About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 02 Juli 2011

Farewell Party

Pengalaman kali ini cukup unik perihal traktir2an. Jadi ceritanya temen share house kami namanya Andres dari Kolombia berencana untuk mengakhiri sewa kamar bersama kami dikarenakan dia harus balik ke Kolombia dalam kurun waktu 2 bulan lagi. Kristina sih bilang muka Andres mirip2 sama artis Roger Danuarta, tapi ini versi lebih macho. Lebih jelasnya liat aja di foto. 

Jadi, selama 2 bulan itu dia akan tinggal di Brisbane, masih bagian teritori Australia juga, untuk kerja dan mengumpulkan uang untuk ongkos pulang karena kebetulan gaji yang ditawarkan termasuk gede, $1,000 per minggu, padahal kerjaannya Cuma sebagai tukang nyicipin makanan dan minuman produk dari perusahaan tersebut. Tadinya saya berpikir ini pekerjaan gampang banget kenapa gajinya gede ya? Balakangan saya baru sadar kalo pekerjaan ini beresiko tinggi karena kalo sampe makanan/minuman yang harus dicicipin kelebihan dosis bahan kimia bisa dibayangkan gaji $1,000 per minggu rasanya jadi kurang buat ngobatin jeroan yang bermasalah. Katanya ongkos pulang dia ke Kolombia kira2 $4,000 makanya dijabanin aja deh tuh kerjaan, lagipula dia Cuma butuh buat ngumpulin ongkos sekaligus uang buat jalan2 di asia tenggara karena kebetulan jalur pesawat dia pulang ngelewatin asia tenggara.

Ki-ka: Santiago, Petter, Andres
Singkat cerita Andres mo ngadain farewell party di pub pas hari sabtu malam di chinese pub Chao Gao, dimana pub nya berada di dalam stasiun Melbourne Central di lt. 3. Saya dan Kristina udah dateng jam 7pm seperti yang dia pesan kalo dia akan ada di tempat mulai jam 7 malam tapi saya ga nemu siapa pun yang saya kenal di situ. Tunggu punya tunggu sampe 45 menit tetep ga ada batang idung Andres, Paula (pacarnya), Minats (temen share house lainnya asal India), ataupun orang yang saya kenal. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang aja karena besok paginya saya harus ke Sorrento kerja.

Pas mo pulang, kami ketemu Minats di stasiun Flinder street. Kami yang baru mo naik kereta pulang, dia malah baru dateng untuk hadirin farewell party nya Andres. Intinya saya tetep ga ikut farewell party nya dan Minats dateng sendiri ke sana. Ya saya yakin pastinya rame lah, ga akan Cuma Minats dan Paula aja yang akan hadir di situ karena Andres ini termasuk orang yang cukup atraktif dan menyenangkan sebagai teman, pastinya temennya banyak.

Singkat cerita lagi, 5 hari kemudian saya ketemu Minats di dapur rumah kami dan sedikit berbincang2 tentang bagaimana farewell party nya Andres tempo hari. Minats bilang “Saya Cuma sampe jam 11pm karena bosen sama party nya yang isinya sebagian besar orang Kolombia. Semua orang ngomong Spanyol, saya doank yang ga ngerti mereka ngomong apa, jadi rasanya boring banget. Jadi saya Cuma minum2 beberapa botol dan ngabisin beberapa dolar di sana.”

Hah? Jadi muncul pertanyaan dari pernyataan Minats ini. “Di farewell party kamu malah ngeluarin uang? Buat apa?”

“Ya buat beli bir nya lah...” si Minats langsung nimpalin.

Toeng, toeng, toeng... Ternyata di luar negeri gitu to. Judulnya farewell party tapi untuk makanan dan minumannya bayar sendiri2. Jadi inget cerita adik ipar saya, Tika, yang di Scotlandia yang merasa tertipu waktu ada temennya yang ulang tahun ngajakin minum2 di bar. Berbondong2 lah mereka ke bar dan buntut2nya bayar sendiri2 dan dia kebingungan dengan konteks tersebut. Sama halnya saya, Cuma saya ga se-shock Tika, karena udah sempet ngedenger cerita ini sebelumnya. Ada pepatah bilang “Pengalaman adalah guru terbaik” ini ga sepenuhnya bener. Yang bener adalah “Pengalaman orang lain adalah guru terbaik.”

Untuk memastikannya apakah yang saya maksud bener apa ga saya tanya lagi ke Minats “emang di sini kalo ngadain party, yang dateng bayar sendiri2 ya? Di negara saya kalo kita si yang punya acara, ya kita yang harus bayarin semuanya.” Si Minats bilang “Kalo party nya di pub kaya si Andres memang kita harus bayar sendiri tapi kalo ngadain party nya di rumahmu ya biasanya kamu juga nyiapin makanannya jadi kami yang dateng ga perlu keluar uang untuk makanan/minumannya.”

Siiip, deh... Pengalaman baru. Sekarang jadi nambah lagi informasi budaya di sini.

Tidak ada komentar: