About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 16 Oktober 2010

Civil Servants

Tiga jalan ini adalah yang paling sering gw lewatin selama 2 tahun terakhir belakangan ini, Jl. Medan Merdeka Barat, Jl. MH. Thamrin, Jl. Jend. Sudirman. Tiga jalan ini adalah track lurus dari ujung Monas sampe Plaza Smanggi. Denger dari temen2 yang kebetulan kerja di sekitar kawasan Tamrin-Sudirman, kawasan ini katanya merupakan kawasan elit dan karenanya banyak bangunan2 tinggi menjulang yang isinya orang2 yang saling bersaing & sikut2an untuk dapetin penghasilan yang lebih besar (supaya bisa jadi “elit” juga kali. Masa kawasan elit isinya orang2 ga elit?). Atau ada juga mereka yang bukan atas nama duit, mereka ikut bersaing di panasnya dunia kerja. Biasanya alasan mereka ada yang hanya untuk mengejar posisi atau kekuasaan semata. Atau orang awam bilang ‘haus kekuasaan’. Bagi mereka suatu jabatan kadang mencerminkan suatu prestige (baca: prestis/gengsi). Tapi emang buntut2nya juga UUD (ujung-ujungnya duit) yang jadi pilihan dari sekian banyak opsi yang ada.

Katanya lagi nih, orang yang pengalaman kerjanya udah banyak biasanya ilmunya juga banyak. Jadi biasanya mereka yang pengalaman kerjanya udah berentet dari perusahaan A sampe Z cenderung menjadi prioritas dalam list para pelamar kerja. Tentunya yang dimaksud pengalaman kerja yang beretet itu ada dalam masa kerja yang ga sebentar, karena biasanya orang tersebut dianggap sudah mengusai ilmu dan sistem perusahaan tempat dia bekerja minimal 2 tahun.

Kalau gw jadi seorang pemimpin perusahaan swasta, ketika dihadapkan pada pelamar kerja yang didefinisikan di atas, tentunya gw langsung ngiler dan pengen secepatnya untuk proses orang tersebut. Tapi ada keanehan dalam teori ini yang mejadikannya belum tentu saklek bener. Maksudnya adalah, teori ini ga bisa dipraktekkan dalam dunia kerja di PNS (Pegawai Negri Sipil). Yang gw tau, kerja jadi PNS jelas2 ga akan menambah ilmu loe, sekalipun judulnya loe kerja di Departemen Keuangan, atau bisa juga Bank Indonesia. Ilmu apa yang loe mo dapetin dari pengalaman kerja dengan pemerintah? Ilmu berkelit? Atau pembelajaran tentang prosedur birokrasi, supaya besok2 bisa diakalin gimana biar lebih gampang dapet duit cipratan dari luar?

Temen kantor gw dulu ada yang resign alasannya karena dia keterima di Departemen Keuangan alias jadi PNS. Perlu diketahui bahwa Sansan (bukan nama sebenernya) lulusan S2 Management salah satu universitas swasta di daerah Grogol dan kerjaan dia di Dep. Keu adalah bikin NPWP. Kebayang ga sih loe, kalo loe orang pinter tapi kerjaan loe bikinin NPWP perusahaan2 swasta yang karyawannya belom punya NPWP. Udah gitu belom lagi kalo tau total jam kerja dia dalam 1 hari kalo dirata2 mungkin Cuma 3-4 jam sehari. Gondok ga loe?

Nah, untuk tau lebih pastinya mari kita kalkulasiin bersama2. Sansan pernah bilang kalo di Dep. Keu ada fasilitas olahraga juga, salah satunya futsal. Nah kami (para cowok) pernah diajak main bareng sama orang Dep.Keu “Besok ya, jam sepuluh, bisa ga?” Temen gw Andreas langsung bilang, ok deh, kalo kagak lembur ya? Lah, si Sander langsung pasang muka bingung: “Lembur? Lembur apaan loe jam 10 pagi?” Buset, gentian kita yang bingung. Jam 10 pagi kita lagi sibuk2nya kerja dia malah asik futsal. Abis futsal udah jam istirahat. Istirahat yang harusnya Cuma sampe jam 13 biasanya dimolorin sampe jam 14. Sander bilang biasanya tiap sore suka ada yang main ping-pong sama bulu tangkis kurang lebih jam 15 atau 16 gitu. Abis bulutangkis/pingpong ya pulang donk. Kan kurang lebih udah jam 17 tuh. Kadang malah buat yang ga suka olah raga, jam 15 adalah waktunya pulang. Alasannya biar ga kena macet, …cet! Buktinya apa kalo sekitar jam 3-4 sore gitu mereka udah pulang? Ini buktinya:

Kebetulan kerjaan gw ada yang berhubungan sama laporan Impor Barang yang harus dilaporin paling lambat tiap tanggal 15 tiap bulan melalui website http://inatrade.depdag.go.id Tapi untuk bulan ini gw harus ngisi 1 kolom baru yang meminta kode verifikasi dari perusahaan yang gw laporin impornya dan sayangnya gw ga tau kode verifikasi tersebut. Karena hal ini baru dan ga seperti biasanya, jadi gw berinisiatif telpon ke Dep. Perdagangan setelah coba kirim email dulu sebelumnya mengenai masalah ini tapi balasannya ga dateng2 (email balasan datengnya telat, masalahnya udah kelar, balasannya baru dateng). Setelah coba telpon sekitar 30 menit, akhirnya ada juga yang angkat (bikin emosi aja!) padahal itu resepsionisnya, telpon bunyi berkali2 ga diangkat2, kemana aja tuh orang2? (boker kok pake lama?) Udah gitu disambunginnya ke bagian yang bukan ngurusin urusan gw lagi, Kkyyyaaa… Mo mati rasanya, terpaksa telpon lagi, ga diangkat2 lagi. Pas diangkat bilangnya orang yang tau urusan ini lagi ga ditempat, disuruh telpon 5 menit lagi. Hal ini terjadi berulang 3 kali sampe pada akhirnya orang yang angkat telpon & nyuruh gw telpon 5 menit lagi waktu di awal tadi bilang orangnya udah pulang & akhirnya dia juga yang kasi gw kode verifikasi tersebut. Yak ellaaaaaahhh… Kenapa ga dari awal aja sih? Waktu gw kebuang sia2 Cuma buat nungguin sesuatu yang ga ada gunanya. Akhirnya total 3 jam gw baru bisa dapetin kode verifikasi tersebut yang sifatnya personal untuk tiap perusahaan. Padahal kalo mau diefektifin paling2 ga sampe 5 menit gw udah bisa dapet kode verifikasi tersebut. Tapi gara2 pecundang2 yang kerjanya Cuma ngerumpi di kantor sampe ga ada waktu untuk angkat telpon & yang kerjanya Cuma pulang cepet sebelum waktunya, 4 rekonsiliasi bank yang harusnya bisa selesai waktu itu jadi keteteran semua.

Haduh, haduh… Gimana Negara ini bisa maju kalo pengurus2 nya aja kerjanya ga efektif. Belom lagi tiap pagi pas gw lagi nunggu lampu merah di bunderan Arjuna situ (lampu merah antara Jl. Medan Merdeka Barat dengan Jl. MH. Tamrin) para PNS banyak banget tuh yang nyebrang jalan mo jogging di Monas. Ada juga yang udah ngikutin gerakan instruktur senamnya dari gedung Indosat situ. Udah suara instrukturnya bikin rusuh suasana (kaya demonstran gitu) ditambah lagi music senamnya kadang pake music dangdut. Kkkiiyyyyaaaa… Bikin emosi pagi2, bawa sial aja. Emang ngeki’in bener2 deh. Jam 8 pagi gw udah sibuk & stress dijalan yang macet & banyak asep bis yang harusnya musnah dari muka bumi ini, pas di lampu merah malah ngeliat PNS sibuk me-refreshing-kan diri dengan seragam olah raganya (kaos berkerah Krem dan celana training Oranye agak kecoklat2an). Belon lagi kalo lampu udah ijo, yang harusnya gw bisa jalan eh malah masih distop sama polisinya. Kagak boleh lewat dulu, soalnya mobil ber-plat RI 12 atau kadang RI 27 mo lewat dulu, harus diprioritaskan. Kadang malah plat nya kagak pake RI-RI an tetep aja nyelonong juga, kitanya yang nungguin waplo (wajah planga plongo) ngeliatin mobilnya. Tau deh, siapa di situ isinya. Feeling gw sih si Foke, soalnya sekitar situ kan ada kantor gubernur dan setau gw gubernur ga pake mobil dengan plat yang depannya RI. Beneran deh, bisa-bisanya aja nih pemerintah ngelawak dengan meres kita2 yang non-PNS. Kerja banting tulang gajinya mpot-mpotan…

Oya, balik dulu ke temen gw Sansan tadi ya. Bener ga tuh kalo diitung2 kerjanya Cuma 3-4 jam per hari? Malah kayanya ga sampe ya? Apalagi kalo hari Jumat tuh, wuih, istirahatnya bisa lebih paaaaaaanjang dan laaaaaaaaaaaama, booo… alasannya katanya kan jam istirahatnya udah dipake buat shohat Jumat. Jadi kasi waktu donk untuk makan siang (belom termasuk makan siang yang dimolorin lho).

Haduh, haduh, kalo pelayan masyarakatnya aja kaya gini, gimana masyarakatnya mo respek? Eh, ada lagi nih yang bisa bikin loe pada tambah ga respek sama pegawai pemerintahan. Tau sendiri kan kenapa orang2 Indonesia berbondong2 ngelamar jadi PNS waktu dibuka lowongan? Karena kalo loe jadi PNS, selain kerja santai gaji melangit, loe bisa dapet tunjangan kalo nanti loe udah pensiun. Nah, tunjangannya dalam bentuk apa? Tunjangan tersebut dikasi sebesar gaji pokok loe waktu masih kerja dulu. Jadi bisa dibilang Passive Income lah. Walaupun loenya udah mokat (meninggal), nantinya pasangan loe juga tetep dikirimin tuh uang gaji buta loe itu sampe pasangan loe mokat juga, tapi mungkin jumlahnya ga sebanyak pas loe masih idup.

Nah, perlu diketahui nih, Negara dapet duit dari mana buat dikasi2in ke pensiunan PNS? Dapetnya dari loe loe pada itu yang rajin bayar pajak. Kalo telat dikit aja udah harus didenda, tapi giliran kita yang kelebihan bayar ke Negara, balikin duitnya susah bener, dimolor2in sengaja dibikin berbelat-belit biar kitanya juga males nagihnya. Nah, makanya apa kata dunia kalo loe ga bayar pajak? Itu pensiunan bisa pada mati tau. Jadi kasihanilah ya mereka, bayarlah pajak sebanyak2nya supaya mereka tetep sejahtera sementara loe melarat aja. Jauh2 deh loe, kelaparan aja ga bakalan loe disokong duit sama pemerintah. Undang2 Dasar (gw lupa pasal berapa) yang bilang fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh Negara, perlu stabilo-in tuh. Karena sepertinya bagi pemerintah para pensiunan PNS inilah yang termasuk dalam kelas fakir miskin & anak terlantar. Karena mereka dulunya kerjanya Cuma olahraga, otak mereka ga dilatih untuk berkembang, ga biasa mikir. Biasanya Cuma seneng2 aja. Jadi pas udah tua mereka ga bisa apa2, ga punya skill apa2 pula, bahkan mungkin udah pikun. Jadi ya dipeliharalah ya?

Belom selesai sampe di situ lho, ya. Sansan temen kantor gw ini bongkar lagi satu hal yang bikin kami yang bekerja sebagai konsultan pajak pun shock dibuatnya. Ternyata dia yang profesinya sebagai PNS yang kerjanya bikin NPWP yang notabene adalah petugas pajak, gajinya ga dipotong PAJAK. Ajigilebusetdehah… Tukang pajak malah ga dipotong pajak? Gila ga tuh? Nah, itulah Negara kita. Kalo ga gila ya bukan Indonesia. Kalo ga ada diskriminasi ya bukan Indonesia. Kalo ga korupsi ya bukan Indonesia. Peraturan dibuat untuk dilanggar. Kalo bisa dibikin susah kenapa harus dibikin gampang. Duit, duit… semua bicara soal duit. Kalo ga gitu kan bukan Indonesia.

Heran bener deh, padahal gaji para PNS ini kan udah dinaikin. Apalagi yang duduk di kursi2 DPR yang saban hari bicara soal minta fasilitas dinaikin mulu. Cih… Jangan bahas itu dulu deh, tambah muak ngebayanginnya aja. Sansan yang saat ini masih probation di Dep. Keu. Gajinya sih ga gede2 amat. Bahkan lebih kecil ketimbang waktu dia masih di tempet kerja gw sekarang. Tapi dia bilang kalo nanti dia diangkat jadi karyawan tetap, gaji dia bisa naik kira2 jadi 7-10 juta per bulan tergantung penilaian atasnya pada saat itu. Ditambah lagi gaji dia yang selama probation dulu itu di rapel sebesar gaji barunya nanti. Dan sekali lagi bukan maksudnya mo manas2in (tapi emang gw udah panas nih!!!) ataupun bikin rusuh suasana, itu semua bayarnya pake duit loe yang rajin bayar pajak. Gila, pemerintah nentuin UMR aja udah kecil banget buat para karyawan2 & para wong cilik. Tapi buat orang2 pemerintah yang kerjanya ga jelas itu sama sekali ga diterapin hal yang sama. Ternyata ga soal agama doank di Indonesia ada diskriminasi, tapi soal status profesi pun terjadi diskriminasi.

Mantaps, man… situasi kaya gini mungkin yang diharapkan sama para pemimpin bangsa ini. Atau malahan jangan2 mereka ga terpikir kalo situasinya bakalan kaya gini? Terus, karena udah terlanjut jalan, dimasa-bodoin aja, belagak ga tau aja. Tapi gw yakin tetep masih ada para PNS yang sadar betul kalo mereka adalah pelayan masyarakat dan mereka2 yang masih punya jiwa nasionalisme yang tinggi untuk menciptakan Negara Indonesia yang lebih baik, lebih efisien, lebih efektif, lebih adil terhadap semua SARA, dan berani mejunjung tinggi hak & kewajiban yang seharusnya diterapkan. Tapi sayang biasanya para PNS yang baik hati ini biasanya akan didepak dari kelompoknya, jabatan ga akan dinaikin, dan yang udah pasti ga akan megang suatu posisi penting.

Semoga Indonesia bisa berubah…

2 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

ih jadi esmosi bacanya...emang paling sebel kalo liat para pns yang kerjanya nyantai2 tapi gajinya gede. dah gitu banyak dapet pendapatan tambahan lagi..bener2 ga rela gajiku udah dipotong pajak buat gituan doang...merasakan manfaatnya juga jarang. harusnya mendingan fasilitas mobil2 pejabat dan tunjangan lain2 itu buat bantuin fakir miskin dan anak terlantar deh..kok ga ada rasa bersalahnya ya sama mereka yang hidupnya kerja susah payah sampe nyawa juga terancam tapi penghasilan kecil.

Petter Sandjaya mengatakan...

hahaha... padahal belom ditambahin cerita2 tentang pegawai2 catatan sipil tuh, dari bikin KK, perpanjang KTP, atau surat pengantar nikah... kalo ditambahin takut terlalu "panas"...