About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Jumat, 20 Mei 2011

Pekerjaan Pertama

Pas smp kebon pas lagi sunrise

Waktu pertama kali dateng ke aussie mata saya dan istri udah clingak clinguk ngeliatin tulisan di toko2 sapa tau ada yang terima lowongan. Tiap yang ada tulisannya kami pasti kasi resume/CV yang udah kami persiapkan sebelum berangkat. Udah gitu ditambah lagi kami juga searching di internet lewat gumtree.com, di situ banyak juga yang nawarin kerjaan2.

Nah, salah satunya adalah pekerjaan pertama saya ini diperoleh dari info yang ada di gumtree.com. Kami waktu itu Cuma iseng2 sms no HP yang tertera di iklan yang bersangkutan yang lagi butuh orang untuk metik buah anggur, namanya Lim, orang Vietnam.

Singkat cerita hari itu juga kami diminta untuk dateng dan bersiap2 untuk besok pagi mulai kerja, padahal waktu itu udah jam 5 sore alhasil sampe sana ya udah gelap. Sebelumnya perlu saya infokan dulu, telah ada kesepakatan di telpon untuk gajinya adalah $11.5 per jam dan akan ada charge untuk antar jemput $10. Selain itu Lim juga menawarkan untuk tinggal di share house miliknya yang udah ada penghuninya juga dengan harga $65 per week per orang.

Pas lagi makan siang
Dengan semangat ’83 (tahun kelahiran saya) kami langsung chao ke daerah Springvale tempat dimana share house Lim berada. Pada saat sampe di sana ya, tau sendiri, ada harga ada barang, $65 per week ya udah pasti standar2 aja lah tempetnya. Di situ kami tinggal dengan beberapa orang lainnya yang semuanya orang Indonesia dan mereka rata2 ilegal. Tapi ada juga yang ga ilegal seperti Kak nora dan Novel, 2 cewek kakak-beradik asal Manado yang kebetulan lagi jalan2 ke rumah kakaknya di Sidney dan bosen di rumah aja ga ngapa2in katanya. Jadinya mereka iseng2 cari kerja, sampe visa turis mereka abis, eh sampe lah mereka di situ juga.

Kesan pertama waktu kami sampe di sana sama sekali ga disambut dengan kemeriahan. Mungkin mereka juga capek abis pulang kerja kali ya. Di sana kami tinggal dengan 1 bapak2 asal bali, 1 pasang suami-istri asal Bali juga, 1 mas2 yang entah darimana asalnya karena belom sempet ngobrol2 lebih lanjut, dan 2 kakak-beradik yang saya ceritakan di atas tadi. Di sini ada disediain kulkas, TV, microwave, dan mesin cuci.

Pekerjaannya tak seindah pemandangannya
Besok paginya kami diminta untuk udah siap jam 5 pagi dan akan ada mobil jemputan yang akan jemput kami nantinya. Memang bener aja, ga lama kami nunggu jam 5 pagi itu memang ada mobil yang jemput kami. Perlu saya jelaskan dulu konteksnya. Lim ini ternyata adalah seorang kontraktor (istilahnya begitu di sini, jangan diartikan bener2 kontraktor seperti kontraktor bangunan kaya di Indo) dimana dia kerjaannya  adalah nyari orang untuk kerja di perkebunan. Nah, kebunnya apa aja? Dimana? Dan punya siapa? Ada banyak perkebunan di sekitar Springvale. Jadi seorang kontraktor biasanya punya chanel atau kenalan dengan para tuan tanah atau pemilik perkebunan baik itu kebun buah maupun kebun sayuran. Nah, misalnya Tuan A adalah pemilik kebun stroberi lagi mo panen stroberinya ceritanya. Dia akan kontak Lim dan menanyakan kira2 Lim bisa nyediain berapa orang tenaga kerja? Misalnya aja Tuan A ini butuh 500 orang hari itu, dan kalo Lim Cuma bisa nyediain 100 orang, Tuan A akan kontak kontraktor yang lain untuk nyari sisanya. Kemungkinan seorang seperti Tuan A akan punya banyak nomor para kontraktor yang bisa dihubungi untuk bisa nyediain tenaga pekerja. Atau bisa aja Tuan A ini Cuma tau satu nomor kontraktor dan nantinya kontraktor ini yang cari kontraktor2 lainnya yang sekiranya bisa nyediain tenaga kerja juga.

Liat ini jd inget cerita ttg pohon Ara
Nah, berapa uang yang diterima kontraktor dari Tuan tanah? Kita ga pernah tau, pokoknya kita dibayar sebesar kesepakatan kita sama kontraktor dan upah kerja kita hari ini dari metik buah stroberi dibayarnya adalah di akhir pekan, alias seminggu sekali lah gajiannya. Jadi kita bisa kerja ga Cuma di 1 tempet aja. Hari ini di kebun stroberinya Tuan A, mungkin besok ada tawaran metik anggur di kebun Tuan B. Atau lusa di kebon kubisnya Tuan C. Semua info kalo ada panenan itu kita dapet dari si kontraktor. Dan semua hasil kerja kita itu dibayarnya seminggu sekali dan setiap kali ada tawaran kerjaan atau panenan ga ada paksaan untuk kita mo menolak atau terima. Kalo seandainya badan lagi capek dan lagi ga mau kerja, ya monggo2 aja, gpp kok ga ambil tawaran itu. Atau bisa juga pas ga ada tawaran badan lagi fit dan kita lagi butuh duit, kita berinisiatif menanyakan ke sang kontraktor, apakah besok ada kebon yang bisa “digarap” apa ga? Yang jelas setiap saat selalu ada aja yang bisa “digarap” untuk ngasilin duit.

Intinya sih kita ga terikat sama si kontraktor, jadi kita bisa kerja kapan aja kalo kita siap. Cuman permasalahannya adalah untuk kerjaan pertama ini jujur aja saya ga sanggup. Kalo mo bilang fisik saya lemah, silahkan. Atau mo bilang ga biasa idup susah, ya monggo. Yang jelas saya bener2 ga sanggup kerjaannya.

Pekerjaan pertama saya ini Cuma saya lakonin 1 hari doank. Kerjaannya adalah metik buah anggur di daerah Lilydale, kurang lebih 1 jam dari Springvale, tempat tinggal kami. Mulai jam 7 pagi selesai jam 3 sore (biasanya bisa sampe jam 5 sore), istirahat makan siang jam 12 siang Cuma setengah jam dan makan siangnya harus bawa sendiri dan minumnya juga bawa sendiri. Kami salah prediksi, kami Cuma bawa minum 2 liter air dan itu jauh dari cukup.

Kristina berpose di dpn barisan2 pohon anggur
Yang bikin saya ga kuat adalah saya ga minum sepanjang metik buah itu karena air yang kami bawa udah abis pas makan siang tadi. Padahal terik matahari menyengat sepanjang masa, ditambah lagi posisi badan harus agak membungkuk setiap kali metik anggur, bener2 pembakaran kalori abis2an. Mungkin bisa aja sih kalo seandainya air minumnya masih ada saya bawa terus sepanjang metik buah, tapi itu cukup mengganggu pergerakan saya selama bekerja. Akhirnya karena udah ga tahan kehausan selama metik anggur saya gayemin aja anggur yang saya petik untuk ngilangin rasa haus yang ga terkira lagi. Tapi liat kanan kiri dulu setiap kali mo ngegayem, nanti malah ada si kontraktor atau tuan tanahnya kan jadi ga enak. Tapi tetep aja masih haus mungkin karena anggur airnya manis.

Kurang lebih waktu itu kami harus memanen anggur 50 baris, dimana 1 baris nya kurang lebih panjangnya 1 Kilometer. Jadi 1 km x 50 baris itu isinya pohon anggur semua. Setiap orang kebagian untuk metik anggur 2 panel dalam 1 baris dimana 1 panel panjangnya kira2 5 meter. Sistem kerjaanya adalah secepatnya petik anggur yang ada dipanel2 dari setiap baris. Kalo pada baris pertama udah kepetik semua secepatnya pindah ke baris ke-2, gitu seterusnya sampe ke baris 50. Ada pertanyaan, bisa ga kerjanya nyantai2 aja, yang penting kan 50 baris dari panel kita terpetik anggurnya? Jawab: bisa aja sih, Cuma nanti kita diomelin sama kontraktornya karena terlalu lambat. Udah gitu keliatan banget kita doank yang paling belakang karena mungkin orang lain udah sampe baris di depan sana.

Sebelumnya saya udah pernah cerita tentang pekerjaan ini. Tapi yang ini saya perjelas apa aja pekerjaannya. Semoga bisa ada sedikit gambaran tentang susahnya cari duit (halah, sok bijak!) Sekian dulu untuk pekerjaan pertama, akan saya lanjutkan lagi nanti dengan pekerjaan ke-dua. Salam Pembakaran Kalori...

2 komentar:

autumn leaves mengatakan...

hahahhaha :D kalo gitu pekerjaan ini akan saya coret dari List daftar pekerjaan yang saya minati, bisa gosong kulit putih saya ^^)

Petter Sandjaya mengatakan...

Gpp, dicoba dulu, buat nambah list pengalaman hidup. Biar hidup ga terasa gitu2 aja. Kadang kita perlu merasakan susahnya cari duit, biar gairah untuk mensyukuri hidup lebih besar.