About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Selasa, 10 Mei 2011

Makan Malam Bersama Jess dan Suman

Kejadiannya sih udah agak basi, kurang lebih sekitar 1 bulan yang lalu. Tapi baru sempet ceritanya sekarang. Abis ga ada waktu untuk ngetik blog, terlalu banyak topik yang mau diceritain. Jadi sebelum lupa mendingan diceritain dulu aja deh.

Jess, Koki di tempet kerja Kristina (istri saya) pernah cerita ke Kristina kalo istrinya nganggur di rumah sejak  Suman (istri Jess) diketahui hamil, karena sebelumnya Suman kerja di restoran cina dan menurut pengakuan Jess, Suman setiap hari kesepian, pengen banget ada yang bertamu ke rumahnya dan ngobrol2 sama dia. Nah, tiba2 aja Jess nanyain Kristina apakah suka sama makanan India, karena dia mo ngundang Kristina dan saya ke rumahnya untuk makan malam bersama, makan masakan India buatan sendiri. Wow, keren banget. Belom pernah ada undangan seperti ini antar teman selama tinggal di Indo. Yang ada undangan makan yang ngundang saudara. Kristina langsung aja menanggapi dengan senang hati karena dia tau saya suka banget sama masakan India.

Undangan makan malam yang ditawarkan Jess rencananya untuk minggu depannya. Dan selama 1 minggu itu pula Jess selalu menanyakan apakah kami jadi atau tidak ke rumah mereka pada hari Sabtu malam, dan setiap kali itu pula sampe capek Kristina selalu jawab “Jadi...!” Sepertinya mereka bener2 mengharapkan kedatangan kami untuk bertamu di rumah mereka dan mereka khawatir kalo2 kami ada perubahan rencana yang mendadak.

Wah, hari sabtu waktu itu jadi hari yang ditunggu2 karena moment kaya gini belom pernah saya rasakan, diundang makan malam, makan masakan India, yang bikin orang India. Bisa aja sih makan masakan India di restoran India yang kokinya orang India, sama aja khan. Tapi di sini bedanya adalah kami melihat sendiri cara mereka bekerja sama bikin roti kane sebagai makanan utamanya. Kalo di Indo namanya roti Kane, tapi di India namanya adalah Roti. Ditambah lagi kami banyak ngobrol dan jadi tau banyak tentang budaya2 di India, misalnya:

1.       Istri
Seorang istri harus menuruti kehendak suaminya karena di India suami diibaratkan titisan dari Tuhan. Menuruti kehendak suami = menuruti kehendak Tuhan. Kalo suami bikin salah, istri ga boleh bantah. Yang bisa dilakukan istri adalah melaporkannya ke mertuanya. Supaya mertuanya yang menasehati anaknya sendiri. Istri akan selalu berdoa untuk kepanjangan umur sang suami. Setiap pagi setelah berdoa, istri akan menempelkan pewarna merah mulai dari atas jidat (ujung pangkal rambut) sampe sepanjang belahan rambut mereka.

2.       Suami
Seorang suami di India hanya boleh beristri 1 dan ga boleh cerai. Kalo suami bertindak di luar batas dalam artian melanggar adat istiadat seperti berjudi, mabuk, selingkuh atau memukul, si istri bisa menindak-lanjutinya dengan cara melaporkan perbuatan suaminya ke mertuanya. Kalo si suami masih ga nurut juga akan dilaporkan ke polisi. Nah, lucu nih. Di India kalo loe ga nurut sama orang tua, bisa ditangkep sama polisi dan dipenjara.

3.       Orang Tua
Pernikahan di India adalah urusan orang tua. Mereka menikah berdasarkan pilihan dari orang tua mereka. Contohnya aja Jess dan Suman, mereka baru saling tau wajah dari pasangannya pada saat malam pertama. Pilihan dari orang tua dianggap adalah pilihan yang terbaik. Dan orang tua ga akan pernah menjodohkan anaknya laki2nya pada anak perempuan yang udah pernah pacaran sebelumnya. Pacaran doank lho... langsung ga laku.

4.       Laki-laki dan Perempuan
Di India cowok dan cewek ga bisa ngobrol seenaknya kalo dia ga ada hubungan keluarga. Misal kalo saya nyasar di jalan, saya Cuma boleh bertanya pada sesama laki2 aja. Gitu juga dengan perempuan Cuma boleh ngobrol sama sesama perempuan. Bahkan tempet kerja pun kata Suman pria dan wanita dipisahkan dan ga ada interaksi sama sekali. Kalo sampe ada pria yang berani ngajak ngobrol cewek yang bukan keluarganya, walaupun maksudnya baik niscaya jejak telapak tangan akan ada di pipi anda.

Perihal tentang perkawinan di India, Suman bilang bahwa tingkat perceraian di India sangat kecil. Kalo melihat dari 4 cerita budaya di atas, no. 1 & no. 4 lah menurut saya penyebabnya. Tapi sayang, perlahan2 kebudayaan ini pun semakin ditinggalkan oleh orang2 India nya sendiri, terutama mereka yang idup di kota2 besar seperti New Delhi.

Dewi dari agama Hindu
Para tetua & tempat ibadah agama Sikh
Oya, perlu diketahui nih, Jess dan Suman beda agama lho. Jess beragama Sikh dan Suman beragama Hindu. Mereka mempunya aturan keagamaan yang berbeda tapi mereka bisa akur. Mereka juga menyembah Tuhan yang berbeda tapi mereka saling toleransi. Agama Sikh adalah agama yang melarang setiap pemeluknya untuk memotong bulu yang ada pada tubuh mereka. Jadi biasanya mereka yang beragama Sikh jenggot dan rambutnya panjang2. Rambut mereka hanya boleh dilihat oleh muhrim nya mereka aja. Jadi cenderungnya para pria pemeluk agama Sikh pasti pake sorban dan jenggotnya lebet2. Tapi beda dengan Jess yang juga pemeluk agama Sikh. Dia murtat kata Suman karena dia memotong rambut dan jenggotnya.

Halah, mo ngomongin makan malam sama orang India kok jadi ngomongin kebudayaan India. Ok, kita balik lagi soal makanan. Pas baru dateng kami langsung disambit dengan meriah-happy sama Suman. Dia langsung aja nyerocos ga bisa direm dan dari sejak baru dateng sampe kami pulang. Kami juga disuguhi film kawinan mereka berdua yang bener2 India banget plus jus jeruk dingin. Awal2nya kami ngomongin artis2 India, eh Suman udah mau nyetelin aja tuh film yang kami sebutin, dari 3 Idiot, My name is Khan, sampe Kuch2 Hota Hai. Wah, kalo aja sampe kejadian tuh film India disetel, roman2nya bakalan nginep deh di situ. Suman lebih banyak ngomong ketimbang Jess. Suman juga lebih banyak bercerita dan kami lebih banyak bertanya dan mendengarkan. Hahaha... maklumlah, kayanya hasrat curhatnya baru bisa tersalurkan sekarang kali ya, jadinya mumpung ada orang yang ngedengerin, hajar bleh aja, cerita aja terus. Tapi kami ga bosen, malah kami tanya2 terus, karena budaya India bagi kami hal baru dan unik. Haiya, budaya lagi...

Balik lagi soal makanan. Pas pemanasan perkenalan kami ada 3 hal yang dilakukan: Nikmatin jus jeruk dingin, nonton kawinan Jess dan Suman, dan bertukar informasi tentang gosip2 artis2 India (sebenernya yang ngobrol artis India sih cuma Kristina sama mereka aja, saya sama sekali ga ngerti artis India, jadi cuma nyimak aja), dari yang cowok nya ganteng, sampe artis cewek India satu2nya yang bermata hijau (duh, lupa namanya!) Rani Mukerje pa ya kalo ga salah). Ga lama mereka mulai beranjak kerja sama bikin ROTI yang kalo di Indo ini selevel sama nasi. Roti ini rasanya hambar jadi harus dimakan sama lauk. Nah, berhubung kejadiannya udah agak lama dan setelah saya konfirmasi ke Kristina ternyata dia juga udah lupa semua nama2 lauk yang dibikinin sama Suman. Jadi apa daya saya Cuma bisa nyeritain aja makanan tersebut terbuat dari apa.

Yang pertama, makanan pokok orang India, ROTI. Inilah hasil karya kerjasama mereka untuk mengenyangkan perut kami, hehehe... Kalo orang Bangka bilang sih ini kiping Cuma kalo kiping agak tebel dan biasanya saya taro susu kental manis di atasnya. Bedanya lagi, ini ga digoreng, tapi dipanggang. Adonannya Cuma terbuat dari tepung terigu yang dicampur sama air, udah gitu dibejek2/digiling biar agak gepeng. Abis itu panggang, deh...

Yang Kedua, sayuran tahu ini udah pasti kayanya masaknya pake kunyit, karena saya ga tau lagi apakah ada bumbu masak lain yang bisa menyebabkan warna masakan jadi kuning. Selain tahu, isinya ada kacang polongnya juga, bener2 berprotein tinggi. Rasanya, udah pasti rada2 mirip sama di Indo. Di warteg juga bisa kan ditemuin makanan kaya gini.

Yang ketiga, makanan ini terbuat dari kentang, lagi2 pake kacang polong ditambah sama  potongan2 cabe ijo and wortel. Mungkin ini mirip sama makanan Indo yang namanya kentang balado tapi bedanya diwarnanya yang ga berminyak, karena memang ga pake minyak.

Yang keempat, kagak tau namanya apa, dari bentukannya sih mirip2 sama yogourt, tapi rasanya kaya susu dan memang terbuat dari susu kata Jess Cuma dikentelin dengan cara diapain gitu. katanya sih kalo lamaan lagi aja masaknya sup ini nantinya bisa jadi keju. Ini semacam sup yang dikasi kacang and biji2an. Lagi2 kacang... Tapi kali ini bukan kacang polong, tapi kacang tanah.  

Yang kelima, salad. Saladnya orang India ga seperti saladnya orang2 barat yang banyak banget sayurannya udah gitu ditambah lagi kuah mayones yang biasanya ada 2 macam rasa. Kata Suman, waktu mamanya datang berkunjung ke Aussie, mamanya pernah mengomentari salad di sini, kok saladnya kaya makanan sapi ya? (hahaha... mungkin terlalu banyak sayur2nya kali, tante...!) Masalahnya saladnya India Cuma terdiri dari ketimun, tomat, sama wortel dan ga pake kuah2an lagi. Jadi kalo di Indo mah ini nyebutnya lalapan kali ya?

Yang keenam, makanan penutup yang namanya juga lupa. Ini terbuat dari nasi yang menurut saya ini enak dan katanya ini termasuk kelasnya puding. Hmm... susah kali ya ngebayangin puding terbuat dari nasi. Kalo di Indo nasi adalah makanan pokok, ini malah nasi dijadiin dessert. Sebenernya waktu itu masih mo nambah, tapi sayang udah keburu penuh perutnya. Abis makanannya aja sampe 5 macem yang itu aja waktu mo ngabisin harus nunggu dulu perutnya rada kempes baru bisa dimasukin lagi.

Kalo diperhatikan, semua makanan yang disebutin di atas sama sekali ga ada dagingnya. Yup, mereka vegetarian dan karena itulah asupan gizinya sangat tinggi dari biji2an. Tapi kebanyakan orang seringnya tersugesti kalo ga makan daging makanannya kurang bergizi atau belom lengkap. Padahal usus halus manusia panjangnya 15 meter, jadi akan melewati perjalanan yang cukup panjang dan lama untuk bisa terbuang ke usus besar. Akibat terlalu lama di usus inilah bisa2 jadi kanker. Sementara para Carnivora seperti harimau usus halusnya sangat pendek, jadi setelah makan daging, ampasnya bisa langsung terbuang dan ga ngendep di dalam tubuh terlalu lama.

Kapan ya saya bisa jadi vegetarian? 

1 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

walaupun jess dan suman baru kenal waktu hari pernikahan tapi mereka mesra dan rukun lho..bahkan di musim dingin ga perlu heater..cukup berpelukan sudah anget...cuit2