About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Minggu, 15 Agustus 2010

Do Not Ignore Your Dreams


2 bulan terakhir ini gw sering banget dijodoh2in sama orang kantor. Padahal mereka tau banget kalo gw udah merit. Bahkan gw ngundang mereka juga ke meritan gw. Walaupun ga semua nya dateng sih, tapi ada bukti outentik kalo mereka dateng yaitu foto bersama orang kantor di meritan gw itu. Aduh, apa ga ada cowok single lain ya yang masih layak untuk dijodoh2in? Gw sih ga masalah dijodoh2in gitu, karena gw tau anak2 kantor Cuma cari inspirasi untuk lawakan biar kantor kagak garing. Permasalahannya adalah orang yang dijodohin sama gw nya ini yang jauh dari kata sepadan…


Gw sih nyantai2 aja, bahkan gw cukup menikmati perjodohan ini, karena menurut gw ini cukup lucu, awalnya. Tapi lama kelamaan ini semacam pembunuhan karakter. Gw takut ini jadi beneran terjadi di masa depan. Gimana nggak? Coba aja bayangin kalo setiap hari loe disumpelin kata2 yang mengintimidasi loe ke arah yang tidak loe inginkan? Awalnya mungkin loe dengan PD nya ngejawab loe ga akan ke arah sana, tapi gimana kalo intimidasi itu datang tiap hari? Sebagai contoh aja nih. “Gw minta loe jangan bayangin GAJAH BERWANA KUNING…! Sekali lagi gw tekankan, jangan sekali-kali loe bayangin GAJAH BERWARNA KUNING! Karena GAJAH BERWARNA KUNING bisa mempengaruhi hidup loe secara signifikan dan entah gimana caranya si GAJAH akan mendatangi loe. Bung,.. Bung… Bung… dengan berat tubuhnya yang sama sekali dari kata gesit setiap benda yang bersentuhan dengannya akan serta merta menjadi berwarna kuning juga.”


Gimana? Sempet ga dari loe terbesit gambaran tentang gajah berwarna kuning? Entah itu bentuk nya kartun ataupun loe bayangin gajah beneran yang ketumpahan cat tembok wanah kuning. Berdasarkan hasil survey yang pernah gw baca, 8 dari 10 orang akan mambayangkan gajah berwarna kuning tadi dengan teknik seperti ini.


Jadi, untuk itulah alasan kuat gw menjadi risih karena candaan temen2 kantor. Semua berawal dari pikiran, lama2 bisa dilakukan. Nah, kenapa tadi gw bilang ini semacam pembunuhan karakter? Karena gw ga mau nanti gw jadi mencintai manusia yang berjenis kelamin wanita & pria sekaligus atau mungkin gw berubah jadi gay gara2 nya orang yang dijodohin sama gw selama ini adalah berjenis kelamin pria, masih single dan orang kantor ngejodoh2in gara2nya Rento (bukan nama sebenarnya) pernah mijit gw waktu lagi lembur bareng tanpa ada maksud apapun (Cuma orang kantor nya aja pada demen nyari topik buat diomongin). Heran gw, kenapa gw yang dijodohin ya? Padahal waktu itu gw juga mijit Andre (sama, masih bukan nama sebenarnya), jadi posisinya saling pijit2an, Andre gw pijit, gw dipijit Rento.


Gw jadi mikir terus belakangan ini apa ya alasan mereka jadiin gw korban ledekan ini? Apa karena gw belom punya anak, jadi menurut mereka gw belom terbukti jantan? Jadi kesannya pernikahan gw Cuma untuk status gw doank gitu?. Sempet sih terlontar dari temen, masih 1 kantor juga, dia bilang “mandul loe…” Gw lupa tuh waktu itu konteks nya apa ya? Tapi kayanya orang di Indonesia ini udah terpola dengan gaya hidup yang udah turun temurun, membudaya lah lebih tepatnya mengenai menikah & langsung punya anak.


Kalo abis merit normalnya langsung punya anak. Kok kayanya kalo nikah tapi belom punya anak, kesannya kaya ga lengkap (normal) dan kaya ga nikah. Malah mereka cenderung balik tanya, “… terus kenapa loe merit kalo belom mo punya anak?” Nah, ini dia nih, emangnya menikah itu tujuan utamanya punya anak ya? Gimana bagi mereka yang ternyata setelah menikah baru ketawan kalo ga subur? Berarti tujuan dari pernikahan itu sendiri semakin sulit untuk tercapai donk? Ada pasangan yang udah menikah bertahun2 tapi istri nya belom bisa hamil. Udah dicoba berobat kemana aja, berhubung uang bukan masalah jadi mereka udah sampe keluar negri juga tetep aja belom bisa hamil. Kalo udah kaya gitu, cerai? Cuma gara2 ga punya anak? Ya ampun, dangkal banget pikiran kaya gitu.


Ada temen sekolah minggu gw namanya Jenny yang udah merit. Dan ternyata si suami adalah cucu laki2 satu2nya dari keluarga tersebut. Nah, si kakek dari suami udah ngarep2in cucu dari hasil pernikahan mereka. Dan kabar buruknya adalah ternyata Jenny mengidap suatu penyakit di rahimnya yang menyebabkan dia ga akan pernah bisa hamil. Si kakek langsung ga terima kondisi kaya gitu. Saat itu juga Jenny langsung dikeluarin dari keluarga itu dan diceraiin secara sepihak.


Satu lagi nih statement orang jadul yang sering dilontarin, “Kalo ditunda-tunda, nanti malah susah lho punya anaknya! Anak tuh anugrah, kalo dikasi, pasti ada aja rejekinya.” Statement ini jelas2 ga ada tolak ukur untuk membuktikan kepastiannya. Mereka hanya percaya bahwa statement ini selalu benar Karena ngeliat dari pengalaman2 dan mungkin sodara/teman pernah ngalamin akibat dari penundaan tersebut. Tapi menurut gw, yang namanya anugrah (anak) datengnya dari Tuhan, dan Tuhan mo kasi atau ga, kita manusia ga ada yang tau. Kalo kita udah berani menyatakan “Nunda-nunda nanti malah susah dapet”, kok kesannya kita Tuhannya ya? Kalo kita bisa tau kapan & kenapa anugrah (anak) itu bisa dateng atau ga, secara ga langsung ya ini namanya udah pemberhalaan.


Satu hal lagi soal rejeki akibat lahirnya sang anak. Statement Ini juga menurut gw Cuma didasarkan pada pengalaman2 orang2 disekitar si orang yang mengeluarkan statement. Soalnya ada juga orang tua yang sampe udah lahiran anaknya pun rejeki ga mau dateng. Sampe2 terpaksa ngebuang anaknya ke panti asuhan. Ada juga yang dikasi ke sodaranya yang udah nerit tapi belom bisa punya anak dengan dalih buat ‘mancing’ biar bisa punya anak. Bahkan di TV sering kita liat belakangan ini anaknya dibunuh karena ga mampu kasi makan..


Mereka yang percaya statement ini mungkin di lingkungannya dulu pernah ada orang miskin dan baru aja nikah. Keluarga baru tersebut yang dia liat, sejak lahirnya si anak kok kayanya kebutuhan hidup terpenuhi aja tuh, ga kekurangan suatu apapun .Atau bahkan mungkin jadi orang kaya mendadak.


Gw juga punya pengalaman yang kaya gini. Om gw sendiri tadinya hidupnya biasa2 aja, tapi sejak lahir anak pertamanya (perempuan), secara finansial perekonomiannya meningkat drastis. Sekali lagi ini emang ga bisa pake logika dan ga bisa dibuktikan apakah rejeki tersebut datang akibat si anak. Ditambah lagi ga ada deh kayanya agama yang menyatakan pernyataan ini. Yang ada malah “Apa yang kita tabur, itu yang kita tuai”. Nah, om gw ini memang semasa hidupnya dia banyak nanggung adik2nya, dari sekolahnya, biaya hidup, tempat tinggal, sampe kuliahnya. Salah satunya adalah nyokap gw sendiri, dibiayain kursus jahit sama om gw ini yang sampe sekarang jadi salah satu sumber pendapatan di keluarga gw.


So, jelas kan kenapa secara finansial dia bisa berubah signifikan. Jadi menurut gw ini Cuma kebetulan. Pas Tuhan mo kasi rejeki, eh… Kebetulan pas lahiran anak pertamanya. Jadi buat loe2 pada yang masih percaya sama statement “Ada anak pasti ada aja rejekinya” loe harus telaah lebih dalem lagi, gimana kehidupan orang tersebut di masa lalunya. Pastinya mirip2lah kaya cerita om gw tadi. Jadi jangan asal bunyi aja, tapi perlu di nalar lagi, ok. Untuk itulah gunanya kita punya agama, supaya kita sadar, Tuhannya tuh bukan diri kita, tapi ada satu sosok yang lebih powerful ketimbang kita (manusia) yang kerjanya Cuma berpraduga doank. Gara2 praduga juga perekonomian keluarga loe bisa morat marit nanti. Jadi kalo mo punya anak, harap direncanakan secara matang.


Perkembangan budaya di Indonesia ini memang sedikit banyak mempengaruhi pola pikir orang2 nya mengenai kehidupan pra dan pasca menikah. Contohnya aja ga usah jauh2, kurang lebih pasti ada 50% keluarga di Indonesia tabu untuk membicarakan hal2 yang berbau seks. Jadinya mereka mungkin kurang pengetahuan akan pengalaman2 orang tua mereka yang mungkin ada, yakni menyesali terlalu cepat mempunyai anak. Mungkin masih banyak impian2 dari sang ibu waktu dia belom merit yang belum terpenuhi dan sepertinya kecil kemungkinan untuk tercapai karena hubungan dalam suatu pernikahan. Apalagi kalo udah punya anak.


Yang mo diangkat permasalahannya di sini adalah, apa sebenernya tujuan hidup loe? Apa impian loe yang paling pengen loe wujudin tapi belom terwujud? Kalo emang impian terbesar loe adalah menikah dan punya anak, ya udah berarti loe udah berhasil mewujudkan impian loe itu dan gw yakin 100% ga akan ada ekspresi penyesalan di wajah loe. Tapi buat mereka yang impiannya nyicipin masakan seluruh Indoesia, Asia, sampai dunia, atau jalan2 keluar negri, keliling dunia, naklukin gunung Himalaya, atau minimal Jayawijaya dulu lah, menikah seolah2 menjadi penghalang terbesar dalam proses pencapaian impian2 tersebut kalo menikah dengan langsung punya anak..


Waktu hidup di dunia rasanya kok sebentar banget, kenapa ya harus mengorbankan diri demi hal2 yang membuat diri loe ga bahagia atau bahkan tertekan? Sepertinya hidup di Indonesia ini Cuma untuk kerja, menikah & punya anak, mengutip kata Ria, temen nulis blog istri gw. Dan itu seperti udah membudaya dan turun temurun sampe generasi2 berikutnya. Jadi kayanya susah untuk dirubah.


Ada temen dari istri yang termasuknya pinter lah dari segi akademis. Lulus kuliah dia kerja di sebuah bank swasta. Setelah menikah, dia resign karena hamil dan selamanya jadi ibu rumah tangga. Ada lagi temen kantor istri yang terlalu sibuk dengan kerjaannya. Tiap dia pulang kantor, anaknya langsung nempel sama dia minta perhatian. Anak butuh kasih sayang, pak, bukan uangmu. Perhatian darimu ga pake duit kok, tapi pake waktumu. Gw ga bilang punya anak itu hal yang tidak membahagiakan. Buat mereka yang belom bisa punya anak dan udah berusaha bertahun2, ketika tau istri nya hamil ini menjadi pencapaian impian yang luar biasa memuaskan. Ada lagi seorang atasan yang sampe nemenin suami & anak nya yang sakit di rumah sakit aja masih harus kerja. Kerjanya di rumah sakit tentunya.


Apa hidup kita yang singkat ini mau dibuang percuma gitu aja untuk hal2 yang sifatnya sementara? Seperti kata istri gw, “Uang bisa dicari, tapi moment ga bisa diulang.” Statement ini pula yang semakin menyakinkan gw dengan status gw yang udah menikah, gw masih bisa menggapai mimpi2 gw, atau mungkin daya khayal masa kecil gw dulu. Jadi intinya, seperti yang bilang sama Ir. Soekarno, “Gantungnya mimpimu setinggi langit…” karena hidup ini Cuma sesaat, Cuma numpang lewat, jangan sia2in waktu loe untuk hal2 yang kurang bermanfaat untuk diri loe. Karena kebanyakan orang cenderung melakukan hal2 yang beranfaat untuk perusahaan tempat dia bekerja ketimbang dirinya sendiri. Jauh… belipat-lipat lebih membahagiakan ketika loe bisa mencapai apa yang selama ini loe targetkan dalam hidup loe. Pikirin mateng2, setiap tindak tanduk dan kerjaan yang lagi loe kerjain sekarang kira2 mengarah ke arah pancapaian mimpi loe ga? Kalo ga, kenapa loe masih lanjutin? Ga usah peduliin kata orang. Sekali lagi idup ini Cuma sebentar. Jangan mau mimpi loe terbengkalai gitu aja hanya karena takut dicemooh orang lain. Kepuasan loe dalam hidup ada di impian loe. Kalo loe udah punya mimpi yang selama ini loe pengen wujudin, itu artinya kepuasan dalam hidup loe udah ada di depan mata, tinggl loe nya mo take action, or just be a dreamer?


Artikel ini gw persembahkan untuk adik kandung gw: Leo dan adik-adik ipar gw: Andi, Budi, Lita, Tika. Semoga di usia mereka sekarang mereka udah punya atau setidaknya mulai memikirkan apa mimpi mereka. Sekali lagi, hidup ini Cuma sesaat… Jangan sia-siakan hidup loe. Perjuangkan apa yang menjadi mimpi loe selama ini…

7 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

setuju...sebelum merit aku sering ditanya..kapan merit...setelah merit banyak yang nanya kapan hamil...besok2 kapan punya cucu...trus kapan mati..eh salah..
intinya orang selalu ada yang ngomentarin kita..baik itu komentar jelek or baik. yang penting kita ambil positifnya aja deh. yang jelek2 dan bikin down anggap aja anjing menggonggong kafilah berlalu. contohnya aja banyak orang yang kayanya ga setuju ama impian kita yang itu. nah ...kita juga ga tau kan ke depannya emang kita bakalan sukses apa nggak. tapi minimal apapun yang terjadi..kita sudah mencoba. dan yang penting lagi adalah kita percaya ama Tuhan kalo apapun yang bisa kita lakukan itu jalan dari Dia. Misal mo punya anak sekarang tapi Tuhan belum berkehendak ya ga bakalan dikasih. begitu juga kalo sekarang mo nunda2 juga banyak yang kebobolan. kalopun besok2 kita udah pengen punya anak tapi ga dikasih..itu berarti emang kehendak yang di atas. intinya....semoga kita selalu melakukan sesuatu sesuai hati kita dan jangan cuma ikut2 an orang lain..oceee

Sri Riyati mengatakan...

Kata adikku "time is more valuable than money. We can have more money, but not time"

Aku sempet mikir kalo sebenernya, ndengerin kata orang itu hanyalah refleksi dari kurang percaya diri. Kita mikir, "Apa ya pendapat orang tentang aku?" atau "Jangan2 mereka bener?" soalnya itu yang terjadi sama aku. Sekarang aku nggak pernah masukin ati komentar orang, anggap aja itu bunyi pesawat terbang lewat (mau bilang bunyi kentut, tapi kan gak bisa dicuekin karena bau).

Aku bilang sih kualitas hidup jauh lebih penting timbang kelimpahan materi. Buktinya kakekku nggak bahagia banget meskipun dia sekaya paman Gober. Yang penting cukup, kalo nggak ya dicukup2in. Yang penting hidup ini ada aspirasi. Kalo kita asal numpang bernafas aja jadi ya kayak zombie. Nggak punya pilihan, nggak punya visi, cuma jalan kesana-kemari cari daging segar. Sayangnya ini bukan lebaran haji, jarang ada kambing yang baru dipotong.

Udah ah, gak nyambung berat nih...

Petter Sandjaya mengatakan...

seandainya warga Indonesia sepaham & sependapat kaya kita b3, pasti negri ini aman, damai sentosa, karena isinya manusia2 yang bebas stres dan bahagia.

siskaharlio mengatakan...

and place your dreams with will of GOD, and believe, you will receive it.. :)

autumn leaves mengatakan...

^^) Nice Steatment :) like this very mucccchhhhhhh !!

#besok saya ikut placement test di TBI

do'akan yaa..bisa segera mulai preparation IELTS

ikut ujiannya, dan lulussss dengan nilai yang baik dan mencapai target visa..

Ganbattee

Petter Sandjaya mengatakan...

Sukses ya mba Sri. Apapun hasilnya Tuhan lihat usaha dan doa mba Sri kok. Jika sesuai dgn kehendakNya pasti dikabulin. Sukses...

Yenni mengatakan...

Thanks banget untuk kata-kata motivasinya....