About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Selasa, 07 Juni 2011

Pekerjaan Ketiga

Pekerjaan ketiga kali ini adalah sebagai tukang cuci piring di restoran frenchise Indonesia, namanya Es Teler 77. Pemiliknya berinisila K, awalnya saya kira dia orang Indo tapi ternyata salah. Dia dateng ke Aussie dengan cara yang aneh dan ga lazim. Bahkan mungkin anda sendiri pun ga akan mengira kalo dia bisa dengan cara itu nyampe sini.

Muka sih boleh kaya Tukul, tapi duitnya ngelebihin Tukul. Rumah aja di aussie ada 5, itu yang ketahuan, atau lebih tepatnya yang kedengeran sampe ke kuping para karyawannya. Yang ga ketauan jangan2 dia punya tanah atau mungkin gedung bertingkat yang disewain buat perkantoran. Yang pasti penghasilannya per bulan udah ga bisa diitung pake jari lagi dah. Dia aja pernah nunjukin kartu kreditnya ke saya. Untuk kartu kredit Platinum yang limitnya unlimited dia punya 6 biji dari 6 bank yang berbeda. Belom lagi yang Gold, aduh, bikin ga bisa mingkem.

Sebelumnya saya ceritain dulu gimana ceritanya dia bisa sampe ke aussie. K sebenernya adalah pejuang  demokrasi di negaranya. Maaf, ga bisa nyebutin nama negaranya sekaligus nama dari si K, karena negara mereka masih konflik dan karena alasan kode etik untuk menjaga kerahasiaan narasumber (halah! Sok penting). K bilang waktu dia ke ausie adalah untuk pertama kalinya punya passport dan keluar negeri. Dan yang bikin shock adalah passport yang dia pake adalah passport aussie, alias dia langsung jadi warga negara. Kok bisa? Ya, itulah untungnya lahir di negara konflik, negara seperti aussie ini siap menampung. Jadi ceritanya tiba2 aja K yang lagi berkutat di negaranya didatengin sama pemerintah aussie dan menawarkan mau ga jadi warga negara aussie? Belom juga dijawab mau atau nggak, besokan harinya, passport dan tiket pesawat atas nama dia langsung dikasi. Intinya akhirnya dia memutuskan untuk jadi pemain di balik layar untuk perjuangan partainya atau lebih tepatnya penyumbang dana.

Waktu sampe di aussie, K udah ga perlu pusing, rumah udah disediain, listrik, gas, air ga perlu bayar, tiap minggu dikasi uang $500 (ini termasuk tinggi untuk keadaan ekonomi aussie 15 tahun yang lalu). Semuanya disediain sama pemerintah aussie, K di sini Cuma numpang idup doank deh pokoknya. Dia bilang, kalo ada orang senegaranya yang ngajuin kewarganegaraan aussie dan ngakunya berasal dari 1 partai dengan dia, dia pasti ditelpon sama pemerintah aussie untuk mengidentifikasi orang tersebut. Kalo Koko bilang iya, saat itu juga orang tersebut langsung jadi warga negara aussie, tapi kalo dia bilang tidak, ya, da... da... Dia akan tetep di negaranya yang konflik itu. Abis denger cerita ini, gw tambah nganga lagi. Gila, bos saya satu ini berarti orang penting ya? Kok ga keliatan ya dari tampang n penampilannya? Ya ampun, ternyata bener pepatah bilang “Don’t judge the book from the cover.”

Ok, kembali ke cerita tentang kerjaan saya. Di sini saya kerjaannya serabutan. Dengan gaji $10/jam saya dikasi title “Kitchenhand” alias tukang cuci piring. Dari jam 9 pagi sampe 5 sore, dari hari Senin sampe Jumat, kerjaan utama saya adalah cuci piring tapi selama 8 jam kerja kan ga melulu ada customer yang dateng. Jadi kalo pas ga ada cucian piring saya bantu nyiapin makanan atau nganterin makanan ke customer sekaligus ngambilin piring2 yang abis dipake sama customer alias jadi waiter juga. Awal kerja di sini bener2 bikin stres pasalnya isinya orang2 bossy dan nganggep diri paling bener. Hukum senioritas berlaku di sini. Hmm... sebenernya ga semuanya bossy sih, Cuma 2 orang, tapi kok gara2 2 orang itu suasanya kerja jadi ga enak.

Namanya juga baru pertama kerja ya pastinya banyak hal baru yang belom kita ngerti, jadinya maklum donk kalo ada yang kelupaan 2 atau 3 macem kerjaan. Di sini ada 1 Indo berhubung dia udah senior jadi kalo bos ga ada ya dia lah yang ngasi tau apa yang harus dikerjain dan gimana ngerjainnya. Tapi kalo kita lupa dia langsung ngomongnya macem2. “Apa sih yang loe inget? Semua dilupain.” Atau kalo kita ragu2, ya daripada salah kan mendingan tanya biar lebih pasti. Tapi kalo kita tanya toaknya langsung bunyi “Waduh, gw ga tau tuh. Bukan kerjaan gw.” (dengan senyum2 kecil seolah2 ngetawain kita yang kebingungan karena lupa).

Sayang, cara ngajar orang Indo satu ini kurang bagus, hmm... lebih tepatnya sih ancur, gaya ngajar orang sok pinter gimana sih, kebayang kan? Ya dimaklumin lah, namanya juga orang kaya jadi udah biasa bossy, ga biasa untuk memahami orang lain. Lho, orang kaya kok kerja di restoran? Weh, jangan salah lho. Yang kerja di sini justru kebanyakan orang kaya. Apalagi mereka yang udah lama kerjanya (menurut logika saya). Karena di sini bayarannya kecil, kalo sampe mereka tetep bertahan di sini itu berarti mereka ga ada masalah dengan keuangan. Mo dibayar kecil atau gede yang penting adalah ada kesibukan dan penghasilan tambahan.

Orang bossy yang kedua berasal dari Nepal. Cewek satu ini sepertinya ga menyadari kalo speaking inggrisnya buruk. Mungkin karena dia orang lama ditambah lagi orang2 di sekitar dia ga ada yang komplain tentang pelafalan dia, jadi tambah PD lah dia dengan speakingnya. Ya, saya juga ga bilang saya lebih bagus dari dia. Saya sendiri punya masalah dalam listening, terutama kalo orang aussie yang ngomong, cepet banget. Tapi cewek satu ini justru lebih parah dari orang aussie, udah cepet, salah pula. Bah, pusing lah saya. Nah, yang terjadi adalah setiap kali saya dan anak2 baru lainnya bertanya 2 kali apa yang dia ucapkan dia langsung jawabnya dengan teriak, mirip banget deh kaya anjing (maaf, tapi beneran mirip kaya anjing yang merasa dibikin kesel gitu, terus langsung gonggong). Misalnya aja kata “Fry” dia ngucapinnya Freng. Heh? Saya waktu itu bingung dia ngomong apa. Saya pikir dia minta saya jujur (Frank), tapi jujur dalam hal apa? Saya bingung karena posisi saya waktu itu lagi di depan mesin cuci piring. Apa saya tadi salah masukin piring terus ketawan dan disuruh jujur?

Oya, ada kejadian anak baru dari Malaysia, cewek. Kebetulan dia disuruh nganter 2 makanan untuk nomor yang berbeda (di sini kalo beli makanan nanti di kasi nomor. Kalo makanannya udah jadi, waiternya nanti nganterin dengan memanggil nomornya). Pada waktu cewe Nepal ini nyebutin nomornya cewek malay tanya sekali lagi, “what number?” Ya, pastinya cewek malay ini kena gonggong lah. Nah, berhubung dia masih baru dia ga ngerti kali ya. Mungkin dia merasa dia yang salah karena ga bisa ngedenger dengan baik. Berangkat lah dia nganterin makanannya, entahlah dia nyebut angka berapa, tapi abis itu dia balik lagi dan tanya lagi “what number?” hahahaha... kasian cewe malay ini, kena gonggong 2x. Tau gitu kan sekalian aja kalo emang belom jelas, tanya sampe jelas baru berangkat.

Saya juga pernah lagi nih waktu mo nganter menu yang ga biasa. Jadi ceritanya ada customer yang beli sauce balado 1 mangkok. Lah, saya ragu mo kasi bawang goreng apa ga. Jadi waktu mo nganter saya tanya “use fried onion or not?” cewek nepal malah jawabnya “number 70”. Sekali lagi lah saya tanya sambil saya tunjukin tangan saya yang udah megang bawang goreng, “use fried onion or not?” Hehehe, udah tau kan apa yang terjadi, gongong lah dia “NUMBER 70”. Ya berhubung saya juga udah (bukan “lagi”) PMS sama cewek ini, saya teriakin lagi “USE FRIED ONION OR NOT?” Akhirnya dia baru sadar apa yang saya tanyain, “Yes” sambil nunjukin gerakan2 yang memberi isyarat kalo bawang gorengnya taro aja di saos baladonya.

Awalnya saya kira saya aja yang mangkel sama cewek nepal satu ini jadi saya bingung harus mengadu pada siapa (halah!). Tapi ternyata belangan ada 3 anak baru lainnya curhat sama saya hal yang sama dan mereka juga gondok sama orang yang sama. Tapi saya yakin gondoknya mereka ga segondok saya. Soalnya saya ketambahan gondok lagi sama cewek nepal ini di luar kerjaan. Jadi ceritanya pulang kerja kebetulan saya liat cewek nepal ini di platform (tempet nunggu kereta) yang sama Cuma beda kereta dan saya yakin dia liat saya juga, wong jaraknya kira2 Cuma 2 meter. Ya, sebagai orang Indonesia yang dikenal ramah, penuh sopan santun dan tata krama, senyum lah saya. Yang saya dapetin bukan balasan senyum tapi mukanya dia langsung melengos seolah2 kami ga pernah kenal. Kalo kejadiannya Cuma 1x saya anggep mungkin emang pada waktu itu dia ga liat saya (orang buta doank yang ga bisa liat orang yang dikenal dalam jarak 2 meter). Kejadiannya terulang lagi di hari yang berbeda tapi di platform yang sama. Sekali lagi, mukanya melengos lagi. Aaarrrrggggg... Gedeg deh loe... makanya sejak dari itu saya udah mulai sebel sama dia. Padahal baru aja kenal di tempet kerja, di luar apa harusnya berlagak ga kenal?

Walah, mo cerita kerjaan jadinya malah curcol. Ya, intinya kerjaan saya di sini selain cuci piring saya juga harus mengingat2 puluhan menu yang ada untuk disiapkan. Awalnya kerepotan, kebingungan. Tapi lama2 hapal juga. Tuh, kan apa kata saya. Lama2 juga apal. Ga perlu lah ngajarin orang baru pake otot leher. Kalo mereka tanya ya jawab aja napa? Lama2 juga mereka hapal juga. Oya, selain cuci piring sama nyiap2in makanan, kadang saya disuruh untuk nukerin duit receh ke bank, beli es batu di Don Murphy (toko minumam keras) dan ngambil2in barang2 kebutuhan untuk hari itu dari gudang ke dapur.

$10/jam terlalu kecil buat saya (dan menurut standar aussie juga sebenernya) dan kalo suatu hari nanti perjuangan demokrasi di negara konflik ini berhasil, mereka harus tau bahwa ada tetes keringat saya juga tuh di perjuangan demokrasi mereka. Gara2 saya mau dibayar murah, kalian jadi bisa dikirimin dana besar di sana... Hehehe, ungkapan hati seorang tukang cuci piring...

2 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

koko..harusnya jangan sebut nama asli...siapa tau ini informasi rahasia lhoo..ntar terlacak sama orang sana gimana.....:p

Anonim mengatakan...

kalo ngeliat tanggal dari post elu, berarti disaat itu gw lg kerja di laguna, dan gw jg sering lunch disana tp take away, biasanya sering beli nasi goreng dan yg gw inget kadang di kasir yg jaga cewe tp org indo (tp gw gak pernah tau namanya) nah itu dia sering berbaik hati sama gw, kalo gw beli nasi goreng sama teh kotak, cuma bayar nasgor aja..teh kotaknya dikasih free (juice avocado juga pernah free sihh) mngkin krn sesama org indo kali yahh :p

salam kenal sesama org indo :)