About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Minggu, 19 Juni 2011

Bamboe Restaurant

Semalem kami abis hunting makanan indo yang letaknya di pinggiran kota atau kalo bahasa orang sini nyebutnya Suburb (singkatan dari suburban, kalee...) kalo orang Indo nyebutnya “... coret” (Misal: Jakarta coret; pinggiran Jakarta). Awalnya ke situ bukan mo hunting makanan, tapi tujuannya adalah untuk memenuhi panggilan temen kami Dicky yang kebetulan kerja di situ untuk mampir.

Oya, saya kenalin dulu, Dicky ini adalah temen kami di Persekutuan Mahasiswa Melisia Christi semasa kuliah di Yogyakarta. Dicky aslinya dari Riau dan dia di sini kuliah Coockery sambil kerja jadi tukang cuci piring. Agak shock sebenernya waktu tau ternyata jadi tukang cuci piring di sini karena waktu kuliah di yogya dia keliatan modis dan termasuknya orang mampu lah. Ditambah ngeliat badannya yang kurus tinggi dan keliatan ga ada power. Karenanya saya cukup kaget setelah saya jalanin pekerjaan sebagai tukang cuci piring juga, pekerjaan ini memang berat dan butuh energi ekstra ketimbang kerjaan sebagai accounting atau programer komputer.

Ok, itu sedikit perkenalan tentang Dicky. Jadi ceritanya sebelumnya kami sempet ketemuan sama Dicky beberapa minggu lalu tepatnya 25 Mei 2011. Kami dan Dicky janjian untuk ketemuan karena terakhir saya ketemu Dicky waktu masih Yogya. Sementara kalo Kristina sempet ketemu Dicky waktu di jakarta karena cicinya Dicky kebetulan 1 kantor sama Kristina. Jadi kami janjian makan malem bareng di Old Town Kopitiam Mamak, restoran Malay yang letaknya masih di Melbourne CBD, tepatnya bersebrangan dengan Max Brenner Chocolate. Nah kebetulan waktu itu kami bayarin makanannya Dicky dan dari situ kayanya Dicky pengen bales bayarin jadi dia selalu ngajak ketemuan lagi tapi kami bener2 ga kepikiran kalo Dicky bakalan bayarin kita karena pikir saya, ah dia kan lagi sibuk kerja dan kami ke situ Cuma sekedar mampir untuk ketemu dia dan sekalian nyobain masakan restoran tempet dia kerja karena kata Dicky masakannya enak2. Nama restorannya Bamboe dan memang asli enak, nanti saya ceritain detail tentang makanannya.

Nah, baru semalem setelah Kristina pulang kursus, kami langsung cabut naik kereta jurusan Glen Waverley dan turun di Holmesglen. Kurang lebih koprol 4-5 kali (alias deket) restorannya udah keliatan kok, cuman memang butuh mata yang jeli untuk nemu restorannya karena sepanjang jalan itu restoran semua dan semuanya pasang papan nama. Setelah sampe di Bamboe, Dicky langsung keliatan dan langsung menyambut dengan table menu nya. Saya tipe orang yang kalo dikasi banyak pilihan malah tambah bingung, jadinya saya langsung tembak ke Dicky kira2 menu apa yang menurut Dicky enak. Dia bilang kalo suka pedes nih dia (sambil nunjukin gambar yang nempel di tembok restoran) namanya Nasi ayam bakar sambal Padang. Langsung aja saya pesen itu satu dan kebetulan ada es teler juga sekalian dipesen karena saya mo bandingin sama punya Es Teler 77. Sementara Kristina tipe seneng makanan yang bertepung  dan digoreng, jadi dia pesen Nasi cumi goreng tepung dan Tahu isi goreng.

Singkatnya dari 4 menu yang saya pesen ini semuanya enak dan emang beneran aja Nasi ayam bakar sambal Padang nya bener2 nabok plak... plok... Bukan Cuma pedes doank tapi rasanya enak juga. Waktu suapan pertama, kedua, ketiga rasa pedes yang saya nanti2kan belom kunjung dateng. Tapi pas suapan ke tujuh, mak ileee... Nyus banget! Ingus mulai berceceran di atas bibir menambah sedapnya menu ini. Air mata juga mulai ngocor kaya keran bikin suasana makan makin dramatis aja. Jidat dan ketek pun ikut2an ngeluarin cairan biar makin komplit dan mirip pepatah “Sambil menyelam minum air”, sambil makan sambil olahraga. Apalagi pas suapan terakhir (kalo makannya ga berenti2), gilaaaa... bener2 ketabok kanan-kiri, rasanya badan seger banget dan aliran darah lancar. Cuaca lagi dingin tapi badan kerasa anget banget, pokoknya enak banget dah ini makanan. Beda banget sama menu Es Teler 77 yang menurut saya kurang greget walaupun Es Teler 77 juga punya sambel yang pedesnya nabok juga, sambel terasi yang pake cabe merah, tapi rasanya itu ga senikmat sambel padangnya Bamboo yang pake cabe rawit. Tapi sekali lagi ini subjektif, menurut saya enak banget, tapi pas Kristina nyoba (kebetulan dia ga suka pedes), dia bilang rasa pedesnya tuh sampe pahit jadi menurut dia itu ga enak.

Perlu saya paparkan di sini efek negatif dari makanan yang saya makan adalah sampe detik dimana artikel ini lagi saya ketik saya udah dikerjain ke WC sampe 3x dan rasa mulesnya masih belom ilang. Tapi anehnya masih mo nyoba lagi makanannya, hahaha... Ok, lanjut ceritanya. Setelah ngegayem ayamnya terus, lama kelamaan baru keliatan kalo ada telor yang dibelah dua di dalam tumpukan ayam. Oya, ayam bakarnya ini ga pake tulang lho ya, jangan bayangin ayam bakar sepotong bersama tulangnya. Ayam bakarnya ini udah dipotong2 dipisahin dari tulang. Kalo ngeliat menu ini jadi inget sama menu Nasi Pecel nya Es Teler 77 yang juga ada telurnya di tumpukan sayuran yang dikasi saos kacang. Makan makanan kaya gini mengasyikan buat saya karena lagi asik2nya makan eh ada kejutan “harta karun” yang ga keliatan pada waktu penyajian.

Sekarang makanannya Kristina nasi cumi goreng tepung, yang menurut saya ini enak juga. Tapi sayangnya rasa seperti ini udah biasa dan bisa didapatnya di masakan2 chinese di luar sana termasuk di Indo pun saya yakin ada yang bisa bikin dengan rasa yang mirip2. Jadi rasanya kurang sesuai selera saya. Tapi buat Kristina, ini memang makanan yang cocok dan sepertinya sesuai seleranya dia. Sementara tahu goreng isi yang dijual di sini punya cita rasa yang unik buat saya. Rasa tepungnya itu beda banget sama Tahu goreng isi yang pernah saya makan di Indo. Walaupun seporsi isinya Cuma 3 tapi saya ga mampu lagi untuk ngabisin karena terlalu kenyang dengan menu utama. Belom lagi es teler yang kami pesan sebagai desertnya.

Ini dia uniknya Bamboe restoran, dalam hal service mereka udah mirip2 restoran elit. Ya walaupun harganya lebih mahal dari Es Teler 77 tapi termasuknya masih lebih murah dari restoran mahal. Kurang lebih harganya mirip2 sama Nando’s. Mereka nyamperin ke meja customer dan mencatat setiap pesenan customer bukan customernya yang ngantri di depan kasir dan bayar dulu sebelum makan seperti di Es Teler 77. Mereka memperhatikan kapan menu tersebut layak untuk disajikan, contohnya aja es teler yang kami pesen, sebagai desert ini dikirimnya terakhir. Kalo di Es Teler 77, customer pesen apa, yang udah jadi duluan ya kirim langsung ke customer ga perduli itu desert atau menu utama yang penting pesenan customer terkirim semua.

Dan terakhir saya mau mengomentari menu terakhir kami, es teler. Ini dia lucunya dari restoran tempet saya kerja. Namanya Es Teler 77 tapi menu es telernya kalah jauh sama yang punya Bamboo padahal harganya sama. Saya sih belom pernah nyoba es teler dari Es Teler 77 tapi setiap kali saya ngangkut gelas customer yang es teler nya belom habis di situ keliatan banget es telernya encer. Sementara es teler pesenan kami ini kami makan dengan sangat lambat karena kami udah kekenyangan dengan menu utama dan cemilan tahu goreng isi otomatis es teler nya udah cair. Anehnya tetep aja kentel dan rasa santennya kerasa banget dan bener2 enak.

Jadi kalo secara keseluran melihat dari segi kualitas kepuasan dan enaknya menu, saya lebih milih Bamboe Restaurant walaupun Bamboe lebih mahal $1-3/menu tapi worthed. Sayangnya tempetnya bukan di pusat kota jadi sulit untuk dijangkau.

Oya, semua menu kami ini dibayarin Dicky. Bah, malah gantian kami yang ngerasa utang, soalnya kalo di kira2 menu kami tuh abisnya bisa $37, sementara waktu kami bayarin Dicky Cuma $15. Besok2 ngajak ketemua Dicky lagi deh, biar bisa bales traktir...

Lupa bilang, restoran Bamboe bukan restoran halal seperti Es Teler 77 karena saya liat ada menu sate babi dan Nasi iga babi. Mungkin karena ga halal itu kali ya makanya enak.

3 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

ayo makan situ lagi.....enak yaa....lain kali mau makan iga babi ah...trus es teler lagi...trus apa lagi ya...sayang ga jual batagor dan pempek....tapi lumayan daripada lu manyun
resto indo di melbourne cuma bamboe yang layak direkomendasikan padahal saya baru nyoba 2 resto indonesia..jadi ga tau ini subjektif or objektif

nana tulim mengatakan...

bikin ngiler aja lu hahaha.. sate babi di pasar lama enak juga kata ellen

Petter Sandjaya mengatakan...

Nana:
itu dia masalah, na, di sini kagak ada yg namanya "Pasar Lama". Mo cari makanan indo yg enak agak susah.

Kristina:
mending kita coba NELAYAN aja besok2, kan ada tuh menu Rica-rica nya, kita belon coba, minggu ini yuk?