About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 09 Juli 2011

Jika Jawaban Tuhan: "Tidak!"

Setiap hari selasa malam saya sebenernya ada kegiatan Study Bible di gereja St. Augustine di Jalan Bourke Street deket Southern Cross station. Tapi belakangan ini udah lama ga dateng gara2nya cuaca dingin banget dan ditambah lagi ada perbaikan rel kereta searah perjalanan saya pulang. Jadi selalu ada aja alasan untuk ga hadir ke group ini untuk belajar Alkitab. Tapi entah ada angin apa kemaren ini justru saya udah kangen banget pengen hadir ke cell group ini.

Acaranya biasa dimulai jam 7.30pm. berhubung saya selesai kerja jam 5.30pm jadi saya punya banyak waktu luang dan kemaren ini saya pake doa di gereja. Saya sampe gereja tepat jam 6pm dan aneh banget buat saya karena saya bisa ngebacot sama Tuhan selama 1,5jam. Jadi selama menunggu itu saya bener2 pake buat doa. Doa semua permasalahan saya dari orang tua, adik, keuangan, permasalahan di tempet kerja.

Nah yang saya mo ceritain adalah udah lama banget saya selalu doa sama Tuhan untuk dikasi peluang untuk pindah kerja. Karena suasana kerja di tempet sekarang ini buat saya udah ga kondusif lagi. Saya kurang suka dengan perlakuan pemiliknya yang kalo ngomong seenak jigongnya dia tanpa memikirkan omongannya itu nyakitin hati orang lain apa ga. Yang penting bagi dia pesan yang mo disampaikan terlaksana dan mungkin emosinya dia pun terlampiaskan. Udah gitu ditambah lagi perlakuannya mulai beda sejak saya minta ijin untuk pergi ke bank pada waktu jam kerja untuk ngerubah password ATM saya. Sepertinya dia mengira saya interview dan dari sejak itu bener2 kerasa sikapnya beda banget.

Nah udah hampir 1 bulan bacotan saya ke Tuhan untuk dikasi kesempatan pindah kerja kok ga ada tanda2 dijawab nih. Saya bilang ke Tuhan kalo saya ini siap untuk kerja keras jadi tolong diberi kesempatan untuk dapetin pekerjaan yang lebih baik. Saya juga udah kirim lamaran2 baik online maupun kasi CV di tempat yang pasang iklan lowongan. Semuanya seperti sia2 belaka, ga ada tanda2 panggilan interview. Telpon ga pernah bunyi. Kalo pun bunyi paling2 Kristina atau bos saya yang dari tempet kerja yang lain yang telpon.

Jadinya waktu luang sambil nunggu cell group nya dimulai saya ngeluh sama Babeh. “Katanya Engkau sahabat? Katanya Engkau mendengar doa setiap anak2Mu? Tapi doa saya kok ga pernah ditanggepin? Minimal anggukan kepala kek atau deheman gitu. Saya doa seperti ngomong sama batu. Engkau bukan batu khan? Jadi bisa ga kasi jawaban kenapa kesempatan saya untuk pindah kerja kok seperti ditutup2in?”

Berhubung waktu udah menunjuk jam 7.30pm jadinya saya selesaikan saja sampai di situ pembicaraan sama Bos Besar. Dan cell group pun dimulai yang waktu itu ngebahas tentang penabur benih. Benih yang ditabur ada yang jatoh ke tanah yang subur, ada juga yang jatoh ke tanah tandus. Bahkan ada yang jatoh ke bebatuan. Nah, tiba2 perhatian saya langsung tertuju pada Ignatius, salah satu anggota di cell group. Saya lupa konteksnya bagaimana tapi yang saya inget dia ngomong begini: “Ga perduli berapa kali atau berapa lama kamu berdoa, yang terpenting adalah kamu bertumbuh.”

Ini beneran kaya jawaban Tuhan deh. Pasalnya Ignatius itu bukan tipe orang yang kalo ngomong semua orang pada merhatiin. Tapi dia tipe orang yang justru kebalikannya, suaranya itu ga bisa menarik perhatian orang. Apalagi waktu itu konteksnya lagi menanggapi suatu kasus (tapi saya lupa) dan semua orang pada ngomong menanggapi kasus tersebut. Anehnya kenapa kuping saya malah ngedenger omongannya Ignatius ditambah lagi saya ada masalah dalam hal Listening bahasa inggris. Ini bener2 aneh, bener2 aneh. Saya merasa seperti berbicara sama Tuhan. Karena barusan aja saya ngeluh kenapa dia ga pernah jawab doa saya. Eh, Tuhan langsung ngomong. Barusan juga saya tanya kenapa saya ga pernah diberi kesempatan kerja di tempet yang lebih baik, eh dijawab.

Sekarang saya tau, ga perduli doa saya dikabulin apa ga karena bukan itu poin terpenting bagi Tuhan, yang terpenting adalah sayanya bertumbuh di dalam Dia. Sayanya harus terus ngandelin Dia dalam keseharian saya baik lagi susah maupun pas lagi seneng. Makasi ya, Tuhan atas jawabannya. Saya janji ga akan memaksakan kehendak/keinginan saya untuk dikabulin. Karena Tuhannya Engkau bukan saya.

Tidak ada komentar: