About Me:

Saya adalah seorang manusia gila yang terlalu banyak uneg-uneg & obsesi yang belom tercapai. Sebagian orang menilai saya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Pernyataan tersebut hampir betul dikarenakan sedikitnya waktu bagi saya untuk menemukan apa yang saya benar2 inginkan dalam hidup ini. Tak ada ruang untuk berekspresi, berkreasi, dan menjadi gila di dunia yang naif ini. Alhasil, terciptalah saya sebagai pribadi yang terkesan eksplosif, dableg & sering keluar dari jalur. Kebahagiaan & kesenangan yang saya rasakan pun terkadang tidak pernah bisa dibagikan dengan orang lain, padahal Chistopher McCandless berpesan di akhir hayatnya: "Happiness only real when it shared". Untuk itulah blog ini tercipta, ga masalah orang2 yang baca mo menanggipnya atau tidak, ga masalah jika para pembacanya menjadi antipati atau termotivasi karena topiknya, yang penting saya sudah berbagi supaya ada sedikit cahaya kebahagiaan dalam hidup saya ini.

Sabtu, 24 Desember 2011

Musibah Atau Anugerah

Entah ketiban musibah atau ini keruntuhan anugerah ya namanya? Jd ceritanya setelah mendapatkan PR dan datang kembali ke melbourne rencananya saya udah ga mau kerja lagi di restoran yang selama ini paling banyak menyumbang gaji yang biasa saya kirim ke rumah sekaligus menyumbang luka. Baik luka lahir maupun batin (mencoba jadi pujangga kelas teri). Gimana nggak? Luka batin mah udah pasti lah ga cuma saya aja yang dapat gara2 majikannya yang mata duitan dan genjot staff nya terus. Luka lahirnya itu lho alias kecelakaan kerja udah banyak banget yang berbekas di badan saya.

Suatu hari ada temen yang minta ditemenin cari kerja dengan membagi-bagikan resume/CV ke semua restoran-restoran yang ada d melbourene ini. Tiba-tiba sampailah kami di bar majikan saya ini yang baru aja dibuka. Saya langsung bilang ke temen saya ini kalo saya ga bisa menampakan diri di depan staff2 nya apa lagi di depan majikan. Karena pesan dia sebelum saya berangkat ke Indo adalah untuk mengabari dia sesegera mungkin karena pekerjaan sudah menanti saya. Dalam hati saya jawab ini majikan pede abis, kaya saya masih mau aja kerja sama dia? Alhasil maksud jati mo sembunyi eh sanh majikan malah udah liat saya dari jauh. Waktu saya udah misah sama temen saya ini sang majikan yang sedang berada di dalam mobil yang waktu itu sedang bongkar muatan langsung klakson saya. Nasib... Nasib... Jadinya singkat cerita saya kerja lagi sama majikan yang paling saya benci ini. Apa coba maksud Tuhan nempetin saya di sini lagi. Sampai detik artikel ini di posting saya udah kerja 2 minggu. Selama itu pula saya gencar kirim2 lamaran untuk kerja kantoran dengan harapan yang lebih tinggi karena status PR. Kalo dulu apply kerja kantoran dengan work n holiday visa, panggilan interview ada beberapa kali tapi selalu terbentur status visanya itu. Karenanya kali ini saya lebih pede, ya minimal kalo dapetnya sama2 kerja kasar juga ya di pabrik lah yang gajinya bisa 2x lipat.

Harapan tinggal harapan. Genap 3 minggu setelah balik ke melborne (1 minggu pertama anggur, 2 minggu berikutnya kerja di resto) udah gencar kirim2 lamaran tetep ga ada panggilan yang berarti. Panggilan selalu mentok dikarenakan saya ga punya mobil. Eh, tiba2 ada panggilan dari Kantor Pos untuk nganterin surat pake motor, intinya jadi tukang pos lah. Tapi ada masalah lagi, saya ga punya SIM ausie. SIM Indo ada tapi namanya aja salah cetak (kagak tau dah apa kerjaan orang pemerintah. Ga ada yang beres). Saya ga yakin SIM saya bisa dipake di sini. Seandainya ga salah cetak ada kemungkinan SIM saya bisa dipake karena bisa ditranslet di sini. Akhirnya dengan segeralah saya mengkontak Victoria Road – instansi pemerintah ausie yang mengurusi bidang lalu lintas – untuk bikin SIM sini. Eh, tau2nya malah libur sampe tanggal 3 Januari 2012 baru buka lagi. Ya lama banget. Gimana ini ya? Semua usaha seperti dihalang2in. Jangan2 saya emang jodohnya sama sang majikan ini.

Di tengah penantian sampe tanggal 3 Januari 2012 tersebut tau2 sang majikan ngajak saya ngomong waktu saya kerja kemaren, sambil mojok dengan suara yang super kecil karena dia takut kedengeran orang di sekitar (tolong jangan diartikan kami melakukan hal2 yang “diinginkan” yach!). Dia bilang kalo awal Januari nanti dia mo mecat manager S karena kerjaannya banyak yang berantakan. Misalnya, harusnya kan manager bisa jadi penengah antara staff dengan pemilik, tapi ini malah berantem sama bartender – staffnya sendiri. Dan sang majikan nawarin saya untuk bantu gantiin manager S. Waduh, ini bener2 tawaran gila menurut saya. saya tertarik dengan pekerjaannya, tapi saya tidak tertarik dengan kepribadian sang majikan. Saya bisa liat gimana sang majikan cukup kesal dibikin sama manager S dan sang majikan ga puas dengan kinerjanya. Gimana kalo nanti saya bernasib sama? Gimana kalo nanti semua gaji saya habis dipotong Cuma buat bertanggung jawab akan suatu hal yang membuat sang majikan terpaksa kehilangan banyak uang? Misalnya saja saya melakukan suatu kesalahan. Dulu dipotong untuk Coca cola masih masuk akal lah jumlahnya. Tapi kalo udah kelasnya “Manager” takutnya ada kesalahan2 yang lebih fatal ketimbang Coca cola. Haduh, haduh... Banyak ketakutan2 yang udah terbayang di otak pada waktu saya ditawarin kerjaan ini. Karenanya saya bingung, ini musibah atau anugerah?

Istri saya bilang ini kesempatan besar untuk saya bisa belajar tentang prosedur bisnis di ausie. Berhubung saya orangnya seneng ngobrol jadi istri saya katakan kalo ini cocok untuk saya karena nantinya kerjaan saya ini akan lebih sering bernegosiasi dengan orang lain. apalagi ditambah keinginan saya yang mau punya usaha sendiri, jadi ini ajang buat belajar bagaimana mengendalikan orang banyak. Ditambah saat ini kan saya belom dapet kerjaan kantoran yang saya inginkan, jadi tawaran ini sebenernya nothing to lose. Permasalahan utamanya adalah sayanya takut ditambah lagi saya ga sreg dengan sang majikan. Tentunya itu memberi pengaruh terhadap saya secara pribadi untuk bisa menikmati pekerjaan ini, bukan?

Tuhan, tolong beri petunjuk... 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah diterima aja. kan cocok sama hobi ngomongnya.

Petter Sandjaya mengatakan...

Halow "sang cerpenis", Salam kenal saya harusnya panggil apa ya? Hmmm situasinya sbnrnya lbh mirip bgini: misalnya situ lagi bimbang mau ambil menu jenis apa untuk catering anda sebulan kdpn. Situ tau kl situ maniak sm makanan pedas. Kl ga pedes rasa nya ada yg kurang dr makanan itu. Tp masalahnya tiap kali makan pedes perut situ pasti sakitnya minta ampun, bs smp 2-3 hr br ilang sakitnya. Nah, apakah situ msh mau ambil menu pedas untuk langganan catering anda sebulan ke depan ?