About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 12 Juli 2012

Passive Income Dibalik Mobil Kotor

Topik kali ini tentang bisnis, jadi bagi yang ga tertarik silahkan di "Next". 1 Orang yang sudah pasti "next" yaitu istri saya. Hehehe, dia anti yang namanya "bisnis".  Tapi menurut saya justru topik ini yang paling menarik minat saya dan membuat saya ga mati bosan di acara Baby Shower minggu lalu. 

Di acara Baby Shower tersebut saya bertemu dengan seseorang yang bernama Karim. Karim menjalankan bisnis waralaba cuci mobil Jim's Car CleaningKarim ternyata hanya mengeluarkan dana sebesar $35,000 sebagai modal untuk pembelian waralabanya dan dia ditraining bagaimana caranya membersikan mobil secara efisien dan efektif dengan alat2 yang nantinya akan diberikan kepadanya, termasuk mobil yang nantinya digunakan untuk bekerja karena bisnis waralaba cuci mobilnya Karim ini ternyata bukan menunggu customer yang dateng, melainkan dia yang "jemput bola" alias mendatangi customer nya. Jadi apabila ada customer yang minta dibersihin mobilnya mereka tinggal telepon ke kantor pusatnya dan Karim akan di SMS untuk datang dengan segala peralatan di dalam mobilnya ke alamat customer. Kalau Karim lebih memilih mobil second hand otomatis biaya yang harus dikeluarkan lebih kecil dari $35,000 karena modal $35,000 termasuk biaya pembelian mobil baru.

Lalu dari mana customer tau usahanya Karim? Ga perlu pusing, seperti namanya bisnis waralaba, anda ga perlu dipusingkan dengan persoalan marketing, iklan ataupun tetek bengeknya. Para pemilik mobil2 mewah pastinya lebih memilih memanggil orang untuk membersihkan mobilnya ketimbang membersihkan sendiri, dan Jim's Car Cleaning ini sudah cukup terkenal di Australia. Seperti yang sudah disebutkan di atas jadi mereka tinggal menghubunging kantor pusat dan kantor pusat akan membagi-bagikan dengan rata semua customer yang pada hari itu membutuhkan jasanya via SMS.

Karim bisa membersihkan 1 mobil sedan yang tidak terlalu kotor hanya dalam waktu 45 menit dengan bayaran $50. Artinya kalau dibulatkan menjadi 1 jam, gajinya adalah $50/jam. Dari sisi ini saja sudah ada nilai plusnya yaitu kepuasan konsumen yang bisa menghemat waktu tanpa harus menjambangi tempat pencucian mobil. Bisnis yang dijalankan Karim ini bisa menghasilkan tertinggi $1,700 seminggu dan terendah $1,000. Sebenernya angka ini masih terbilang kecil karena dengan menjadi karyawan pun saya yakin bisa mendapatkan angka sebesar itu. Tapi saya melihat potensinya apabila dia merekruit karyawan untuk menjalankan bisnis ini. Dia cukup menggaji karyawannya katakanlah $15/jam, dia sudah mendapatkan passive income $35/jam. Itu baru mobil sedan standar lho misalnya seperti Honda, Toyota, Hyundai. Kalo mobilnya SUV atau mobil mewah seperti Lamborgini, harga pencuciannya bisa mencapai $100-200 untuk sekali cuci. Belum lagi kalau tingkat kekotorannya semakin sulit, artinya ada uang tambahan selain biaya yang normalnya ditagihkan.

Keuntungan berikutnya selain bisa mandapatkan passive income seperti yang disebutkan di atas, Karim bisa membeli bisnis yang sama lagi dan menjalankannya sendiri bila menginginkan penghasilan yang lebih besar atau sekedar mengisi waktu luang. Atau bisa dengan merekruit karyawan lagi untuk menjalankan bisnis yang keduanya ini. Artinya total passive income nya $70/jam.

7 komentar:

autumn leaves mengatakan...

kl kapan2 mas peter buka jasa spt Jim, dan butuh karyawan utk tukang cuci, saya daftar yaaa ^^) hehehhe..

Unknown mengatakan...

salam kenal buat mas Peter, kebetulan baca bloggnya, dan kebetulan lagi pacar saya lagi di melbourne,, tapi baru keluar dari tempat kerjanya kemaren, kalau ada informasi lowongan mohon di bantu informasinya yah mas.. thank you...............

Petter Sandjaya mengatakan...

Kl blh tau pacarnya pake visa apa? Terus ngabarin lowongannya gmn? Ada email?

Petter Sandjaya mengatakan...

Boleh, he3. Tp semoga dpt Kerjaan yg lbh bagus ya...

Unknown mengatakan...

waaaah asyik nih kerjanya mas...
cocok banget buat aku, yg stiap harinya driving terus. hehe
masih ada lowongan gak...?
mohon infonya ya mas...
email: waone.drive@gmail.com

Petter Sandjaya mengatakan...

Wah, sayang Puji, itu bukan kerjaan. Yang saya jelaskan di atas adalah sebuah bisnis...

Unknown mengatakan...

thanks for reply mas.... dia pake working visa, no. hpnya +61488572297, email roy_namaku1@yahoo.com, kemaren saya udah cerita tentang blognya mas,dia bilang boleh deh.. saling tukar informasi gitu...., thank you yah mas,, GBU and family... :)