About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Jumat, 24 Agustus 2012

Bekerja Dengan Work and Holiday Visa


Mumpung pas inget pengalaman ini jadi mau saya coba tuangkan ke blog, supaya temen2 pembaca siapa tau ada yang apply Work and Holiday Visa bisa terbantu dan efektif mencapai tujuan. Nah kalo melirik dari tujuan, tiap mereka2 yang apply visa ini pasti punya tujuan yang berbeda2. Ada yang Cuma mau cari pengalaman baru aja, dengan bekerja di Australia, ada yang niatnya mau menetap di Australia, ada yang udah butek ngeliat Jakarta dan muak dengan segala birokrasi yang berbelit2. Tapi saya yakin dari sekian banyak alasan mereka yang apply Work and Holiday Visa, tetep alasan ini pasti berkaitan dengan alasan2 mereka, yaitu “uang”.

Intinya adalah setelah mendapatkan Work and Holiday Visa biasanya mereka bingung nanti di Australia harus kerja apa? Atau, kerjaan apa yang bisa menerima mereka dengan visa tersebut? Jawabannya adalah semua pekerjaan berpeluang untuk bisa keterima, dimana tentunya melihat latar belakang pendidikan anda juga. Misalnya anda lulusan S1 Accounting, anda mempunyai kemungkinan untuk bisa bekerja sebagai accounting juga di Australia. Tapi ada kabar buruknya, yaitu kemungkinan itu kecil. Karena untuk kerja kantoran biasanya perusahaan Ausie meng-hire karyawan untuk jangka panjang. Sementara Work and Holiday Visa Cuma berlaku 1 tahun.

Jadi dari pada mengharapkan kerjaan yang kita inginkan dan itu tak kunjung datang, mendingan ngelamar Casual Job yang udah pasti di depan mata bertaburan dan selalu butuh orang yaitu, antara lain kerja di restoran dan perkebunan. Untuk kerjaan di perkebunan saya sama sekali tidak merekomendasikannya karena kerjaan ini sama sekali ga sehat buat anda baik secara fisik maupun keuangan. Untuk lebih jelasnya baca postingan saya “My Jobs at Australia”. Oya, lokasi pekerjaan yang akan saya sharingkan ini adalah di kota Melbourne.

Nah, ini dia saran yang mau saya sampaikan untuk kerja di restoran. Usahakan untuk masuk ke Ausie pada saat musim panas atau Summer yakni di bulan2 Desember, Januari, Februari. Kalo bisa sih Desember karena banyak sekali restoran yang butuh staff dikarenakan staff mereka yang rata2 adalah International Student, pada pulang kampung semua karena kuliah mereka sudah libur. Padahal bulan Desember itu bulan dimana para orang asia akan berkeliling kota dikarenakan libur Natal. Ini dia bedanya orang Asia sama Oz, kalo pas Natalan para keluarga Oz justru malah maunya berkumpul bersama keluarga di rumah, tapi kalo keluarga Asia mereka kumpul bareng keluarga sambil jalan2. Jadi kecenderungannya restoran Asia akan lebih dipadati pengunjung pada bulan Desember, khususnya di City. Sebutuh-butuhnya anda sama duit saya menyarankan jangan bekerja pada tanggal 26 Desember (Boxing Day), dikarenakan seluruh toko selain makanan di Melbourne obral barang2 mereka abis2an. Sehingga menyebabkan manusia yang memadati City lebih banyak dari biasanya. Otomatis, anda kalo bekerja pada hari itu, apalagi kalo di resto Asia, ditambah lagi anda belum ada 1 bulan bekerja di restoran, siap2 aja stres tingkat Dewa dan kalo anda tipe orang yanga biasa di presure, biasanya tingkat kesalahannya makin tinggi. Tapi itu semua balik lagi ke anda pribadi. Saya memberikan saran ini hanya ingin menggambarkan seperti apa kondisinya, siapa tau ada peserta WHV yang tidak siap dengan keadaan tersebut. Tapi kalo saya pribadi, saya akan ambil kesempatan ini. Karena saya punya prinsip, tekanan akan membuat anda berkembang dan menjadi manusia yang berbeda dari sebelumnya. 

Hampir semua restoran di CBD (lihat postingan “City Loop”) biasanya kasi gaji $9 - $12 per jam, misalnya Es Teler 77 yang berada di Swanston Street kasi gaji $10 per jam. Tapi resto sebelahnya DonDon kasinya bisa $12 per jam tapi potong pajak, jatoh2nya take home pay kira2 $10.5 per jam. Kecuali jenis restoran Fine Dining, yaitu restoran yang makannya urut dari Entry, Main Course, sampe ke Dessert. Biasanya mereka berani kasi gaji di atas $15 per jam. Restoran Fine Dining seperti ini mudah di temukan di daerah Dockland. Selain itu ada Nando’s, restoran ayam bakar ala Portugis dengan saus Peri-peri nya yang terkenal, biasanya kasi gaji kisaran $15-16 per jam. Nando’s di Ausie laku banget padahal katanya dulu di Indo juga pernah ada tapi bangkrut, karena memang menurut saya cita rasanya ga sesuai sama lidahnya orang Indo.

Nah kalo anda mau bergeser sedikit, masih sama2 di zona 1 (City) tapi bukan di CBD, biasanya restoran2 di sana berani kasi lebih di atas $12 per jam nya. Misalnya di Lygon Street yang terkenal dengan cafe2 ala Italia nya. Atau di Brunswick yang mirip2 dengan Lygon Street. Namun ada kelemahannya dari resto2 ini, yakni biasanya yang masukin lamaran ke resto2 di sini banyak sekali sehingga mangakibatkan banyak sekali staf. Efeknya adalah, anda jadi dapet jam kerjanya sedikit. Contohnya saja teman saya yang baru pindah dari CBD dan dapet kerjaan baru di Lygon Street, dia dapet gaji $14 per jam tapi kerjanya Cuma 3 hari seminggu, itupun kadang di suruh pulang karena restorannya sepi. Sementara waktu dia kerja di CBD, gajinya Cuma $9 per jam tapi seminggu bisa full kerja terus dan restorannya ga pernah sepi. Padahal saya liat restorannya aja makanannya udah ga jelas gitu. Tapi karena menang posisi berada di pusat keramaian CBD, jadinya rame terus.

Pengalaman saya dulu pun begitu waktu kerja di Es Teler 77 saya kerja dari jam 9 pagi sampe 5 sore, dari hari Senin sampe Jumat. Udah cukup buat saya, cukup uangnya cukup pula capeknya. Tapi seringnya masih disuruh kerja lagi sampe malam atau kadang weekend diminta dateng.

Nah, saran saya sih lebih baik dapet jam kerja banyak daripada gaji gede tapi jam nya sedikit. Usahakan supaya waktu yang anda miliki di Australia ini benar2 efisien. Karena waktu 1 tahun cepat sekali berlalunya. Jangan tergesa-gesa melepas burung di tangan demi mengejar burung yang lain. Usahakan untuk meraup uang sebanyak2nya dalam waktu 1 tahun tersebut. Karena bisa saja anda tidak punya kesempatan lagi untuk kembali ke Australia. Tapi perlu diperhatikan juga kesehatan anda jangan sampai anda sakit, karena biayanya mahal sekali.



Anda bisa kembali ke Australia dengan cara uang hasil jerih payah anda bekerja selama 1 tahun dengan Work and Holiday Visa itu, anda pakai untuk kuliah di Ausi. Ambil kuliah dengan jurusan yang masuk dalam daftar Occupation List yang dikeluarkan pemerintah Ausie setiap tahunnya supaya setelah lulus kuliah anda bisa mengajukan Permanent Resident atau setidaknya Temporary Resident.

Selamat berjuang, selamat mencoba. Selamat mengejar impian. Setelah anda mendapatkan pekerjaan di sini anda akan merasakan waktu cepat sekali berlalu, tiba2 saja sudah 1 tahun dan anda harus kembali ke Indo. Mengutip kata2 yang pernah saya baca di bandara Malaysia:

“Kepulangan Anda dinantikan orang di rumah, tapi bukan dengan ratapan pilu.”

Nah, kepulangan seperti apa yang anda rencanakan? Jangan sampai salah langkah. Karenanya berangkatlah dengan perencanaan yang matang sehingga kepulangan anda menjanjikan kesempurnaan terwujudnya rencana masa depan anda.

Berikut ini contoh CV yang dipakai di Australia, semoga bermanfaat:


43 komentar:

Anonim mengatakan...

mas peter saya ingin sekali kerja di australia sepeti mas peter lakukan mungkin mas peter bisa membantu saya kalau-kalau saya ingin bertanya secara mendetail.. tolong minta emailnya ya mas membantuanda.jovas@gmail.com

Anonim mengatakan...

Hai Peter, saya tanpa sengaja baca blog anda ini, n...bener2 kagun n salut atas semua survival anda!
Sebenernya saya udah sejak lama kepengin banget bisa dpt kesempatan hijrah ke Oz, dr sejak msh kerja kantoran dulu, hingga skrg udah jd 'pengacara' (pengangguran banyak acara..) blom dapet chance itu. Ditambah lg usia skrg udah kepala 4, masih ada vacancy ngga ya buat casual jobs?
Saya pengin sharing lebih detail lg, mungkin bisa minta email kamu ngga? Thx n Gbu

Rgds,

Irwan

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo Irwan. Salam kenal.
Kalau ttarik ingin tau lebih detai ttg OZ bisa baca postingan saya yg di Label: Victoria
Disitu semua ttg aktivitas saya selama di Melbourne.

Secara umur sebenernya Mas Irwan kecil kemungkinan nya unt bisa bekerja di oz. Tapi jgn berhenti smp disitu, Kesempatan selalu ada bagi mereKa yg mau mencari jadi jgn pernah menyerah, ok...

Email saya di kepighoney@gmail.com

Anonim mengatakan...

like this. om boleh share d email ya..
Regards
Wildan

Petter Sandjaya mengatakan...

Halo Wildan salam kenal. Yup silahkan di share, semiga bermanfaat buat yg lagi jalanin WHV atau yg sedang mengajukan.

Anyway, email kamu kenapa ya? Kok aku ga bisa balas. Kepenuhan ya... Ada email lain?

Anonim mengatakan...

Hai Mas Peter,
Salam kenal.. saya Santa, saya sangat tertarik dengan blog dari mas peter, sangat bermanfaat dan inspiratif.
Sekarang ini saya sangat tertarik untuk bekerja di australi, mengikuti jejak mas peter.. siapa tau saya bisa berhasil mendapatkan PR seperti mas peter:D... Amin
Terkait dengan itu Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan, diantara nya: Adakah Agent yang dapat mas peter referensi kan untuk membantu saya mendapatkan visa working & holiday ausi? dan saya ingin sharing hal2 yang lbh detail lagi, kalau boleh bisakah saya minta alamat email/YM mas peter?
Mohon di balas di email saya : santlia@yahoo.co.id
Makasi atas jawaban nya & GBU..

Br,
Santa

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email y

Achmad Masudi mengatakan...

Mas peter, saya salut dg mas peter. Tolong share soal biaya dan caranya ke Oz donk mas kyak mas peter. Soal agent dapatan visa krja dan liburan. Trus biaya hidup awalnya kita bw brpa mas?

Petter Sandjaya mengatakan...

Caranya sudah saya paparkan di beberapa postingan. Coba aja dibaca artikel yang berlabel 'Victoria'. Di situ kumpulan postingan saya perihal kehidupan di Melbourne. Selamat membaca...

Sriworld Journey mengatakan...

Mas Peter saya baru baca blog mas, sangat menginspirasi. Tahun lalu saya pernah ke Australia dan saya ingin kembali ke sana tapi saya bingung kalau tahun ini saya apply working n holiday visa.. saya takut nanti kalau sampai Australia saya jadi pengangran. Mas bisa kasih info restaurant yang membutuhkan pekerja

Petter Sandjaya mengatakan...

Maaf saya ga bisa merekomendasikan pekerjaan. Saya hanya bisa bantu sebatas informasi

Unknown mengatakan...

Halo mas Petter saya salut skali dengan pengalamannya dan yang saya lebih salut adalah kesediannya mas Petter betbagi dengan sesama melalui blog ini .. Saya ingin sekali kerja di OZ karna di Indo saya sulit mencari pekerjaan dengan bayaran mumpuni apalagi maklum hanya lulusan smu , juga pengetahuan wiraswasta saya masih kurang ... Dengan hormat saya apakah bisa saya minta referensi agent mas Petter? Mohon balasan di santo_teng@yahoo.com .. Trima kasih atas ketersediaannya mas Petter ... GBU

Petter Sandjaya mengatakan...

Maaf sekali saya ga bs kasi info ttg agen jika mas tidak memenuhi syarat. Krn pihak agen meminta hanya mereferensikan yg memenuhi syarat saja unt menghemat biaya & waktu.

Anonim mengatakan...

Hai Peter, saya Ruth yang dulu pernah dpt rekomendasi agent dari peter. ada hal yang ingin saya tanyakan tentang akomodasi, apakah email anda masih sama yang dulu (yahoo)? kalau sudah tdk aktif, bisa saya minta yg masih aktif? email saya lina_ggp@yahoo.com
Thank you & GBU
Regards,
Ruth

Anonim mengatakan...

Halo ko petter, saya senang dan salut anda mau berbagi cerita. Nama saya kamen , saya berumur 34 tahun, ingin bekerja di aussie. Bagaimana caranya ya? Ini email saya., tjiawun@yahoo.com. Terima kasih atas ceritanya ko. Semoga selalu sehat dan god bless you.

Unknown mengatakan...

mas nama sy rohman sy orang jawa timur sekarang sy di malaysia mendapat keanwarganegara malaysia tp sy udah bosen di malaysia sy ingin ke australia tp yg menjadi persoala sy gampangan pake pasport apa malysia apa indonesi dalam ngurusin visa ini email sy arista89e@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Cek email ya...

Unknown mengatakan...

Mas Petter,

Kira2 kwalifikasi atau syarat2 apa saja yg diminta oleh agen
Agar dapat membantu menguruskan masuk ke ausie.
Untuk bekerja di restoran

Petter Sandjaya mengatakan...

Unt syarat visa ini bisa dilihat di sini
http://god-must-be-crazy.blogspot.com.au/2012/06/work-and-holiday-visa.html?m=0

mas ilham mengatakan...

postingan yang sangat bermanfaat ..terimakasih bagi yang telah membuat blognya mas peter..

saya mau bertanya mas peter..saya yakin australia itu gak jauh beda dengan negara lain...pertanyaan saya 1.berapa harga visa tour untuk saat ini??..
2.berapa lama pemerintah austrlaia memberi izin tinggal??..
3.terus bolehkah diperpanjang dan berapa biayanya??
4bagaimana cara mendapatkan permanent resident??..
1..katanya harus punya skiil seperti dokter..
2..kalau menikahi wanita disana berapa lama untuk bisa mendapatkan permanen resident?..
3..kalau kuliah disana jurusan apa yang termasuk occupation skills??..
4..begitu tamat apakah langsung dapat permenen resident??

atas jawabannya saya haturkan terimakasih..

Unknown mengatakan...

Bang peter thank you bgt udh mw berbagi di blognya nama saya jaja
Dua tahun lalu saya ngajukan apply work and holiday visa tp udah limit jd kerja dulu,skrg saya lagi di brunei mw ngajukan visa lagi thn ini smoga ja dapet,..oh ya bang ada info untuk kerja sbg carpenter dan bricklayer ( tukang kayu ma plaster semen) klw ada tolong di info kan ke email saya kinkin.pradja354@gmail.com


Thanks,...oh ya td udh kirim email ke bang peter

nob3l prize mengatakan...

mas peter saya ingin sekali kerja di australia sepeti mas peter lakukan mungkin mas peter bisa membantu saya kalau-kalau saya ingin bertanya secara mendetail.. tolong minta emailnya ya mas membantu anda nob3lprizegmail.com.

Petter Sandjaya mengatakan...

1. 1,6 juta
2. Mnrt peraturan br PR didot stl mempunyai anak. Unt pstnya cb cek immi.gov.au
3. Cek immi.gov.au
4. Tidak. Mnrt peraturan br, anda hrs dpt kerja dl br PR bisa ddpt.

Petter Sandjaya mengatakan...

Email sy ada di profil, silahkan dicek...

Unknown mengatakan...

KO petter, makasih buat sharing nya. Sangat bermanfaat. Aku mau minta diceritakan waktu KO petter ngajuin PR. Aku uda email KO petter, ato KO petter bisa share di email ku Juli.cahyadi@gmail.com thanks banyak KO. GBU

Anonim mengatakan...

hallo mas petter
saya salah satu dari sekian banyak orang yg juga ingin mencoba mencari uang di australia...
lg googling2 pas ketemu blog ini
banyak masukan yang saya dapat...

saya berencana mengurus sendiri segala hal...
namun yang jadi persoalan klo sudah disana
bingung klo gak ada yang bimbing
clingak clinguk ndak jelas nanti -.-

bhs inggris standart
pendidikan gak tinggi2 amat
mohon pencerahan ke blackrasta0@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Ko peter.. bole kasi koneksi gak buat kerjaan di sydney nsw 2000?
Pas kebetulan aja nihh lg nyari2 tp blom dapet2 jg sampe skrg... bole mnta sarannya gakk..ke email saya yah rieyo@hormail.com

Thanks before

Unknown mengatakan...

Maaf.. emailnya rieyo@hotmail.com

Unknown mengatakan...

minta contact agent nya mas check emailnya ya mas
jackbeer01@gmail.com

Unknown mengatakan...

Ko Peter minta contact agen yang bisa dipercaya untuk kerjaan ke autralia dong, sama crita pengalaman koko lainnya, serta prasyarat PR dan bgmn ngajuinnya. Mohon bimbingannya... GBU

Email saya ko sbb:
Garry_Alessandro_Gangga@yahoo.com
Chi.Lin.Xiang@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi all, cek email ya...

Unknown mengatakan...

Hi Mas Petter salam kenal,,nama saya jemmy..saya sudah kirim melalaui email pertanyaan saya,, sebelm saya post di sini :)tolong dibales ya Mas Pett.Gbu
fyi: jemmypn@gmail.com

Unknown mengatakan...

mas peter setelah saya membaca artikel anda saya juga merasakan sensasinya di Oz tolok mbokya saya dibantu tolong infonya di email saya saifullohamin@gmail.com

Anonim mengatakan...

sy andre pengen bgt bisa kerja dan jd PR di ausii mhn bantuan br0 peter.
saya punya pengalaman kerja dan skill. tapi kuliah nga selesai. jd masih SMA. pengen kerja apa saja. yg penting gaji besar. mhn bantuan bro

andre.m.resdian@gmail.com

andre mengatakan...

sy andre pengen bgt bisa kerja dan jd PR di ausii mhn bantuan br0 peter.
saya punya pengalaman kerja dan skill. tapi kuliah nga selesai. jd masih SMA. pengen kerja apa saja. yg penting gaji besar. mhn bantuan bro

andre.m.resdian@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo Mas Peter..
Salam Juang..
Maaf , saya mau minta alamat emailnya , mungkin 2 bulan lagi saya berangkat untuk kerja diAus-perkebunan apel...
Supaya kalau terjadi sesuatu/kebingungan , ada yg bisa saya hubungi...
Terimakasih banyak.

chiqho1@gmail.com

CV Teknik Saputra mengatakan...

Mas Peter saya berusia 39thn lulusan sarjana komunikasi berminat ke Australia. Minta info biaya dan cara kesana melalui PT apa? ini email saya edwar_hupelita@yahoo.com /081324433321

Petter Sandjaya mengatakan...

Hi all cek email ya

Anonim mengatakan...

Hai ko Peter,

Perkenalkan saya Ika. Blog ko Peter sangat bermanfaat sekali. Bulan Maret nanti saya akan ke Melbourne menggunakan WHV. Banyak yang ingin saya tanyakan supaya bisa menjadi PR seperti ko Peter, maka dari itu ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah setelah masa WHV ko Peter habis, ko Peter balik ke Indonesia?
2. Saya baca dari salah satu cerita ko Peter, bahwa ko Peter berencana kuliah di Aussie. Saya ingin bertanya lebih jauh lagi mengenai ini.

Tolong dibalas ya ko Peter ke alamat email saya di ika.bujung@gmail.com

Ditunggu balasannya
Terima kasih

applekuchikuchi mengatakan...

Hi Peter,
Nama sy apple. And saya malaysian. Blog anda banyak membantu memberi info berguna. Saya ingin pergi ke Australia utk kerja memetik buah tapi setelah baca blog ini, saya tertarik utk buat casual job seperti anda. Boleh emailkan details pd email saya (applehimawari@yahoo.com) ttg apa jua info berguna ttg australia kerana saya belum pernah ke sana. Dan saya bercadang untuk pergi pd bulan August. Adakah peluang kerja dia restoren masih ada pada bulan 8 dan seterusnya?

Terima kasih ya peter. You done big help for me :')

Anonim mengatakan...

Halo Ko Peter, salam kenal

Saya tertarik untuk bekerja di Aussie. Saat ini saya bekerja di bidang IT sebagai Programmer. Mohon infonya mengenai peluang kerja bidang IT khususnya Programmer disana ke adhie.ms@gmail.com.

Tks GBU
Adri

Unknown mengatakan...

Dear Mas Petter,

Blog anda cukup memberi inspirasi untuk saya.
Mohon info mengenai agent yang anda pakai mas?bisa diemail ke ruth_vi2@yahoo.com.
Sebagai informasi umur saya sudah 30thn, apakah bisa?dan visa apa yang bisa digunakan. Saya lihat untuk WHV visa ada batasan umurnya.
Sekali lagi mohon infonya. Terimakasih.

Salam,

Ruth

Zahid Hamidi mengatakan...

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...