang tertarik. bahkan udah memasuki minggu ke-3 aja TV nya masih nongkrong aja di trotoar depan rumah. Oya, pernah dalam perjalanan ke Sorrento, saya liat kompor (dengan 4 tempet masak) dibuang juga, sayang waktu itu ga bawa kamera, jadi ga sempet di foto.

5.       Kendaraan & Lampu lalu lintas
Di sini arus kendaraan di jalanan sama kaya di Indo, jalan di sebelah kiri. Tapi yang beda adalah ketika ada di persimpangan, harus mengutamakan kendaraan lain yang datang dari arah sebelah kanan. Selain itu di sini kalo trafic light udah menunjukkan warna kuning, kendaraan langsung memperlambat bahkan berhenti walaupun masih kuning, kalo di Indo... Udah gitu pejalan kaki bener2 dihargai sama kendaraan di sini asal si pejalan kaki berjalan di tempet yang bener. Saya pernah mo nyebrang jalan tanpa pencet tombol supaya lampu lalu lintas nya jadi merah. Maksud hati kan jalanan nya lagi sepi, ga ada mobil juga ngapain repot2 nungguin lampu nya merah dulu baru saya nyeberang, kelamaan. Tapi teringat wajah saya wajah asia, takut bikin malu, jadinya pencet aja deh. Yang terjadi adalah mendadak setelah lampuny merah terjadi kemacetan sepanjang +/- 50 meter gara2 1orang (saya) mo nyeberang jalan. Duh, jadi ga enak... Tapi ada kebanggaan juga udah memilih melakukan tindakan yang bener. Dan anehnya walaupun saya udah ada di seberang dan lampunya masih merah, mereka ga ada yang berani tancap gas, lho. Soalnya ada kameranya, coba aja kalo berani tau2 besok ada surat tilang di pos-in ke rumah. Katanya kurang lebih $75 - $100 sekali tilang.

6.       Barang Hilang
Sekitar 1 minggu yang lalu temen di tempet kerja kehilangan tas nya. Waktu dia selesai kerja dia ga nemu tas yang biasa di taro di gudang tempet tas para karyawan. Di lihat di kamera pun ga terlihat siapa yang ngambil. Agak aneh sih memang, tapi Denis (si pemilik tas yang hilang) langsung laporin ke polisi. Dan ini bedanya, lapor barang ilang ga pake duit, udah gitu besok nya tau ada polisi dateng ke restoran tempet kami kerja bilang kalo tas nya udah ketemu. Nyuruh orangnya langsung dateng ke kantor polisi untuk ngecek isinya & lagi2, polisi nya ga usah dibayar. Bah... cepet & murah...

7.       Tato & Piercing
Rata2 hampir semua anak muda di sini bertato & tindikan. Tatonya macem2 & tindikannya juga aneh2 dari pelipis mata, lidah, idung, bibir, kuping (ga usah ditanya, pastinya lebih dari 1 tindikan). Bahkan pekerja kantoran pun ada yang bergaya dengan tato & tindikan. Bahkan salah satu kenalan saya namanya Cree, dia malah ditraktir neneknya tato seharga $200. Sepertinya neneknya pun minimal punya 1 tato di tubuhnya. Wah, kayanya bisnis tato & piercing cukup menjajikan...

5 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

masih banyak yang beda...contohnya budaya mengurus anak....kalo di indo punya anak balita ga mungkin tega ditinggal pergi lama hehe

Petter Sandjaya mengatakan...

iya, udah dipersiapkan kok itu untuk di artikel berikut nya... ;p cuma belom lengkap jadi nya posting nya nanti aja... hehehe

Anonim mengatakan...

Halo, saya Mrs Jennifer John, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (jenniferjohn536@gmail.com)

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


josephine jumawan caballo mengatakan...

Halo semuanya
Nama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu karina roland yang baik karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion, tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang pada bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya sudah menghubungi susan ramirez dan dia katakan saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang masuk dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) a tau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk mengubah kehidupan finansial saya.