About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Rabu, 13 Oktober 2010

Our Comments

Hari ini total udah 1 minggu anak baru di kantor gw menghilang tanpa jejak, ga masuk tanpa ada inisiatif kasi kabar ke orang kantor. Yang ada malah orang kantor yang sibuk nyariin dia, tapi waktu di konfirmasi ke orangnya langsung via BB (setelah beberapa kali konfirmasi ga ditanggapin), dia malah ngakunya udah bilang & kasi kabar ke si bos padahal si bos sendiri ngerasa ga pernah dapet kabar tentang dia. Namanya Micho (bukan nama sebenernya), dan dia punya alasan kalo selama ini dia ga masuk karena dia sakit lever, sampe ga bisa bangun dari tempet tidur. Dan dia udah nyuruh nyokapnya untuk ngabarin orang kantor. Sialnya orang kantor ga ada yang ngerasa pernah terima telepon atau kabar dari dia. Entah dia yang boong atau emaknya yang disuruh ngabarin tapi kagak ngabarin. Tapi yang pasti situasi udah mulai kacau balau, karena kerjaan yang harusnya diselesaiin sama Micho, justru malah jadi di handle orang lain, image nya udah buruk deh.

Situasi lain, yaitu di kantor, semua pada panas ngedenger alasannya Micho yang terkesan dibuat2. Mereka merasa Micho ini bener2 ga punya etika sopan santun dalam dunia kerja. Mungkin ada yang anggep sikapnya itu wajar2 aja soalnya dia masih mahasiswa, baru lulus D3 dan lanjut S1 nya kuliah malem selepas pulang kerja. Ada yang bilang seumur2 mahasiswa itu biasanya masih labil, pencarian jati diri, kadang terkesan plin plan. Tapi mayoritas kayanya berusaha memakaikan ‘baju’ mereka ke Micho, alias minta Micho untuk mengerti bahwa loe udah masuk dunia kerja ga bisa bersikap kaya gitu.

Wuih, kalo dengerin hujatan2 yang terlontar dari temen2 yang sebel sama Micho, bener2 ga kebayang kalo gw jadi Micho.

  1. “Dasar ga punya sopan satun”
  2. “Halah, ga bisa gerak kok bisa nulis komen di FB? Alesan doangan tuh…”
  3. “Kampret, kalo sampe tuh anak boong, biar beneran tuh penyakit nempel di badannya.”
  4. “Kaya dia orang penting aja, kita cari2 dia mulu…”

Masih banyak lagi sih sebenernya komen2 yang isinya nyakitin ati. Malah ada yang punya ide mau mergokin dia di kampusnya: “lho, katanya sakit, kok masuk kuliah?” (Ceritanya kalo ketemu orangnya gitu)

Terlepas dari bener atau boong semua alasannya si Micho, gw mulai merasa & sadar kalo kita ga layak deh sampe maki2 orang kaya gitu. Gw aja sebenernya nyesel pernah nulis artikel yang isinya maki2 orang. Nyesel karena gw udah menjelekan diri gw sendiri sebenernya tanpa gw sadari waktu itu, karena tertutup sama emosi sesaat. Gw sadar betul ini salah besar dan perlu banget untuk diperbaiki. Kenapa? Karena gw baru keinget sama tulisan yang pernah gw baca: KATA-KATAMU ADALAH DOAMU. Setiap kata yang keluar dari mulut loe adalah sebuah harapan. Kalo kata2nya baik biasanya loe adalah orang yang punya harapan akan kehidupan yang lebih baik. Sebaliknya, orang yang “mulutnya” buruk, biasanya punya harapan akan hidup di masa depan yang pesimistis, lebih cenderung negative thinking.

Sebagai contoh, sejauh yang pernah gw liat, orang2 yang berpendidikan tinggi biasanya adalah orang2 punya etitut yang baik, tutur kata yang baik juga. Sebaliknya orang yang berpendidikan rendah cenderung bersikap egosentris, semaunya tanpa memperdulikan kepentingan umum. Karena ga memperdulikan kepentingan umum & menyalahi prosedur maka sering mengalami kegagalan & kepahitan dalam hidup. Karena terlalu sering merasa kepahitan jadi cenderung negative thinking, bersikap kasar dan mengumpat. Makin ngumpat, makin jelas deh perbedaannya sama orang yang berpendidikan.

Berikut ini contoh konkrit pelanggaran yang sering dilakukan oleh mereka yang ga memperdulikan kepentingan umum: Pernah liat tukang ojek, sopir Kopaja, atau sopir bajaj? Nah tau sendiri kan gimana gaya nyetirnya mereka dan cara mereka naikin/turunin penumpang? Ga perduli tujuan rambu2 itu dipasang atau kendaraan2 lain yang ada di sekitarnya waktu itu, yang penting bagi mereka tujuan mereka tercapai. Atau ada juga yang udah jelas2 jalanannya satu arah, tapi karena puterannya terlalu jauh (memakan banyak bahan bakar & waktu) jadi hajar bleh aja deh, lawan arah juga gpp, yang penting masih selamat. Jadi, egosentris itu tadi kan, semaunya, suka2 mereka, memaksa orang untuk menuruti kenginan mereka, kendaraan2 yang jalannya udah bener terpaksa ngalah & kasi jalan buat si bajaj atau ojek yang bersangkutan.

Btw, tapi ga Cuma tukang ojek lho ataupun sopir2 kendaraan umum yang pernah gw temuin yang sering ngelanggar lalu lintas. Para pemakai jalan yang umumnya orang2 kantoran pun sering gw temuin. Zebra Cross yang harusnya bisa dinikmatin oleh para penyebrang jalan, eh malah jadi tempet kendaraan2 bermotor nungguin lampu merah. Ataupun trotoar2 yang harusnya dipadatin sama pejalan kaki, eh yang keliatan malah motor yang lagi berusaha melawan arah mungkin karena alasan itu tadi kali, puteran jauh, waktu, bensin.

Ok, balik lagi ke persoalan menghina orang lain. Orang yang menghina orang lain biasanya ga disertai fakta2 yang ada. Biasanya lho ya, mereka hanya berasumsi atau mengandai2. Karena mereka udah terlanjur merasa dikecewakan. Contoh si Micho tadi, orang kantor ngerasa udah emped gara2 dia kagak kasi kabar, sementara kerjaan numpuk, tingkat stress yang tinggi buat orang kantor jadinya ga sempet lagi deh mikirin fakta2 dari alasan2nya itu. Jadinya abis deh tuh si Micho

Seandainya, setiap orang yang lagi dirundung emosi & berasumsi negatif mau melapangkan dada sebentar aja untuk menguak fakta2 yang ada, siapa tau alasan2 yang diajukan tersebut benar adanya. Contoh kaya di film Lake House, waktu Sandra Bullock mo janjian ketemuan sama Keanu Reaves di satu restoran terkenal dan selalu padat pengunjung. Sebelumnya diceritain kalo mereka adalah sepasang kekasih yang jadian tapi belom pernah ketemuan. Mereka berada di masa yang berbeda (selisih 2 tahun), tapi mereka menempati rumah yang sama, Lake House. Nah, yang terjadi adalah Keanu nya ga dateng padahal mereka udah antusias untuk ketemuan. Tapi Sandra ga mo terima alasan apapun karena ketidakhadiran tersebut. Sandra yang merasa ditipu & dipermainkan memutuskan hubungan mereka secara sepihak. Sehebat apapun usaha Keanu untuk mengembalikan hubungan mereka & kasi penjelasan ke Sandra kalo dia ga mungkin ga dateng, pasti ada alasannya, tetep aja Sandra ga mo terima, karena udah emped duluan, ketutup sama emosi. Alhasil Sandra nya nyesel karena dia baru tau kalo Keanu ga bisa dateng waktu itu karena dia udah meninggal, kecelakaan tertabrak bis.

Seandainya setiap manusia di dunia ini mau coba untuk memahami situasi orang lain, mau mengerti keterdesakan sesamanya, maka ga akan ada dosa2 umpatan, celaan, makian yang justru malah jadi batu sandungan ke orang tersebut. Orang yang dimaki juga ga merasa bisa belajar dari kesalahannya karena mungkin udah merasa terhina duluan gara2 cacian tersebut. Kitanya pun ya mengeluarkan kata2 tersebut ga terlihat lebih bagus, justru malah terkesan kampungan, kaya orang ga pernah makan bangku sekolah aja kalo kata orang betawi.

Emang ngomong/komen tuh harus ati2 deh, terutama dalam hal menanggapi situasi2 yang terjadi dalam kehidupan sehari2 kita. Gw jadi keinget sama kata2 sepupu gw Chracia (bukan nama sebenernya) waktu kami lagi di kursi penumpang dalam perjalanan ke Serpong untuk menghadiri ulang tahun paman kami. Dia bilang kalo dia paling males untuk mengomentari komen2 foto/status di FB apalagi posting status yang justru lagi jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Karena takut nanti ada yang tersinggung padahal maksud kita baik. Bener juga sih setelah gw pikir2, karena bahasa tulisan itu bisa ditanggapi dengan berbagai macam reaksi, semua tergantung situasi dari si pembaca. Kalo yang baca mood nya lagi enak, mungkin dia bisa terhibur dengan komen2 candaan kita. Tapi, sial banget tuh kalo sampe misalnya orang yang baca komen loe baru aja abis ngeliat pacarnya gandengan sama cowok lain di mall yang ternyata sohibnya sendiri. Pas balik ke rumah dibacotin sama bokapnya gara2 pake motor “kurang lama” katanya. Waktu mo masuk kamar nyokapnya ngebacot juga pasalnya belanjaan yang dititipin ternyata lupa di beli gara2 emosi waktu liat ceweknya gandengan sama sohibnya. Pas buka laptop, buka FB, eh baca komen loe yang yang maksudnya bercanda. Abis deh loe…

Semoga artikel ini bisa jadi ajang pembelajaran buat kita yach. Ada pepatah bilang: “Pengalaman adalah guru yang terbaik” Tapi buat gw: “Pengalaman orang lain adalah guru yang terbaik”. Jadi jangan sampe kita jatoh dulu ke lobang untuk tau di situ ada lobang. Jadiin pengalaman temen/kerabat yang punya pengalaman yang sama demi kehidupan kita yang lebih baik.

God bless your future plan…

God bless your family…

3 komentar:

Baek Sung Jo Oppa mengatakan...

trus sekarang nasib si micho gimana? kalo emang udah ga niat kerja mendingan terus terang aja ya. or jangan2 karena orang di kantornya tuh pada sengak2 jadi dia ga betah..tapi ga enak mo resign padahal baru sebentar. jadinya mending kabur deh.

siskaharlio mengatakan...

kyk firman minggu lalu, tanggal 24,
orang farisi yg berdoa, dan orang fasik..
doa orang farisi, menghakimi orang fasik, dan menyombongkan diri..
Terkadang kta suka menghakimi orang.. hei, refect ourlife, before you judge.. :)..

~ jessie ~ mengatakan...

Selalu memikirkan reaksi orang lain itu baik. Berhati-hati dalam ucapan itu juga baik. Tapi kalau hanya karena terlalu memikirkan reaksi orang sampai kita nggak bisa jadi diri kita sendiri, saya rasa itu juga nggak baik. Kita mau tulis status selucu apapun, sebagus apapun, tapi kalau pembacanya yang moodnya ga enak, masa salah kita sih? Reaksi orang lain itu bener2 kuasa mereka, udah bener2 di luar kontrol kita. Itu menurutku sih. ;)