About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Senin, 30 Mei 2011

Treasury dan Fritzroy Garden

Ya elah, cepet banget waktu berlalu. Ga kerasa udah senin lagi. Baru sadar ternyata belom bikin blog tentang jalan2 sabtu 2 minggu yang lalu. Semoga masih fresh dan ga ada yang ketinggalan ceritanya. Intinya sih kami masih jalan2 di sekitar melbourne dan nyari wahana gratisan. Berhubung gaji belom ada kenaikan berarti jadinya menghindari pengeluaran yang terlalu berarti juga. Jadi, sabtu kemaren kami jalan ke daerah timur kota melbourne, masih seputar taman, karena di sini kayanya jalan2 di taman gratis. Tapi tamannya bener2 dirawat dan ga sembarangan gitu. Jadi bingung, pemerintahnya ini nutupin biaya perawatan tamannya dari mana ya? Sebelum melangkah keluar rumah tentunya perut diisi dulu donk biar ada tenaga buat jalan kaki sepanjang hari. Namanya aja jalan2, ya beneran jalan, pake kaki dan bawa tas ransel yang isinya dari baju anget, sendal, makanan, dan air minum. Dan yang pasti kagak lupa buat bawa kamera...


Hewan berkaki 1
Makan pagi kali ini udah disiapin sama istri sampe 5 macem. Itu lauk semua... Saya yang biasa makan Cuma sama 2 macem lauk, pas dikasi 5 macem udah bingung mo makan yang mana dulu. Pada akhirnya ga kemakan semua. Makanannya dari capcay 1 piring besar, udang goreng tepung, babi kecap sisa kemaren, tahu telor, dan ikan yang entah dimasak apa tapi yang pasti bersama dengan jamur yang warnanya item. Udah pasti gizinya tak terkira lah 5 macam lauk itu, tapi se-karet2nya perut tetep ada batasnya, jadi terpaksa ga bisa dihabiskan. Alhasil, masuklah makanan sisanya ke tas ransel buat dimakan nanti di taman.


Perjalanan kami di mulai dari stasiun Flinder sreet. Dari situ kami naik bus ke arah Paliament, atau lebih tepatnya Spring street, kurang lebih memakan waktu 5 menit. Sekali lagi, bisnya gratis karena udah bayar sekalian sama tiket kereta.

Dari Spring street kami memulai pertualangan kami dengan memasuki halaman dari Treasury Gardens (TG) Cuma dengan menyebrang dari jalan Spring street tempat kami turun dari bis tadi, setelah itu lanjut dengan menyebrang jalan doank, udah ada taman lain lagi, namanya Fritzroy Garden (FG). Ya namanya juga Garden udah pasti isinya tanaman2, tapi yang pasti beda banget sama yang namanya Taman Menteng ataupun Monas. Taman Menteng dan Monas sebenernya sama2 menjadi tempat yang dibudidayakan oleh pemerintah DKI untuk penghijauan kota Jakarta. Selain untuk penghijauan keduanya juga sangat berfungsi untuk memperbaiki kondisi udara Jakarta yang kian parah. Sama2 posisinya ada di kota. Cuma bedanya 2 taman yang kami datangi kali ini dengan Taman Menteng dan Monas adalah kondisi udaranya. Kalo dulu saya sempet joging di Monas, udara yang kecium selain knalpot motor Satpol PP (Cuma kendaraan satpol PP yang boleh masuk Monas) ada bau2 keringet dari abang2 yang jualan maupun dari mereka yang cari kegiatan olahraga seperti saya. Jadi sedikit banyak bau keringat saya juga termasuk bikin udara di Monas ga enak untuk dicium.


Ok, lanjut. Di TG ini kami cukup terpesona dengan pepohonan yang warnanya menguning mungkin karena mengering kali. Di tambah lagi di sini (melbourne) setiap hari sabtu selalu ada aja orang yang foto merit di tempat2 umum. Contohnya aja di zebra cross, sepertinya ada sensari seni tersendiri ketika berfoto ciuman di tengah keramaian kota. Nah taman pun jadi sasaran juga untuk foto2 wedding mereka, karena pemandangannya yang cukup menyejukan hati (ck ile... cuih...)

JFK Memorial
Di TG ini ada satu spot namanya JF. Kennedy Memorial, yang sepertinya dibangun untuk mengenang presiden John F. Kenedy. Walaupun bentuknya Cuma batu dan ada nama dan gambarnya di batunya, bukan berarti itu batu nisannya (menurut hemat saya sih begitu), tapi kalo ternyata emang bener itu kuburannya paling2 digentayangin pake bahasa inggris? Sekalian aja lah belajar listening... ;p

Setelah puas poto2 dan mengeksplor TG, kami nyebrang Lansdowne street dan langsung memasuki area Fritzroy Garden (FG). Di taman yang satu ini lebih banyak lagi spotnya, sampe2 baru sadar udah mo magrip masih belon ditelusuri semuanya (Jiaahh, magrip... kaya jaman main layangan aja) . Ada satu tempet namanya Cook’s Cottage dimana dulu area tersebut ditinggali oleh seorang bernama James Cook, orang inggris pertama yang mengklaim benua Australia menjadi negara kolonial inggris. Semua barang2 peniggalan dari James Cook juga masih ada di situ termasuk foto keluarganya.


Sinclair's Cottage
Cook's Cottage
Ga jauh dari situ ada juga rumah dari James Sinclair, seorang ahli gambar. Karena dulu belom ada kamera, jadinya mereka yang punya keahlian menggambar sangat dibutuhkan dalam hal pengenalan benda2 baru dari negri asing, termasuk hewan, tanaman dan buah2an dari australia. Tahun 1854 James Sinclair dateng ke Melbourne bersama istri dan anaknya. Dan dia pun meninggal tempal tinggalnya yang sekarang dinamai Sinclair’s Cottage. Jejeran pohon2 yang ada di depan rumah James Sinclair masih persis sama seperti waktu baru ditanem, cuma bedanya ya pohonnya lebih gede aja. Jadi pohon2 yang kami liat ini umurnya udah 1 abad lebih. Kalo di Indo udah pasti tuh pohon ga ada di situ lagi. Boro2 umurnya nyampe seabad, sempet gede aja kayanya "hil yang mustahal".

2011
1854

Model Tudor Village
Ada 2 tempet unik lagi di sini selain 2 cottage yang saya sebutkan tadi. Yang pertama, di atas tanah kurang lebih 25 meter persegi dibikin miniatur rumah2an bergaya Scotland dan Inggris. Area ini disebut Model Tudor Village dimana ini adalah persembahan warga Inggris untuk warga Melbourne karena udah ngirim makanan dari Victoria ke Inggris selama perang dunia ke-2 karena waktu itu kelaparan melanda inggris selama 1932 – 1945. Cukup menarik sebenernya miniatur ini, semua dibikin kecil, bahkan sampe pohon2nya pun kecil. Cuma bingung aja kenapa masih bisa awet ya sampe sekarang? Masa sih ga ada yang di renovasi, misalnya pohonnya atau warna cat. Sampe2 rumahnya Shakespeares juga ada di sini.
Fairies Tree

Bersebelahan dengan Model Tudor Village, ada 1 pohon yang udah mati tapi masih berdiri di situ sejak tahun 1934, namanya The Fairies’ Tree. Pohon ini diukir sama Ola Cohn sebagai persembahan dia untuk peri dan untuk anak2 yang percaya sama peri. Ada banyak gambar yang tertera di pohon tersebut dari burung, binatang2 khas ausie, laba2, dan tentunya gambar peri lebih mendominasi. Semua gambar tersebut bukannya digambar, tapi dipahat. Kayanya pohon ini kalo diliat malem2 dan sendirian cukup bikin merinding.

Di akhir perjalanan di FG ini saya liat ayunan tapi bentuknya jerapa. Hmm, bukan jerapa juga sih, ga tau deh itu binatang apa, tapi yang pasti warna kulitnya kaya jerapa (silahkan liat gambar). Dan terakhir Dolphin Fountain. Ya, kirain air mancurnya bisa menari2 gitu kaya di Mall** (aduh, mall apa sih tuh, kok baru 2 bln ga di Jakarta udah lupa namanya). Dolphin Fountain ternyata air mancur yang ngucur di tengah tumpukan batu, dimana lumba2nya semua ada di batu2an tersebut. Selain lumba2 ada juga batu yang berbentuk 2 burung hantu dan kepiting.


Abis capek jalan2 kami mampir ke warung kopi. (Halah, warung kopi kok pake pemanas, nungguin pesenan pake nomor, ada daftar menunya, udah gitu pake billing segala...) tapi pesennya coklat panas karena menu spesial tempet ini coklat, nama tempetnya Max Brenner's Chocolate Bar. Berhubung perut juga keroncongan kaya angin ribut, belilah wafel 1 porsi buat ganjel sampe rumah sekalian nyobain makanan ala barat. Kalo mo dikenyangin pake menu di sini nanti abis bayar bisa bikin nyesel. Jadi diganjel aja dulu, nanti di rumah lanjut makan masakan sendiri, masak Jajangmeon sama Mi Ramen instans sampe muak (soalnya harganya murah banget, bahkan lebih murah walaupun di Rupiah-in dan dibandingin sama yang di Indo, padahal kalo dilogika, import Korea-Indo sama Korea-Ausie udah jelas jauhan Korea-Ausie, tapi kenapa bisa lebih murah ya?). Jadi total untuk 1 cangkir coklat panas (tanpa gagang) dan wafel yang cuma dicoret2 pake tinta coklat kami menghabiskan $11.50. Tolong jangan kasi tau saya berapa jumlahnya dalam rupiah untuk cemilan yang cuma numpang lewat perut ini, biar ga nyesel dan besok2 bisa jajan lagi...

Terakhir, ini saya kasi gambar wafelnya, biar ga kepun... Sekian dulu pertualangan kami. Akan saya lanjutkan lagi nanti dengan pertualangan yang lain. Untuk sekedar info, sabtu depan selama 12 minggu kami ga bisa jalan2 lagi, hiks... Gara2 Kristina harus ikut kursus Age Care, biar dapet gaji $20 per jam.


1 komentar:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman mengatakan...

masih bisa jalan2 lah sabtu ini habis kursus...tujuan berikutnya...wiliamstown beach yang kata cindy ada kapal gede bekas jaman perang.kalo masuk bayar..jadi foto di luar aja