About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Rabu, 18 Agustus 2010

3 Big Question In My Life

Udah dari dulu sebenernya gw mo bikin list yang bisa gw inget terus ke depannya mengenai hal2 yang gw pikir gw mau tau jawabannya tapi gw ga punya koneksi, kemampuan atau keberanian yang bisa setidaknya sedikit membantu gw untuk bisa dapetin jawaban atas pertanyaan2 yang ada di benak gw tersebut.
Mungkin list ini bisa bertambah seiring waktu ke depan karena gw ga tau kan apa yang bakalan terjadi di masa depan. Atau mungkin juga malah berkurang karena Tuhan punya rencana ga bisa diduga2 sama umatnya. Dia punya kehendak apakah umatnya boleh dapetin jawaban atas pertanyaan2 yang ada di benaknya. Tapi yang pasti ga semua hal di dunia ini loe harus dapetin jawabannya karena dengan loe ga tau jawabannya dengan itu pula loe diukur sejauh mana loe mengimani Dia. Jadi untuk itulah list ini gw buat supaya tetep ngingetin gw akan hal2 yang bikin gw penasaran dan tetep hidup.
Hehehe… “Tetep hidup”, gw pake kata ini karena menurut gw dengan ada rasa ingin tau dalam diri manusia menyebabkan manusia itu berusaha, bekerja, dan bikin sel2 dalam tubuhnya berkembang dan ga mati yang disebabkan karena adanya gairah dan meningkatnya adrenalin. Dan dengan rasa penasaran itu pula, secara ga langsung bikin manusia itu berkembang dari jaman ke jaman. (halah, kayanya lebay ya….!)
Berikut ini hal2 yang selama ini menuhin otak gw, bikin gw penasaran dan bertanya2 apa/dimana/kenapa/dll dengan semua info yang gw dapet & alamin tapi ga bisa membuat gw puas dan berdiam diri:
  1. Jincheng Motorcycle
Sepeda motor keluaran Cina ini gw beli dengan patungan uang tabungan dari kecil gw & adik gw ditambah uang nyokap gw. Dengan plat B 4336 QK, ini motor lenyap diambil maling yang waktu itu lagi dipake adik gw doa rutin seminggu sekali di Kesusteran Perumnas Tangerang sebagai anggota aktif dari perkumpulan Legio Maria.
Menurut cerita, sebenernya waktu itu motor kami ada dalam posisi paling sulit untuk dicuri, karena posisinya paling dalem. Bahkan motor lain yang diposisi paling luar, kunci stang nya udah kebuka dan siap dibawa lari. Tapi motor ini ternyata bannya digembok sehingga maling berpaling ke motor kami yang walaupun dari segi posisi lebih sulit dicuri, namun tanpa pengamanan apapun. Gw ga bisa nyalahin adik gw juga karena kejadian itu karena kalo emang udah takdirnya ini motor harus ilang, mungkin aja ilangnya pas gw yang bawa.
Intinya gw sampe sekarang mo tau siapa sih yang nyuri motor kami ini? Tinggal dimana? Dan gimana kondisi motornya sekarang? Nyokap gw pernah ngeliat orang pake motor kami ini waktu lagi di jalan dan dia yakin itu motor kami. Tapi karena waktu itu nyokap gw lagi di dalem mobil tebengan yang waktu itu lagi mo pergi ke suatu tempat untuk suatu acara bersama, dia terpaksa Cuma ngeliatin doank tuh motor dikendarain sama orang lain yang ga dia kenal. Ngenes…!
  1. A friend and my wedding
Gw punya seorang temen yang termasuknya deket karena setiap berdiskusi sama dia kami selalu punya prinsip yang hampir2 mirip. Gw udah kenal keluarga nya dan dia juga kenal keluarga gw dari sejak SMEA. Bahkan sangkin deketnya nyokap gw yang biasanya ngelarang2 gw kalo keluar rumah malem2, kalo tau gw perginya sama temen gw ini, nyokap ga bakal banyak tanya & langsung ngijinin.
Nah, gw sempet ngomongin soal meritan gw yang bakalan seperti apa, tanggal berapa & apa aja yang udah gw kerjain. Intinya sih dia tau tentang meritan gw & kendala2 yang lagi gw hadapin terutama dari segi finansial. Dan gw masih inget dia nanggapin cerita meritan gw ini bahwa dia pasti kasi angpao banyak. Gw langsung nimpalin “…yang penting mah doanya, pren, biar gw langgeng, soalnya gw kan belom ada pengalaman” Secara dia tau kalo bonyok gw bukanlah contoh yang baik untuk suatu hubungan suami-istri.
Undangan gw sebar. Dia & pacarnya dapet 1 undangan, bahkan kakak kandungnya pun dapet 1 undangan, karena kebetulan waktu itu kami sempet deket. Tapi yang terjadi cukup mengecewakan gw. Ga satupun dari mereka dateng ke meritan gw waktu itu. Kalo pun sibuk minimal adalah sms ucapan selamat dan alasan kenapa ga dateng, tapi ini sama sekali ga ada apapun seolah2 dia ga tau apa2 & lupa. Dari sejak itu gw merasa sepertinya emang gw ga ada artinya buat orang ini karena memang selama kami berteman dia selalu mengekspresikan egonya. Misal, tiap kali janjian selalu harus sesuai sama jadwalnya dia. Tapi kalo gw yang ajak ketemu, dia Cuma ok2 aja, tapi ga dateng.
Waktu gw mo merit gw sempet nagih utang kakaknya sebesar Rp 500.000 yang dulu waktu gw pinjemin, temen gw juga yang nyaranin untuk dipinjemin ke kakaknya. Karena kepercayaan sama temen gw inilah gw kasi pinjem kakaknya uang sebesar itu karena katanya bulan depan langsung dibalikin. Tapi ternyata berbulan2 ga dibalik2in.
Maksud hati setidaknya uang itu bisa sedikit bantu danai meritan yang murni kami biayai sendiri. Proses penagihannya pun berat banget dan kurang lebih 9 bulan kemudian baru dibalikin yaitu 2 bulan sebelum gw merit, itupun pulsa gw ga tau udah abis berapa untuk sms telpon dan alasannya selalu sama. Intinya gw udah kaya debt collector bank swasta deh. Dan gw mulai menduga2 kayanya karena masalah ini jadinya dia ga mau dateng ke meritan gw. Mungkin dia mikirnya 500.000 aja sampe kaya gitu diperhitungkan. Atau kemungkinan lain dia malu kakaknya yang sering utang sama orang dan seringnya ga bayar2.
Sampe detik ini gw Cuma bisa menduga2 apa penyebab dia ga dateng ke meritan gw. Kalo sampe semua dugaan gw di atas adalah bener, berarti emang orang ini egois, Cuma mikirin perasaan dirinya sendiri. Gw udah dengan rendah hati mo ngundang orang yang bikin gw kesel yang artinya gw udah maafin dan mau ngelupain semuany. Tapi dia malah ga dateng entah karena masalah malu sama gw, atapun hal yang bersifat prinsip bahwa 500.000 adalah angka kecil untuk sebuah utang yang harus ditagih.
Kehilangan temen kaya gini sama sekali ga bikin gw rugi. Gw Cuma mo tau alasan apa yang dia mo pake kalo gw tanya kenapa loe ga dateng ke meritan gw?
  1. Peeper in our honeymoon
Ada tukang ngintip waktu gw & istri lagi bulan madu. Waktu itu kami ke Vietnam dan kami tiba di kota ke dua yaitu Na Trang, kami nginep di hostel bernama Son and Doughter. Di malam sebelumnya ga ada masalah apa2 dan kami sama sekali ga terganggu bahkan kami merasa nyaman. Tapi sejak kami berkenalan dengan salah 1 resepsionis pria di situ yang bertugas untuk malem hari, malam itu pula kami melihat bayangan di luar jendela sesosok tubuh manusia dengan rambut pendek yang jelas2 menggambarkan bahwa itu seorang pria sedang mengintip kami. Kurang lebih bayangan tersebut berdiri 10 detik sampai pada akhirnya dia menyadari bahwa gw tau kehadiran dia. Gw ga bisa nuduh si resepsionis karena kalo diliat tinggi badannya lebih mendekati anak cowok si pemilik hostel. Ditambah lagi pada waktu kejadian gw langsung turun nemuin si resepsionis sebagai orang yang pertama kali gw curigain tapi dia sama sekali ga menunjukan ekspresi mencurigakan. Bahkan ekspresinya tetap ramah, senyum dan menanyakan apa ada yang gw butuhin sampe gw harus keluar kamar dengan tergesa2. Ekspresinya bener2 menunjukan seolah2 dia ga tau apa2.
Tapi pria yang lebih mendekati untuk berbuat mesum seperti itu adalah si resepsionis, karena anak pemilik hostel masih duduk di sekolah dasar, kurang lebih kelas 5 atau 6. Rasanya ga mungkin deh masih kecil gitu udah punya keberanian untuk ngintip, tapi namanya manusia siapa yang tau ya. Apalagi hasrat sex kan disebabkan oleh hormon, dimana perkembangan hormon setiap manusia kan beda2 timingnya. Ditambah lagi makanan sekarang udah banyak yang mengandung bahan pengawet.
Gw jadi bingung waktu itu dan rasa penasaran gw bikin gw ga bisa tidur. Nah, gw mo tau sebenernya siapa sih yang ngintip waktu itu? Tapi ke siapa gw harus tanya waktu itu? Kalo ke resepsionisnya, gw mikirnya jangan2 dia sendiri yang ngintip. Kalo gw tanya ke yang lain, siapa yang ngerti kodisi semalem? Kesannya gw jadi kaya pengaduan untuk hal buruk dari pelayanan hostel tersebut. Tentunya nanti yang paling dicurigai ya si resepsionis pria karena satu2nya pria yang masih melek waktu itu ya si resepsionis itu. Kasian banget kalo ternyata pelakunya bukan dia. Jadi akhirnya sampe pulang ke Indo pun pertanyaan itu masih nyantel terus di kepala…

Gw Cuma bisa berharap ada jawaban untuk 3 pertanyaan besar di atas yang terus menggerayangi otak gw. Setiap kali berpergian dan nginep di hotel pasti gw inget sama si tukang ngintip. Setiap kali gw parkir motor, gw pasti inget sama motor gw yang ilang yang menjadikan gw paranoid dan harus repot2 untuk masang garpu di roda depan motor. Setiap kali gw mulai enjoy sama temen kantor ataupun di tempet lain, gw jadi inget sama rasa kecewa yang gw alamin karena terlalu percaya sama orang.

Sepertinya emang 3 hal ini yang membatasi ruang gerak gw untuk ke arah yang lebih jauh. Menjadikan gw lebih sensitif, berhati2, dan kayanya ga mungkin untuk punya best friend.
Semoga list nya ga nambah, karena sepertinya akan banyak moment terbentang di perjalanan hidup gw ke depan…

3 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

jawaban yang nomor 1 dan nomer 3 kayanya ga bakalan ketahuan deh jawabannya..tapi yang nomer 2 bisa aja tau kalo mo nanyain ke orangnya. tapi x sendiri sih ngerasa emang temen yang satu itu rada2 gimana gitu..dari dulu x udah punya perasaan jangan terlalu percaya ama dia. sampe mo bikin bisnis bareng...meh...untung ga jadi

Petter Sandjaya mengatakan...

ssstt... jgn terlalu diperjelas gitu... takutnya orangnya pas baca blog ini gmn?

siskaharlio mengatakan...

ada teman yg mendatangkan kecelakaan, ttp ada juga sahabat yg lebih karib dripada seorang saudara (Amsal 18:24)...

so, anggap aja, loe belum menemukan itu.. :)..
positive mind.. :)