About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Kamis, 15 Desember 2011

Surat Buat Pak Presiden

Motor diwajibkan menyalakan lampu di siang hari (katanya ada kalusi antara pihak kepolisian dengan perusahaan lampu dan aki), zebra cross adalah tempat terdepan untuk menunggu lampu merah, motor naik trotoar (persetan dengan pejalan kaki, salah sendiri ga naik motor), angkot ngerem mendadak karena tiba2 ada penumpang dadakan, angkot ngetem padahal dibelakangnya udah macet 20 meter (tetep PD karena kapan lagi bisa seperti artis), kawinan yang mengambil sebagian jalan umum untuk tendanya (bikin macet, cet, cet... Apa ‘berkat’nya makin melimpah untuk pasangan baru ini karena banyak orang yang ngumpat?), sogok menyogok untuk urusan tilang, parkir sembarang tempat sekaligus pungutan liar atas jasa parkir yang sudah diberikan (padahal itu lahan parkirnya aja nama lainnya adalah jalan umum atau trotoar), makin lugu makin empuk ditipu, makin cerdik makin banyak yang sirik.

Naik motor ngebut resiko nabrak orang yang nyebrang jalan sembarangan. Bahkan biasanya si penyeberang jalan bawa anak kecil yang justru malah jadi tameng si orang tua. Atau mungkin nabrak angkot yang berhenti sembarangan tadi. Atau mungkin nabrak sesama motor yang mau belok tapi ga kasi reting (lampu sen).

Naik motor pelan2, ditabrak, dimaki, diklakson, sama aja sialnya. Ditabrak sama sesama pengendara motor yang uring2an di jalan. Dimaki sama sesama pemakai jalan “...jalanan emang punya bapak loe?” walaupun kita udah dipinggir. Diklakson, paling sering sama pengendara motor yang umumnya mereka ga sabaran.

Paskah dibom natal pun ibadah bareng bom, bangun gereja musti ijin RT/RW/Kelurahan/... bahkan ada yang minta tanda tangan seluruh warga setempat itupun ijin tetep ga keluar, tapi giliran bangun mesjid boro2 minta ijin yang ada minta sumbangan. Dari minta duit ke warga setempat sampe minta duit ke orang2 yang lewat dengan menadahkan jaring di tengah jalan.

Demokrasi, menurut kamus besar bahasa indonesia artinya:
“Gagasan atau pandangan hidup yg mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yg sama bagi semua warga negara.”

Demokrasi yang seperti apa sebenernya yang mau diterapin sama pemerintah Indonesia? Berdasarkan kamusnya sendiri aja artinya udah melenceng jauh dari prakteknya. Bagaimana saya sebagai pengendara motor bisa mendapatkan hak saya untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman kalau para petugas dan pegawai pemerintahannya aja doyang sama ‘grepean’ bahkan malah minta disuap? Dari orang yang pasang tenda kawinan di jalan, itu aja udah mengambil hak saya. Karena hak saya yang diambil harusnya saya yang dapet cipratan duitnya. Tapi kenapa petugas jalan raya yang menikmatinya?

Apa bapak presiden tau ini? Atau setidaknya mentri perhubungan lah? Ah tapi percuma, pernah waktu saya baru melintasi Monas (Jl. Medan Merdeka Barat) aja, di depan saya malah ada sesosok bis Departemen Perhubungan berhenti mendadak untuk naikin pegawainya yang ketinggalan bis. !@#$%^&*&^%$#@! Itu bis bener2 lagi ditengah jalan, “...Astaga, Kopaja nomor berapa sih nih” Saut saya dalem hati waktu itu. Eh tapi kok dari belakang pantat bisnya bagus bener ga kaya Kopaja yang butek dan biasanya ada foto Dedi Mizwar nya. Eh pas ngelewatin keliatan tulisannya di samping bis “Departemen Perhubungan”. Gimana ga gubrak, coba?

Lucunya lagi masih dijalan yang sama tapi beda gedung. Saya kurang tau itu gudung apa, tapi di situ ada semacam papan elektronik yang tulisannya bisa berjalan yang isinya tentang informasi kualitas udara pada saat itu. Di situ tertulis “Kualitas udara sehat”. Toweng, toweng, toweng??? “Sehat” dari hongkong? Itu tulisan kayanya ga pernah berubah deh atau mungkin yang bikin informasi itu ga punya idung (ga punya idung apa masih bisa disebut ‘orang’ ya?). Kualitas udaranya selalu sehat dari waktu ke waktu. Dari jaman saya baru ngekos di Sawah Besar sampe terakhir saya liat ya pas waktu balik Indo kemaren2 ini. Berarti minimal 2 tahun 9 bulan kualitas udara sekitar Monas bagian barat selalu baik. Saya ga tau apa tulisan itu masih ‘Sehat’ atau bisa berganti menjadi setidaknya ‘Kurang Sehat’ sekarang?

Kepada bapak presiden, tolong deh turun sebentar ke bawah. Di liat itu yang dibawah kerjanya ngapain aja? Jangan ngurus perkara2 besar dulu kalo perkara kecil aja belom kelar. Ga usah dulu ngurusin hubungan bilateral ataupun meeting KTT yang ga bermanfaat signifikan ke masyarakat bawah. Mending urus staf2 bapak yang pamornya makin lama makin turun. Polisi yang saya liat waktu pulang Indo kemaren2 ini sepertinya polisi yang pulang tugas. Dari jakarta sampe kalideres, dia ga pernah keluar dari jalur Busway. Gile ga tuh? Mantep, gan!

Bagaimana rakyat mau tunduk sama peraturan kalo petugas negaranya aja ngelawan aturan? Kalo rakyatnya ikut aturan otomatis kehidupan perekonomian di Indonesia pastilah lebih efisien. Taraf hidup rakyatpun pasti meningkat karena ga perlu ngeluarin duit sogokan. Parkir dibenahi, pungli diberantas. Dari jaman kapan tau, bertahun-tahun yang lalu dah pokoknya, denger2 bikin KTP gratis. Tapi saya ga pernah dapet gratis. Pasti bayar minimal Rp 20.000 dengan segala alasan buat biaya admin lah, biaya cetak lah. Malah ada temen istri saya bayar Rp 300.000 (kira2 tahun 2008) cuma buat bisa dapet KTP jakarta karena dia berasal dari daerah.

Pak presiden, tolong ya. Kalo memang anda masih cinta sama negeri ini, tolong lah merakyat. Merakyat dalam artian anda sendiri yang turun merakyat, bukannya anda menyuruh staf anda untuk merakyat hanya karena anda pemimpin tertinggi terus Cuma nunggu laporan dari instruksi merakyat tersebut. Merakyat dalam arti anda menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada rakyat, bukan Cuma mendengarkan. Saya tau pak, jadi presiden itu sulit, sulit sekali bahkan. Butuh rasa nasionalis yang tinggi dan niat yang tulus untuk merubah nasib banyak orang. Tapi ketika anda ada di persimpangan dan memutuskan untuk terus maju pada waktu pemilu dulu kan pastinya anda sudah memikirkan hal ini kan? Atau malah belum terpikir ya pak untuk merubah nasib rakyat? Atau mungkin manusia kalo udah di posisi terlalu tinggi memang kadang pola pikirnya agak ngejelimet dan komplek sehingga ga bisa paham akan masalah sepele. Contoh aja seringnya para profesor2 atau mereka yang kuliah sampe S3 (es mambo, es teler, es nangka) biasanya malah ga ngerti ditanyain permasalahan yang mendasar padahal masih dalam jurusan yang sama.

Pak presiden, sekali lagi, tolong pahami ya rakyat2 ini, yang udah ga sabar lagi menunggu perbaikan. Bensin memang ga naik pak, tapi kenapa harga KFC jadi naik, terus nasinya juga 2x gigit langsung lenyap? Hoka2 Bento juga pak, judul paketnya Hoka Hemat, tapi harganya udah melejit 1,5x lebih mahal tapi ukuran Egg chiken roll nya tambah kecil? Pak biaya idup di Jakarta kok makin mahal? Kenapa pak? Tolong dijawab pak. Gimana kalo ada rakyat yang frustasi terus lempar molotof ke Istana? Atau karena sangkin ga didengarkannya ada rakyat yang memberanikan diri menembak basoka dari atas monas ke Istana? Bapak bisa apa pak kalo bapak lagi di dalem?

Pfff... Udah cukup itu aja pak curhatnya. Bapak baca ya sukur, nggak ya udah. Saya mah Cuma prihatin aja orang2 pinter, orang2 berbakat dari Indo semuanya kabur dari Indo. Mereka ga mendapatkan apa yang bisa mereka dapatkan di negara luar. Sudah cukup seorang Mia Audina (Bulutangkis Putri) hengkang ke eropa. Jangan biarkan para orang jenius lainnya ngacir lagi pak.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wakakkaa.... kayak'y ch gag mgkn dibaca pet.... kan dy sibukkk.... sibuk ngurusin hal2 yg gag penting.... tp kata2 u mantabbbb.... wkakakaka....


-i_E-

Petter Sandjaya mengatakan...

Alow i_e tnx buat pujian nya. Tnx jg buat komen nya yg spt nya u stuju sm gw dg apa yg gw ungkapin d atas. Tnx anyway walaupun gw ga tau i_e ini sp, tp dr bhs komen u kynya kita slg kenal. Bnr ga y? Hihihi...

Anonim mengatakan...

hahaha,,,, menurut lo? kenal? ya iya lah.... Irene Enterprisys gt lho... wakakaka..... tp kata2 u buat Indonesia lbh tepat'y lg buat Jakarta tu paz bgt.... hahahaha.... sorry pett.... pake nama aneh yh w? hahahaha.... *sumpah w ngakak* *dr ngantuk jd seger*