About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 09 Juni 2011

Pekerjaan Kedua

Pekerjaan kedua ini saya dapatkan dengan curigaan dulu sama pemilik sekaligus yang nelpon saya. Namanya Joe Moretto, dia pemilik usaha Cleaner, orang Italia yang hengkang ke aussie waktu masih remaja bersama orang tuanya. Sekarang dia udah punya istri orang aussie, 1 anak perempuan, dan 1 anak laki2. Joe kurang lebih seumuran sama papa saya, umurnya tahun ini 58 tahun. Bedanya, kalo papa saya tiap harinya ngeluh badannya sakit, perutnya sakit, jantungnya sakit. Sementara si Joe ini justru badannya sehat bugar, bahkan termasuknya kekar kali ya. Postur tubuhnya pun lebih tinggi dari saya. Oya, kenapa saya curiga dulu? Soalnya takut ditipu, maklumlah namanya juga pendatang baru dan saya ada masalah dengan listening dalam inggris sangat buruk, jadinya dia ngomong apa aja tuh waktu di telpon saya ga ngerti sama sekali. Jadi terpaksa waktu itu saya minta Reine, orang yang saya tebengin waktu pertama kali dateng ke aussie, untuk ngedengerin penjelasan dari dia.

Kerjaan yang ditawarin sama Joe ini adalah sebagai cleaning service. Joe lagi cari orang waktu itu untuk ngebersihin club malam di daerah Sorrento, salah satu club malam di Continental Hotel. Dia cari orang karena kalo dia ngerjain sendiri waktunya Cuma abis di jalan karena perjalanannya memang jauh. Kebetulan waktu itu saya masih tinggal di rumah Reine di Frankston (sebelah selatan Melbourne City), jadi untuk ke Sorrento (sebelah selatan Frankston) Cuma memakan waktu 3 jam bolak balik naik bis, dengan ongkos $5 (pake tiket MYKI). Sementara kalo Joe ngerjain sendiri perjalanannya bisa 6 jam karena rumah dia di Coburg, sebelah utara Melbourne City ditambah lagi ongkos bensin dan biaya toll, jadinya akan lebih murah kalo dia rekrut orang untuk ngerjain kerjaan ini.

Singkat cerita saya terima tawaran Joe untuk ngerjain bersih2 club malam ini. Kerjaannya harus dilakukan setiap Sabtu pagi dan Minggu pagi saja. Kenapa? Karena pubnya Cuma buka setiap Jumat malam dan sabtu malam kecuali kalo hari senin nya libur nasional, biasanya minggu malamnya juga buka. Tapi rutinnya adalah setiap Jumat malam dan sabtu malam. Nah perjanjiannya adalah gaji saya $17/jam dimana kerjaan setiap sabtu pagi saya Cuma dibayar 2 jam karena biasanya setiap jumat malam ruangan yang dipake untuk party Cuma 1 jadi saya Cuma perlu bersihin 1 ruangan aja. Sementara yang hari minggu saya dibayar 5 jam karena biasanya party di hari sabtu malam itu sampe make 2 ruangan.

Intinya Joe ga perduli saya mo mulai kerja jam berapa dan mampu menyelesaikannya berapa jam. dia Cuma bilang yang penting untuk kerjaan yang sabtu pagi, saya harus udah kelar sebelum jam 4 sore, soalnya karyawan pub nya mo nyiap2in untuk party sabtu malam. Ya, ga ada masalah lah, kan kerjaan sabtu pagi Cuma 1 ruangan, jadi cepet. Tapi kalo yang hari minggu, berhubung udah ga ada party lagi di minggu malam, jadi saya bisa kelarin kapan aja bahkan sampe malem pun bisa. Kerjaan ini mudah banget buat saya bahkan termasuk nya enak ya, soalnya saya dibayarnya tetep walaupun saya kerja lebih cepet/lambat. Maksudnya adalah misalnya aja tuh kerjaan yang hari minggu, kan saya dibayar 5 jam, kalo saya bisa ngerjain dalam kurun waktu 3 jam, saya tetep dibayar 5 jam. Gitu  juga kalo saya ngerjainnya terlalu lama misalnya sampe 5 jam, ya tetep aja dibayarnya Cuma 5 jam.

Sebenernya kerjaan ini termasuknya enak dan gampang. Permasalahannya Cuma di perjalanannya aja. Kalo Joe butuh waktu 5 jam karena dia naik mobil sendiri, sementara saya butuh waktu 7 jam karena harus naik kereta dari Ginifer Station ke Flinder St Station, terus ganti kereta dari Flinder St Station ke Frankston. Abis itu baru naik bis dari Frankston ke Sorrento. Total ongkos yang dihabiskan untuk bolak balik adalah $8.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan Kristina, Asisten, sekretaris, penasehat utama, menteri keuangan sekaligus istri saya, kerjaan di hari sabtu pagi saya lepas aja. Pasalnya karena Cuma dibayar 2 jam sementara saya harus melewati perjalanan 7 jam. Kalo diitung2 secara uang sih masih untung, tapi ruginya di waktu aja. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan hari sabtu sebagai hari libur saya, karena kebetulan Kristina juga libur di hari sabtu dan kami kan ke sini juga dalam rangka mengeksplor aussie, masa kerja melulu? Jadi kerjaan dari Joe sekarang Cuma saya ambil yang hari minggu aja dengan bayaran 5 jam x $17 per minggu.

Suka duka kerjaan ini adalah... Dukanya dulu deh ya... Adalah kalo pas lantainya lengket banget. Kayanya yang party2 semalem minumannya pada jatoh semua. Atau biasanya kalo pas pengunjungnya rame, biasanya lantainya lengket banget. Bah, udah deh, ngebersihinnya pasti lebih dari 4,5 jam. Padahal kalo pas ga terlalu lengket saya bisa ngerjain dalam waktu 3 jam. Jadi kalo pas lengket terpaksa pulangnya lebih malem. Nah, sukanya adalah selain kalo pas lantainya ga lengket saya bisa pulang lebih awal, hampir setiap minggu saya pasti nemu duit receh. Mulai dari $2 sampe yang terkecil $0.05 (read 5 sen). Sampe sejauh ini jumlah terbanyak duit yang pernah saya temuin adalah dipegang oleh $9.05, diurutan kedua adalah $7.85, dan diurutan ketiga adalah $ 6.70. Sebenernya pernah nemu duit $10 (uang kertas) tapi bukan lagi ngepel malainkan lagi belanja di Woolworths (nama supermarket), lagi bingung mo ngatur duitnya gimana biar pas sesuai budget, eh malah nemu duit. Di sekitar situ juga pas sepi ga ada orang, jadi bingung mo kasi ke siapa, duit siapa itu? Bener2 kaya dikasi dari langit biar cukup gizi kali maksudnya Babeh di Atas sono.

Oia, selain bisa pulang cepet kalo lantainya ga lengket dan sering nemu duit waktu ngepel, “Suka” yang lain adalah badan saya rasanya jadi lebih fit terutama di bagian belikat. Waktu masih kerja kantoran dulu rasanya kaya pegel melulu bagian situ dan pengennya dipijit terus. Tapi sekarang badan ga sempet lagi terasa kaku, malah masa otot bertambah besar (walaupun lingkar perut ga kecil2...). Intinya, kerja fisik bikin badan lebih sehat dan aliran darah lancar. Jadi buat yang masih tinggal sama ortu atau mungkin udah tinggal sendiri entah bener2 sendiri, sama pacar, selingkuhan atau sama istri sendiri (bukan istri orang), janganlah malas untuk cuci piring, nyapu, ngepel, ataupun angkut2 barang yang lain. Semuanya itu ada faedahnya kok tanpa kita sadari. Apalagi kalo nyuci baju manual, wah mantab tuh keringetnya...

3 komentar:

Unknown mengatakan...

test pittt

Unknown mengatakan...

mantep pitt sharing nya,hehehe

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

ada 1 lagi sukanya....bisa beli fish and chips yang enak di sorrento...
semoga minggu depan nemu duit lagi ya 10 dolar aja..lumayan sekali lagi daripada lumanyun