About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 11 Februari 2010

Ef-Be


Jam menunjukan pukul 00.25 di kantor gw sekarang. Gw belom pulang nih, sekalian extend abis ngelemburin kerjaan sekalian aja gw ngenet sambil bikin2 tulisan ini. Kebetulan ada bos gw juga yang lagi asik main forex. Gw iseng2 bukan FB gw yang jarang gw kutak katik. Sering sich gw buka tapi paling2 Cuma gw liatin ada message apa kagak, gonta ganti foto, liatin foto2 temen, sama ngeliatin temen2 yang berusaha nge-add gw jadi temennya. Hihihi… Banyak yang kagak gw add2 tuh… kurang lebih 25 orang ada kali. Abis ga kenal sih. Bukan sombong atau sok ngartis, males aja rasanya kalo di dalem web pribadi isinya orang2 yang tujuannya cuman mo ngoleksi temen doank. Malah gw pernah di add sama cewek yang mutual friends nya aja kagak ada. Terus cek punya cek ternyata semua temen2 yang ada di FB nya dia isinya cowok2 yang namanya PITER, PETER, PETTER, dsb, pokoknya yang mirip2 deh sama nama itu.


Nah, gw juga pernah nih di add sama bule, sekali lagi mutual friends nya kagak jelas alias kagak ada. Halah, siapa lagi nich? Gw message lah dia pake bahasa inggris gw yang campur aduk ga jelas, gw ga ngarti dah dia ngerti bahasa gw apa kagak. Intinya gw tanya kita pernah ketemu dimana ya? Apa gw kenal loe? Kurang lebih 4 jam kemudian ada message dari si bule. Jawabannya adalah teeereeeeng… (red: bahasa) “gw tau loe di pet society!” Kyyaaaaa…!!! Malu abis deh gw. Orang di kantor aja gw di ketawain main Pet Society. Anak cowok mainannya Pet Society? Ga salah? Orang kantor gw sampe ngomong ”Anak gw aja yang cewek mainannya Mafia War!”. Aduh, mampus dah gw. Bukannya terintimidasi dengan ledekan temen kantor, tapi kok setelah bener2 dipikirin, lama2 males banget deh main game ginian. Lebih tepatnya adalah seperti menghambur2kan waktu gitu. Sayang banget waktunya kebuang sia2, sementara gw nya Cuma dapet hiburan yang sebenernya bisa gw dapetin dengan cara lain dan dalam waktu yang lebih singkat alias ga perlu waktu yang lama. Lagipula, lama2 kok bosen mainannya kaya gitu2 aja, ga seperti mainan yang gw mau, alias kurang menantang lah menurut gw.


Tapi yang namanya games itu relatif. Ada yang tipenya suka games yang kaya Pet Society, tapi ada juga yang lebih suka perang2an misalnya. Nah kebetulan gw ternyata kagak klop sama Pet Society, alhasil gw ignore lah itu si bule. Ya ampun, kalo sampe gw approve tuh add-an, males banget deh gw, Cuma buat dijadiin bahan koleksian. Intinya adalah, gw ga akan approve itu add-an kalo gw minimal kagak pernah kenal atau ketemu sama orangnya. Jadi semua yang ada di FB gw, gw pengennya sih orang2 yang gw kenal.


Nah, suatu hari gw pernah di add sama temennya istri gw. Sebelumnya gw ga kenal dengan cewek ini, apalagi ketemu. Nah, untuk itu gw introgasi dulu deh dia, minimal kan gw harus tau orangnya dulu. Jadi gw message lah cewe ini. Singkat cerita gw tanya:

“loe kenal Kristina dimana? Loe temen apanya dia?” Karena kebetulan mutual friends nya dia sama gw adalah Kristina. Besoknya ternyata udah ada jawabannya tuh:

“temen SMA”. Langsung aja gw bales lagi:

“Loe di ********* (nama suatu negara) kuliah apa kerja?” Balasannya cukup mencengangkan dan gw bener2 ga nyangka dapetin jawaban kaya gitu. Dia bales gini:

“OMG, you still asking! If u want me to be your friend just add.”


Gubrak!!! Dalem ati gw, siapa yang add siapa? Kenapa dia yang nawarin pilihan mo jadi temen apa kagak? Emang siapa loe? Gw aja kagak kenal. Jawaban loe cukup menjawab kebimbangan gw untuk approve/ignore. Sorry girl, with my pleasure I will reject you. Sikap loe udah kaya anak manja, yang semua kebutuhan dipenuhin dan ga mengenal arti perjuangan. Dan sepertinya kalo seumuran loe gini masih ngomongnya kaya gitu, ada kemungkinan loe itu orang yang ga biasa atau bahkan malah ga pernah diajarin cara menghargai orang lain. Mungkin gw juga ga selayaknya tanya2 tentang diri loe, karena itu privasi loe. Tapi kan konteksnya sekarang ini adalah loe sendiri yang menyerahkan diri ke gw, masuk ke FB gw, add gw. Dan kalo emang loe bener2 mo jadi friend gw harus loe menghargai prinsip gw. Lagipula gw juga tau etikalah, ga bakalan gw tanya hal2 yang privasi, paling2 juga pertanyaan2 basa basi bacin orang pada umumnya kalo baru/mau kenal orang. Dan satu lagi, dunia ini banyak pilihan kok, kalo loe ga suka gw tanya2in ttg diri loe, ya monggo, masuk ke pending request loe, cancel FB gw yang udah loe add itu. Bukannya reply message ga jelas yang bikin sakit ati orang lain.


Dari semua add2an yang dibahas di atas, emang yang paling terakhir inilah yang paling bikin gw bt, keki, kesel, tapi ga bisa berbuat apa2. Jadi sejak saat itu gw udah illfeel sama orang ini. Nah sifat jelek gw nih, kalo udah illfeel sama sesuatu/seseorang berat rasanya untuk ngelupain atau minimal menganggap ga pernah terjadilah, biar hati jadi ayem.


Waktu pun terus berlalu, seiring dengan itu gw juga masih ada perasaan mangkel sama message yang dari bulan2 lalu itu yang kejadiannya aja gw udah ga inget kapan. Nah suatu hari, gw diajakin sama istri gw ketemu temen2nya yang kebetulan udah lama juga ga ketemu, reunian gitu ceritannya. Karena acaranya malem, jadi sekalian aja panitianya bikin acara makan malem untuk menghangatkan suasana. Tapi emang malem itu ga bisa gw lupain. Bener2 ga terduga, ternyata cewe yang dulu bikin gw keki, bt, kesel itu ada juga di situ. Ya amplop, apa maksudnya nih? Situasi kok kayanya menggiring gw ke arah pertemuan antara panas dan dingin sih? (Udah kaya metode penyembuhan penyakit stroke aja). Panas, soalnya emosi masa lalu terungkit kembali. Dingin, soalnya kejadiannya malem2 di suatu kota yang polusinya jauh lebih rendah ketimbang Jakarta. Gw ga tau pada saat itu harus berbuat apa, tapi untungnya yang dateng juga banyak dan gw termasuknya orang baru bagi temen2 istri gw ini, jadi mereka banyak tanya2 ke gw dan memang cukup berhasil untuk mengalihkan fokus gw dari emosi masa lalu itu. Ditambah lagi gw juga pegang kamera jadi selain sibuk menjawab pertanyaan2 dari temen2 istri gw, gw juga sibuk mengabadikan momen tersebut.


Fiiuuuhh… Gw langsung inget, untung waktu insiden message itu gw ga nanggepin ataupun melampiaskan emosi gw dengan reply jawaban ketus. Setidaknya sampe detik ini dia taunya gw ignore dia aja, itupun kalo dia check profile di FB nya. Kalo sampe gw ribut sama tuh cewe di message, kasian istri gw, kemungkinan terbesar yang bakalan menanggung resikonya adalah ya istri gw itu. Resiko apa itu pun gw juga belom kebayang tapi yang jelas gw merasakan hal buruk pasti terjadi kalo sampe gw nanggepin messagenya dia.


Hmmm, emang ada untungnya kalo bisa mengendalikan diri. Tapi gw masih jauh dari kata Bijaksana, jadi harus belajar terus nih supaya lebih bisa merasakan kedamaian dalam hidup, terutama dalam hal pengendalian emosi. Semoga nanti abis Paskah emosi gw lebih stabil dan skill mengendalikan diri gw semakin meningkat.

3 komentar:

~ jessie ~ mengatakan...

aku jadi takut mo add kamu deh, Pet.. hehehehe..

Petter Sandjaya mengatakan...

hahaha... takut ditanya2in atau takut disebelin nih?

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

ni tulisan kayanya kepaitan banget ya...tapi biasanya kan koko cuek..kenapa kok kali ini bisa sensi dan sebel2 ya. apa mungkin koko lagi pms? or lagi bokek? or lagi atit gigi? hahahhaa..alhasil kalo aku sendiri sih males nge add kalo ga ada mutual friendnya dan ga ada fotonya. tapi selama ada mutual friend yang banyak sih kemungkinan aku add karena siapa tau aku lupa sama dia gitu lho..dan dianya yang inget sama aku (sok artis). intinya sih motivasi tiap orang beda2 ya di fb..ada yang cari jodoh, ada yang kepaitan sama yang namanya petter (sampe ngumpulin orang yang namanya petter), ada yang iseng2 doang biar keliatan temennya banyak, ada yang psikopat cari pacar buat diculik kaya orang di bsd kemaren2 itu. tapi aku sendiri sih fb buat ajang silaturahmi ama temen2 lama...secara udah tersebar luas di dunia ini jadi susah kopi darat. berkat fb aku jadi tau kabar2 mereka.sampe bisa ngerumpi sama jessie yang nun jauh di sana...or ngerumpi sama orang di negeri dongeng