About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Minggu, 20 Maret 2011

Transportasi di Melbourne

Di Melbourne ada 1 fasilitas yang menurut saya sih ini sangat mempermudah warga di sini, Namanya Metcard. Dengan menggunakan Metcard kita bisa naik kereta, tram (kereta dalam kota), dan bis sesuai dengan tiket yang kita beli. Mungkin ada fasilitas transportasi lainnya lagi kali ya, Cuma saya belom sempet eksplor lebih lanjut aja.

Misalnya kami kemaren2 ini sempat beli tiket dengan jenis “5x weekend”. Artinya kami hanya bisa pake tiket itu di hari sabtu & minggu saja sebanyak 5 kali atau 5 hari weekend tanpa ada tanggal expirednya. Dan misal dalam 1 hari itu kita mau bolak-balik, bolak-balik berkali2, naik-turun bis, naik-turun tram, itu semua tetep diitung 1x karena masih dalam 1 hari yang sama. Jadi cocok banget buat kami yang belom mengenal kota Melbourne, karena kami udah beberapa kali salah turun stasiun dan salah naik bis. Semua nya ga bayar, ups maksudnya udah dibayar dimuka dengan tiket “5x weekend” ini, ya tentu nya dengan harga yang lebih murah ketimbang kita beli yang “Daily” atau tiket yang hanya bisa dipakai untuk 1 hari saja. Selain itu ada pula jenis tiket “2 hours”, harganya juga jauh lebih murah, tapi kita hanya dikasi waktu untuk pemakaian semua transportasi di Melbourne selama 2 jam.

Bahkan ada satu program ticketing yang mengharuskan kita memasukan deposit ke dalam kartu tersebut & setiap kali kartu di tempelkan di pintu masuk stasiun atau pada saat naik bis/kereta/tram, depositnya akan berkurang dengan sebesar biaya yang telah ditentukan, maksimal adalah sebesar biaya tiket Daily. Jenis tiket ini yang paling murah biayanya apalagi kalo kita sering melakukan perjalanan jauh, misal dari Zona 1 ke Zone 2, namanya MYKI. Kita diharusnya membeli kartunya terlebih dahulu sebesar $10 dan selanjutnya kita bisa isi kartu itu dengan jumlah deposit yang kita inginkan. Besaran depositnya pun terserah kita, bahkan bisa diisi cuma $1.
Oya, berikut ini gambar suasana di dalam kereta. Kebetulan model yang ada di dalam foto adalah saya sendiri & istri jadi diharapkan ga bosen2 ngeliatnya... ;p


Dan berikut ini gambar Tram yang ada di dalam kota:


Hmmm... ada lagi nih... buat yang cape udah jalan2 bisa sewa sepeda atau naik dokar di tengah kota. Tapi kalo yang ini bayaran nya beda sama yang tiket yang di jelasin di atas. Alias ini harus bayar lagi, tapi ga tau berapa...

Tidak ada komentar: