About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Minggu, 17 Oktober 2010

Let It Be Me...

Awalnya gw yang pada waktu itu masih menjabat sebagai mahasiswa semester 2 punya ambisi besar untuk cepet lulus. Idealisme yang melekat di otak terlalu kaku dan bersifat sedikit konservatif, terutama perihal masa depan gw sebagai accounting yakini jurusan yang lagi gw ilhami di kampus pada waktu itu. Mungkin sama hal nya seperti manusia2 pada umumnya di bumi Indonesia ini, pengen cepet lulus, sukses berkarir, hidup mapan. Maklum aja, waktu itu kayanya PD banget bakalan lulus cepet dengan IPK di atas 3,5. Pasalnya di semester 1 nilai2 gw bagus semua dan gw ngerasa semua yang diajarin di kuliah pernah gw dapet dulu waktu di SMEA dan begitu cepet gw nyerep semua ilmu yang disampein dosen karena semuanya masih dasar/basic dari accounting yang ternyata variasi2nya otak gw ga nyampe. (Gambar dari sini)

Ketidak-sampean otak gw tersebut adalah mimpi buruk untuk semester berikut2nya yang ga mau gw ulang lagi. Apalagi sejak tau kalo di kampus ternyata ada galeria untuk belajar main saham. Dari situ gw belajar iseng2, simulasi, sampe main beneran pake duit tabungan. Ya, judulnya mahasiswa kalo udah tau dapet duit mana bisa jadi rajin belajar biar cepet lulus? Yang ada malah rajin belajar biar bisa untung main sahamnya, padahal itu kagak keluar di ujian. 

Alhasil kuliah accounting yang rata2 cuma 4 tahun gw jalanin udah kaya kuliah Kedokteran Umum. Tapi lama2 jadi malu dan sadar diri juga, soalnya udah ga ada lagi temen2 yang seangkatan yang masih ngetem di galeri bursa saham. Ditambah lagi waktu itu ortu udah bingung caranya biar gw konsen sama kuliah akhirnya uang kuliah pun untuk semester berikutnya ga dikirimin. Untungnya waktu itu udah tinggal skripsi doank, jadi ga terlalu berat bayar kuliahnya pake tabungan pribadi yang tersisa waktu itu.

Dari sejak itu mulailah konsen untuk cepet lulus dan rencana2 masa depan yang dulu waktu semester 1 pernah direncanankan, terkuak kembali. Planingnya abis lulus gw harus serap ilmu2 yang gw terima selama kerja. Gw harus kejar karir & waktu gw yang udah terbuang selama di kampus dulu.

Kerja di perusahaan A, ok sistemnya kaya gini, ouh… cara pelaporannya begini. Lanjut, pindah ke perusahaan B, Hah? Ternyata sistem penjualannya kaya gini. Oo, prosedurnya kaya gini, ok deh. Terus belanjut sampe pada akhirnya gw masuk ke perusahaan yang sekarang karena tingkat kejenuhan yang terlalu tinggi di perusahaan2 sebelumnya. Di sini sempet atasan gw bilang ke gw: “Waktu gw masih seumuran loe gw udah supervisor. Loe ketinggalan jauh.”

Dari sejak itu gw terpacu untuk semakin ngejar karir gw yang tertinggal karena ada temen seangkatan gw yang ga pernah ikut organisasi & lulus duluan dari gw tapi gaji yang dia dapet di tempet kerja dia 2x lebih besar dari gaji gw waktu masuk di perusahaan yang sekarang. Perbandingan tersebut bukannya nyurutin semangat gw, tapi malah bikin gw semakin terobsesi dengan karir yang seharusnya gw dapetin saat ini. Ditambah lagi gw ngerasa pengalaman organisasi gw cukup baik yang udah barang tentu secara leadership berarti gw cukup capable (read: mampu) untuk diserahkan posisi supervisor.

Hari demi hari, waktupun terus berlalu (Yack ilah, dia nyanyi…?) gw semakin tenggelam dengan obsesi yang lagi gw kejar tanpa gw sadari apakah memang ini yang gw cari dalam hidup. 1 minggu sebelum gw masuk ke kantor gw sekarang, kira2 tanggal 25 Januari 2009, gw sempet ngobrol2 sama sepupu gw Yuni yang ga bisa berbahasa Indonesia – di rumahnya. Dia nawarin untuk kerja di negaranya, dan dia bisa Bantu untuk cariin kerjaan karena dia punya beberapa chanel. Tapi jangan tahun ini, karena keadaan pada waktu itu lagi resesi. Jadi gw memutuskan untuk berangkat tahun depan dan sambil nunggu gw kerja dulu 1 tahun di tempet yang sekarang.

2010 adalah tepat 1 tahun yang lalu gw merencanakan hal yang menjadi rencana masa depan gw. Karena menurut gw yang idealis waktu itu satu2nya cara untuk mengukur kesuksesan seseorang adalah dari seberapa banyak uang yang bisa dia bawa pulang ke rumah. Dan gw berpikir dengan kerja di sana gw bisa dapetin uang lebih banyak dari orang di Indonesia walaupun mungkin kerjaan kita sama – sama2 accouting, sama2 staff.

Tapi kenapa sampe sekarang gw juga belom mewujudkan rencana gw itu? Kenapa sampe sekarang gw masih di Indonesia? Ada apa gerangan? (Halah, sok puitis…) Perlu gw paparin dulu di sini bahwa gw bukannya ga melakukan apa2 untuk ngewujudin rencana gw tersebut, tapi ternyata prosedurlah yang bikin gw ga bisa untuk berangkat ke sana karena kemungkinan nya yang terlalu kecil untuk bisa dapetin PR kerja dan melihat latar belakang universitas gw ternyata ga direkomendasikan di Negara yang bersangkutan.

Intinya setelah itu gw bener2 gelisah dan ga tau harus kemana. Karena gw ga menemukan solusi kalo gw tetep kerja di Indonesia. Apalagi melihat cuti yang dikasi selama setahun, kalo diukur2 sama negara lain, bener2 ga beradap. Kita di sini dibikin kaya sapi perah, cuti 1 tahun cuma 12 hari, sementara orang2 yang di Afrika Selatan aja yang sama2 negara berkembang kaya Indonesia bisa dapet 1 bulan per tahun. Pantesan aja banyak investor yang demen nanemin modal usaha nya di Indonesia, buka usaha di sini udah pasti efisien. Gimana ga? Wong karyawannya aja jarang libur. Kalo tau pola kerja orang Eropa lebih nyesek lagi, ngambil cuti bisa 3 bulan. Dia jalan2 di belahan dunia yang lain, pas balik ke negaranya kerjaan juga masih ada, ga perlu takut di pecat karena memang seperti itu prosedurnya. (Gambar diambil dari sini)

Tapi pada akhirnya gw nemuin jawaban atas kebuntuan gw selama ini. Dan rencana gw tersebut akan tetep terealisasi hanya saja bukan di negara yang semula mau gw datengin & jadinya molor 1 tahun. Tapi sekarang gw malah jadi mikirin apakah gw masih mau ngelanjutin profesi gw ini – accounting? Apa gw enjoy sama kerjaan2 gw selama ini: dikejar dealine, Undang2 pajak yang berubah2 tiap tahun bahkan kadang itungan bulan, Ujian sertifikasi sebagai syarat kenaikan jabatan, Laporan BI loan, journal2 yang sama dari bulan ke bulan? Atau bahkan bongkar bantek yang isinya kertas2 tua yang udah berdebu yang disimpen dalem gudang untuk keperluan accounting? Tidak… tidak… ga deh kayanya. Tapi kalo ga kerja itu gw kerja apa? Gw sebagai lulusan accounting ya emang itu kerjaannya, apalagi kalo masih jadi staff/bawahan. 

Istri gw pernah nge-rewind adegan film drama Jepang yang lagi dia tonton waktu itu yang intinya mengatakan seperti ini: “Kalo kamu ga melakukan apa yang kamu suka, lama-kelamaan kamu akan kehilangan jati dirimu…” Oh my Jhot, gw baru menyadari sepertinya gw ga suka sama kerjaan gw yang sekarang. Dulu waktu mo lanjutin sekolah ke SMA, gw bilang ke nyokap kalo gw mau masuk STM, karena ketertarikan gw pada bidang mesin2, bahkan ketertarikan tersebut terbukti dari gw yang bisa servis motor gw sendiri, walaupun ga sesempurna kalo dibawa ke bengkel. Karena kan kalo di bengkel alatnya lebih lengkap contoh kaya kompresor. Tapi ketertarikan tersebut kayanya udah ilang dan enggan untuk ditekuni.

Tapi ada satu hal yang dari sejak sekolah dulu sampe sekarang gw ga bosen2 ngelakuinnya, bahkan gw rela bela2in untuk bisa melakukan aktifitas ini sekalipun tempetnya jauh & susah dicari, yakni: OLAH RAGA Berkelompok. Maksudnya adalah olahraga yang dilakukan bersama dalam 1 tim, misalnya: Basket, Sepakbola, Futsal, Volley. Dan anehnya gw sama sekali ga suka olahraga yang individual misalnya: Jogging, tinju, bulutangkis, renang, fitnes. Waktu gw ngelakuin olahraga gw bener2 ngerasa happy banget dan gw ngerasa stress gw hilang dalam sekejab - saat itu juga waktu gw masuk ke lapangan/arena. 

(image from here )

Akhirnya dengan gw ngetik artikel ini, pikiran gw kebuka juga. gw nemuin aktifitas apa yang bener2 bikin gw bisa enjoy & bahagia. Beneran nih, gw baru inget, Waktu awal mo ngetik topik ini gw sama sekali belom sadar dan ga tau kegiatan apa yang bisa bikin gw happy. Padahal kegiatan tersebut gw lakuin minimal 1 bulan 2x. Mungkin loe juga sama kaya gw, belom nemuin aktifitas / kegiatan / profesi apa yang bisa bikin loe enjoy, tapi coba loe pikirkan terus, siapa tau kegiatan tersebut sebenernya udah sering loe lakuin tanpa loe sadari. Temukan itu, dan ketika loe udah menemukannya setidaknya loe udah punya pilihan untuk nekunin kegiatan tersebut untuk jadi sumber penghasilan loe atau ga. Jangan kaya gw, dengan umur gw yang udah ampir kepala 3, kecil kemungkinan untuk bisa menekuni profesi olahragawan apalagi menjadikannya sumber penghasilan. Paling2 mentok Cuma sebatas penyaluran hobi aja, main bareng sama anak2 mudika gereja misalnya, ga sampe ikut kompetisi atau liga, karena seperti yang gw jelasin di artikel gw sebelumnya, olahraga belom bisa dijadikan sumber penghasilan di Indonesia.

Jadi intinya, mari kita berbuat sesuatu untuk kehidupan kita yang lebih baik, enjoy, bahagia, dan ada kegemaran pada waktu melakukannya. Karena hidup ini Cuma sesaat, waktu lewat gitu aja tanpa terasa, tau2 tanpa sadar loe udah di penghujung hidup dan loe ga sempet nikmatin hidup loe. Ingat, harta ga dibawa sampe mati, jadi ambilah pekerjaan bukan berorientasi pada imbalan yang ditawarkan tapi berdasarkan keinginan & kenikmatan hati pada saat melakukannya.

Semoga di masa depan kehidupan kita jauh lebih baik dari hari ini…
Tuhan memberkati…

2 komentar:

Baek Sung Jo Oppa mengatakan...

ini artikel kenapa temanya mirip punya memel ya? iya ni..jangan sampe kerja yang ga kita sukai sampe tua...habis itu nyesel deh karena udah terlambt buat melakukan sesuatu yang lain.
ayo semangat demi kambing gunung!!!

Petter Sandjaya mengatakan...

hahaha... iya nih, gara2 baca artikel kamu jadi ada ide nulis artikel yang sama. Buat ngeluapin uneg2... gpp kan?