About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Rabu, 03 Februari 2010

Mr. Officer


Kurang lebih 2 minggu yang lalu gw diceritain sama temen kantor gw kalo tukang parkir yang biasa jagain kendaraan kami di Monas dikeroyok sama Satpol PP. Katanya sih gara2nya tuh tukang parkir nyuri HP salah seorang Satpol PP yang saat itu lagi instirahat duduk2 bareng temen2nya karena habis latihan yang kurang lebih ada 20an orang. Karena memang beberapa minggu ini lapangan Monas dipakai untuk latihan para Polisi Pamong Praja tersebut. Entah mau ada momen apa, tapi kami memang jadi terganggu karena lahan parkir jadi penuh. Bahkan sering kali gw ga dapet tempet untuk motor kesayangan gw yang ampir ringsek. Jadi terpaksa harus latihan otot pagi2, geser2in motor yang lain supaya ada sedikit ruang untuk motor gw. Sampe kantor tangan udah kemeng. Mo ketik huruf A malah kepencet caps lock.

Nah, balik lagi ke cerita temen gw tadi. Temen gw ini ternyata juga kurang yakin dengan cerita yang dia dapet 1 hari setelah hari-H. Jadi dengan rasa ingin tau yang cukup tinggi, selepas pulang kerja sambil manasin mesin motor untuk perjalanan pulang, gw ngobrol & tanya langsung sama tukang parkir yang biasa jagain motor gw. “Mas, katanya tukang parkir di sini kemaren2 ada yang dikeroyok ya? Bener ga sih?” Sambil garuk2 kepala dan sedikit menggunakan otaknya, si tukang parkir agak bingung: “Yang mana ya, pak? Kejadiannya kapan?” Nah, lho… orang di sini konteksnya gw mo mastiin kejadiannya kapan, ini malah tukang parkirnya yang tanya gw kejadiannya kapan. Akhirnya gw certain deh cerita yang gw dapet dari temen gw ke si tukang parkirnya. Usut punya usut, ternyata begini ceritanya:

Suatu sore selepas latihan baris berbaris, ada 1 orang Satpol PP yang berusaha ngeluarin motornya karena dia mo pulang. Tapi bukan lewat jalan yang sepantasnya. Alias dia nerobos trotoar sebagai batas dari lahan parkir. Sambil usahanya nerobos trotoar tersebut ada 1 tukang parkir negor dengan maksud untuk kedisiplinan dan etika bahwa janganlah anda bersikap seperti orang maling motor, sekalipun itu motor anda. Lewatilah jalur yang ada, kenapa harus memaksakan diri menanjaki trotoar, sementara lewat jalur yang seharusnya aja lebih gampang kok.

Nah, kayanya si Satpol PP ga seneng dan turun dari motornya sambil melayangkan tinju ke arah si tukang parkir yang secepat itu pula dia menghidar. Kebetulan di belakang si tukang parkir ada temennya si Satpol PP, dipukulah si tukang parkir dari belakang, jatohlah dia. Udah jatoh, masih ditendangin terus sama si Satpol PP yang bermasalah. Karena takut tambah bonyok (2 lawan 1) jadi si tukang parkir melarikan diri. Bukannya selamat, malang emang ga dapat ditolak. Si Satpol PP meneriaki “Maling… Maling…!!!!” otomatis kurang lebih sekitar 20an orang Satpol PP lainnya yang lagi istirahat kurang lebih 50 meter dari TKP langsung lari ngejer si tukang parkir. Alhasil dikeroyoklah si tukang parkir, hancur lebur deh. Setelah puas, terlihat jelas muka dan badannya bonyok semua ditambah lagi ternyata karena dia diteriakin maling jadi dompet plus HPnya (2 bh) lenyap bersama perginya para Satpol PP yang puas ngegebukin dia. Di dompet itu ternyata ada uang Rp 900.000 yang merupakan uang yang harus disetor untuk parkir hari itu.

Udah jatoh ketimpa tangga. Udah harus ganti uang setoran Rp 900.000, HP 2bh lenyap, ditambah sampai detik ini kabarnya belom dapet info siapa Satpol PP yang mau bertanggung jawab dan menanggung biaya pengobatannya si tukang parkir.

Kenapa sih yang kuat selalu bertindak semena-mena? Jadi keinget sama film kartun beberapa hari yang lalu di salah satu siaran televisi. Judulnya The Ant Bully, yang mengisahkan tentang seorang anak yang selalu dilecehkan sama temen2 sebayanya karena dia berbadan kecil dan lemah. Karena ga ada tempet untuk melampiaskan amarahnya, dia sering mengganggu kehidupan para semut. Dikisahkan dia kualat, terkena radiasi dan menjadi kecil sekecil semut. Dan pertualangannya pun dimulai. Dia melihat bagaimana perjuangan semut untuk mendapatkan makanan, membangun rumah dengan susah payah, tapi dihancurkan dalam sekejap olehnya. Dari situ dia mulai menghargai mereka yang lebih kecil, lemah, rendah, dan tak berdaya dari dirinya.

Sama halnya kaya kejadian tentang Satpol PP tadi. Amat sangat disayangkan sebenernya sikap pemuda yang membawa nama besar Satuan Polisi Pamong Praja bersikap kaya gitu. Apa emang hukum rimbanya kaya gitu ya? Yang kuat akan menindas yang lemah.

Gw juga pernah diceritain sama temen kantor gw yang lain. Sambil kesel2 dia cerita kalo semalem mobilnya pernah diberhentiin sama polisi lalu lintas tanpa sebab yang jelas. Waktu ditanya pelanggarannya apa, jawabannya adalah pelanggaran marka jalan. Gubrak… temen gw sampe kaget dan ampir aja amnesia (kalo ini hiperbola, hahahaha…) karena dia tinggal di sekitar TKP, masa’ dia ga tau marka2 jalan yang mengarahkan jalan ke arah rumahnya? Apalagi dia udah bertahun-tahun tinggal di situ. Selama ini ga ada yang nilang dia dengan pelanggaran yang disebutin sama polisi yang butuh duit tadi, eh, maksud gw polisi lalu lintas.

Huh, emang dasar polisi gadungan, apa gaji loe kagak cukup buat ngidupin diri loe? Kalo emang ga cukup ya jangan jadi polisi. Masih banyak mata pencaharian lain yang lebih halal dan lebih menghasilkan uang tanpa harus menyalahgunakan kekuasaan gitu. Belom lagi sikap loe tuh yang kalo ngeliat cewe cakep/bening/seksi lewat udah kaya ga pernah liat cewe aja, norak banget. Sikap loe tuh lebih mirip mucikari yang lagi cari ‘barang’ baru. Bukannya melindungi masyarakat malah bikin hidup ga tenang. Gimana mo tenang kalo pelindung masyarakatnya aja bejat2. Sama tuh kaya si Ivan Brimob. Ga sadar dirinya adalah pelayan masyarakat, dia dibayar sama rakyat dan harus melindungi rakyat, bukannya mo jadi raja atas rakyat. Ngaca donk…

Huh, gw jadi ikut sebel nyeritain ini. Untung aja tuts keyboard gw kagak ancur.

3 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

hah? jadi tukang parkir yang baik itu udah dikeroyok dan dirampok sama satpol pp? kok melaske banget sih..kayanya sih jadi satpol pp ga usah pake psikotes jadi ga ketahuan deh kalo dia ternyata psikopat. gimana kalo para pemarkir motor di monas disuruh ngumpulin koin buat tukang parkir (niru2 koin untuk bilqis)itu..kan kasian. siapa tau dia sekarang di rumah sedang sekarat karena ga punya uang buat periksa dokter.
soal polisi yang suka cari perkara..emang gitu sih...liat aja di deket kost kalo malem banyak yang jualan juga didiemin aja huh...

Petter Sandjaya mengatakan...

ya, gitu deh, nasib jadi orang kecil... ga tau jg deh sekarang nasib si tukang parkir gmn... tapi kbrnya sih udah keluar tuh dari RS. tp kata temennya sih mukanya masih bengep

Sri Riyati mengatakan...

Huaaa...emang gitu kok Pit. Aku juga pernah dipalak polisi. Bahkan berurusan panjang kali lebar sama polisi. Mungkin di neraka nanti bakal aman dari maling, karna penghuninya kebanyakan polisi...